M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ide cemerlang, menulis tepat

Ide cemerlang, menulis tepat

Belajar menulis tanpa salah

Kebenaran cara penulisan merupakan suatu yang penting bagi penulis, baik itu penulisan kata maupun struktur bahasa yang digunakan, untuk itu selain menguasai tema, penulis juga harus menguasai bagaimana cara menulis yang benar. Penulisan yang tidak tepat akan sulit dipahami, selain itu juga dapat menyebabkan perubahan arti dan ambigu. kebenaran penulisan itu berlaku untuk semua jenis tulisan, baik itu cerpen, novel, artikel populer dan lain-lain.

Telah diketahui bahwasanya menulis merupakan salah sarana dalam berkomunikasi, untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada pihak lain, sehingga tulisan harus mudah dimengerti dan dipahami oleh pihak lain, karena keberhasilan komunikasi ditandai oleh semakin bertambah pengetahuan pembaca. Untuk itu penulis harus mampu menyajikan tulisanya secara tepat sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan, sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

Penguasaan struktur bahasa dan pemilihan diksi juga akan menambah bobot atau kualitas isi tulisan atau buku. Banyak judul-judul menarik yang membuat pembaca harus bingung karena sulit memahami maksud dari penulis, bukan persoalan ide yang tidak bagus, tetapi ide-ide yang disampaikan oleh penulis terasa kering atau hambar. Beberapa faktor yang menyebabkan tulisan itu terasa kering dan hambar,

Pertama. Kurangnya pengetahuan tentang apa yang ditulis, sehingga konten tulisan tidak mendalam, bahkan untuk memburu jumlah halaman kadangkala penulis mengulang sesuatu yang sebenarnya sudah dibahas diparagraf sebelumnya.

Kedua, kurangnya bacaan, sehingga pilihan kata yang digunakan cenderung sama, dan terjadi pengulangan beberapa kata dalam sebuah kalimat.

Ketiga, masih banyak penulis yang terpengaruh oleh bahasa lokal, dengan menggunakan struktur bahasa sehari-hari, sehingga subyek, predikat, obyek dan keterangan dalam strukutur bahasa tidak dapat dimengerti oleh orang lain.

Keempat. Kurangnya sentuhan santra, sehingga isi tulisan yang sebenarnya bagus, menjadi tulisan yang biasa-biasa saja.

Terkait dengan itu, maka penulis harus banyak membaca tulisan-tulisan para penulis yang telah bergelut dalam dunia menulis, dan rela menuangkan tulisanya bagaimana cara mereka menulis sehingga tulisanya banyak dibaca. Misalnya buku yang berjudul “Mengalir jernih menulis buku populer” yang sekarang banyak dipesan pembaca, juga dapat menjadi bacaan yang cukup inspiratif, bagaimana cara mencari ide-ide segar dalam setiap tulisanya, serta bagaimana ide-ide itu mengalir, semua tertulis lengkap dalam buku itu.

Bahkan beberapa penulis telah menghubungi, bahwa bukunya sangat menginspirasi, karena telah mampu membuka cakrawala berfikirnya. Salah satunya Bu Romdiah alumni kelas menulis MTsN 7 kediri, bahkan Guru penulis asal Blitar itu menyampaikan buku itu akan semakin sempurna bila disandingkan dengan buku terbitan MediaGuru yang berjudul “ Satu Kata mediaguru”. Menurut beliau jika penulis mempunyai dua buku itu maka belajar menulis akan lebih mudah. Salam literasi, Ini bukuku, mana bukumu?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang bagus, Pak Maghfur. Tapi menurut saya, penulisan judul tulisan ini perlu dicek ulang agar sesuai dengan kaidah. Maaf lho, Pak Maghfur.

06 Jan
Balas

siap pak edi.. matur swun koreksinya..

06 Jan

Ini yang namanya editor MG mau berbagi ilmu

06 Jan
Balas

suatu saat pasti berbagi.. sahdunya tulisan dan indahnya tulisan Pak haji..

06 Jan

Subhaanallaah.. Barakallah. Semua benar adanya. Terimakasih atas kesediaannya berbagi ilmu denganku ust. Saya tunggu tulisan indahnya ya. Salam Literasi Abadi di Hati.

06 Jan
Balas

Barokalloh..

06 Jan

Aamiin Yaa Mujibassaailiin

06 Jan

Barakallah pak..... Sangat memotivasiku... Belajar dan terus belajar....

06 Jan
Balas

Barokalloh

06 Jan

Dahsyat. Luar biasa, uraian sang editor keren. Josss

06 Jan
Balas

Hihihihi...keren...

06 Jan

Buku Mengalir Jernih Menulis Buku Populer" karya siapa ya? Gimana cara mesan /membeli buku itu?

06 Jan
Balas

Wa 085853483111..bila ingin pesan

06 Jan



search

New Post