M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web
KUALITAS TULISAN ITU KUALITAS PENGETAHUAN
https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1OKWM_idID791ID791&biw=1321&bih

KUALITAS TULISAN ITU KUALITAS PENGETAHUAN

Meski seringkali dikatakan bahwa menulis itu keterampilan, bukan berarti kualitas tulisan itu hanya ditentukan oleh kebiasaan, karena dasar dalam menulis itu adalah untuk menyampaikan ide atau gagasan untuk diinformasikan kepada orang lain. Terkait dengan itu maka mutu sebuah tulisan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan penulis. Pengetahuan itu dapat bersumber dari pengalaman maupan bacaan, yang kemudian dikontemplasi menjadi ide-ide dan gagasan, yang merupakan buah dari pengetahuan itu sendiri.

Selain itu menulis bukan hanya persolan keindahan diksi, akan tetapi juga menyangkut konten sebuah tulisan, karena pilihan diksi yang indah tanpa isi yang jelas, hanya akan menjadi celotehan. Seperti yang pernah disampaikan oleh Gus Mus, bahwa puisi yang di indah-indahkan tidak bisa disebut puisi, hal ini mengandung makna bahwa menulis tidak hanya persoalan keindahan kata, akan tetapi yang terpenting adalah makna dari tulisan itu sendiri.

Untuk itu agar tulisan itu berkualitas, maka akan lebih baik menulis yang diketahui, jika memang kurang mengetahui konten yang diingikan untuk ditulis, maka akan lebih baik penulis berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya, agar tulisan-tulisan yang diproduksi benar-benar bermutu. Sebagai penulis tentu harus terus meningkatkan kualitas diri, agar ada perubahan dan perkembangan dari hasil tulisan-tulisanya.

Untuk penulis pemula, apapun bisa ditulis, akan tetapi pengetahuan tetap menjadi acuan untuk memulai menulis. Itulah mengapa banyak penulis pemula seringkali menulis tentang pengalaman hidupnya, karena untuk sementara itu yang bisa ditulisankan dan dapat diuraikan, tetapi dengan seiring waktu tentu akan memproduksi tulisan-tulisan lain. Lalu bagaimana agar tulisan yang diproduksi oleh penulis itu semakin bermutu.

1. Penulis harus rajin mencari informasi tentang apa yang ingin ditulis, agar pengetahuan yang dimiliki semakin luas.

2. Belajar untuk berfikir sistimatis, logis dan kritis.

3. Selalu mengasah berbahasa tulis, agar tulisanya mudah dipahami.

Salam litersi, Salam sukses

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Laa hawla walaa quwwata illa billah Saatnya ngopi tipis-tipis

15 Jan
Balas

bra bra vo

15 Jan

Setuju Pak, lahap membaca, gemuk menulis. Tapi diksi pun diperlukan untuk membungkusnya agar lebih menarik dan tak kaku. Walau saya tak pandai gunakan diksi, makanya tulisan saya cenderung kaku dan tidak renyah. Sukses selalu dan barakallah

15 Jan
Balas

injih.. dg membaca tulisan saya.. ya hanya seperti ini pngetahuan saya.... salam sukses ibu...

15 Jan

Masih terus belajar menulis Pak Maghfur..Terima kasih atas inspirasinya..

15 Jan
Balas

sama bu Rini... saya juga belajar..

15 Jan

Sipp

15 Jan
Balas

Matur swun... P Ibrahim

15 Jan

Benar, Pak. Tip yang mantap, lugas, dan bernas. Barakallah.

16 Jan
Balas

barokalloh..

16 Jan



search

New Post