M. MAGHFUR QUMAIDI

Lahir di kabupaten kediri, pendidikan mulai dari SD sampai Madrasah Aliah di tempuh di kota kelahiran, tepatnya SDN keling 1, MTsN Model Pare (sekarang MTsN 1 K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Literasi itu diam. Namun, bergerak

Literasi itu diam. Namun, bergerak

Literasi itu diam. Namun, bergerak

Masih tentang sahabat yang saya ceritakan sebelumnya. Setelah saya diamkan, ternyata diam-diam membuat outline. Malam-malam dikirim ke wa saya. saya baca dan saya pelajari. Ternyata betul, kerangka berfikirnya dahsyat. Sepertinya bila buku itu terbit, banyak yang ingin baca.

Suatu siang, dia mendekati saya. Saya hanya tertawa cengengesan, ya seperti biasa gaya khas saya. Dia pun ikut tertawa.Ia tahu apa maksud tertawaan saya. Kemudian bertanya.

"Dari mana, saya memulainya," katanya.

saya pun tetap tertawa. kemudian saya jawab. "Mulai saja dari bagian yang paling mudah, atau dari bab-bab itu mana yang dapat reverensi duluan, jika tulisan itu berpustaka.

Teman saya hanya manggut-manggut. Namun, sepertinya paham.

Saya kira pertanyaan teman saya itu, juga mewakili pertanyaan penulis ketika mau menulis. Pasti bertanya itu. karena banyak yang mengira menulis harus dimulai dari bab satu atau bagian awal. Pada hal tidak, dari mana pun bisa untuk mulai menulis.

kembali pada sahabatku tadi. saya khusnudzan saja dia akan melanjutkan tulisanya. karena siangnya pesan baterai untuk leptopnya. Mungkin dia akan menulis dimana saja.

Ingin cepat pinter nulis dan terbikan buku. ikuti

kelas menulis MediaGuru . 23 dan 24 November 2019 di Hotel Surya Pare kediri.

Daftar online: http://kediri4.mediaguru.id

Kediri. 1 Oktober 2019

M. Maghfur Qumaidi, S. Sos., S.Pd., M.Si.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Awal sulit menulis. Setelah didapat gairahnya, payah berhenti. Hingga saudara saya, WA Sutanto, mengingatkan untuk mengelolanya dengan baik. Demikian juga dengan sahabat saya, sesama guru Sejarah di Sumatera Utara, juga mengingatkan hal yang sama.Barakallah. Insya Allah, Kelas Menulis di Kediri nanti diberkahi-Nya.

01 Oct
Balas



search

New Post