M. KHOTIB

Muhammad Khotib adalah seorang pendidik di SMK Negeri 4 Kota Tangerang Selatan sejak 2014 hingga kini dan pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Saat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tarhib Ramadhan

Tarhib Ramadhan

"Barang siapa yang gembira menyambut datangnya Ramadhan, Maka Allah mengharamkan dirinya disentuh api neraka"

Hadis diatas menganjurkan untuk bergembira dan sukacita dalam menyambut Ramadhan. Inilah landasan yang menjadi pijakan civitas SMKN 4 kota Tangerang mengadakan 'Tarhib/menyambut Ramadhan" pada Jum'at, 7 Maret 2024 bertempat di lapangan sekolah. Dalam kegiatan tersebut, diawali dengan tadarus bersama, yaitu membaca al-qur'an juz 30 dimulai pukul 06.30 wib hingga pukul 07.00 wib. Setelah itu, dilanjutkan dengan Tausiyah agama dengan tema "Ramadhan adalah panggilan iman". Dalam tausiyahnya, ustadz faruki menyampaikan bahwa perintah puasa adalah panggilan untuk orang beriman, oleh karena itu, ibadah puasa tidak di wajibkan bagi non muslim. Puasa juga sebagai panggilan rohani untuk mendapat derajat tinggi di hadapan tuhan.

Untuk mencapai derajat takwa seperti yang tersirat dalam surat Al Baqarah ayat 183, maka puasa harus mengikuti tuntunan baik yang bersumber dari Al Qur'an maupun hadits. Dalam berpuasa ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Yaitu: pertama, syarat puasa: Islam, berakal, baligh, mumayyiz, tidak musafir/dalam perjalanan.

Kedua, Perkara yang membatalkan puasa yaitu masuknya sesuatu kedalam rongga badan. Ketiga, Perkara yang mengurangi pahala puasa diantaranya adalah ghibah, berbicara kotor, tidak menahan amarah dan meninggalkan perkara wajib dalam Islam serta masih banyak lagi.

Oleh karena itu, dalam ibadah puasa yang harus diperhatikan Selain hal-hal yang dapat membuat puasa sah dan yang membatalkan secara hukum fikih, hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa pun harus menjadi sesuatu yang penting harus diperhatikan.

Contohnya adalah kekeliruan yang terjadi dalam hal ibadah sholat, banyak yang mendahulukan sunah dari pada wajib. Seperti mengerjakan tarawih meninggalkan sholat isya, ramai-ramai berangkat sholat Idul Fitri namun tidak melakukan sholat subuh.

Dalam kegiatan tarhib ramadhan ini di tutup dengan doa dan berharap seluruh siswa serta warga sekolah dapat menjalankan ibadah puasa sesuai syari'at Islam dan memperhatikan hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post