Noer Wilis

Guru Penjasorkes www.noerwilis.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Meluncur dalam Renang
Aktivitass Akuatik, Pembelajaran Penjas, Model latihan Renang

Cara Meluncur dalam Renang

Mahir Renang 1 Meluncur dengan Benar nan Indah

Berjumpa lagi dengan saya.

Kali ini saya akan berbagi tips, trik dan pengalaman mahir dalam belajar renang untuk pemula. Sebelum melakukan renang disarankan anda untuk melakukan pemanasan, pemanasan olahraga renang ada dua yaitu pemanasan di darat dan pemanasan di air.

Pemanasan di darat anda melatih melenturkan otot-otot yang berhubungan dalam berenang. Seperti melatih kekuatan otot kaki, melenturkan kaki dari pangkal paha sampai ujung kaki. Bisa dilakukan streching dan latihan jongkok berdiri selama 1-2 menit. Memutar mutar lengan secukupnya dan menarik kedua lengan dengan pegangan tiang atau bersama teman.

Untuk pemanasan di air bisa dilakukan secara mandiri atau bersama kelompok. Secara mandiri dilakukan dengan cara:

1. Latihan pernapasan di air seperti ambil napas dan tahan di dalam air secukupnya dan sekuatnya.

2. Latihan pernapasan dengan pegangan dinding kolam naik dan turun

3. Latihan napas dengan kaki jongkok ditekuk di dalam air

4. Latihan pernapasan kaki seperti bersila di dalam air

Untuk pemanasan secara berkelompok bisa menggunakan bentuk pemanasan dengan model permainan. Seperti Mencari Koin, Mencari harta Karun, menjaring ikan, bola impian, dan mengejar impian.

Model latihan pemanasan di air bisa melihat Model Pemanasan Akuatik. Di sana dikupas secara mendetail model, jenis dan bentuk permainannya disertai dengan video sebagai penjelasannya.

Meluncur

Cara Meluncur dalam gaya renang bisa dipelajari dengan model dan permainan seru. Tehnik dasar meluncur silahkan baca urutannya di bawah.

1. Dengan melalui dinding (Kaki kanan ditekuk dan ditempelkan didinding kolam)

2. Kemudian kedua tangan rapat diluruskan ke depan

3. Kepala diturunkan ke bawah, usahakan bisa masuk ke dalam air diantara kedua tangan.

4. Setelah siap dibarengi dengan kaki yang kiri menempel didinding dan kedua kaki mendorong dengan sekuat tenaga.

5. Biarkan meluncur dengan sendirinya, badan tetap rileks, kaki dan tangan biarkan diam supaya badan bisa merasakan gerakan meluncur sekaligus mengambang.

6. Ulangi gerakan di atas secara berulang kali sampai gerakan meluncur baik dan sempurna.

Kesalahan sering terjadi dalam melakukan gerakan meluncur.

1. Kaki terbuka ketika sudah meluncur dari dinding kolam

2. Tangan tidak lurus ke depan

3. Badan tidak rileks, sehingga menyebabkan meluncur dan langsung tenggelam.

(Badan harus streamline / sejajar dengan tubuh dari kaki sampai tangan).

4. Kepala mendongak ke atas, mengakibatkan pada waktu meluncur kaki langsung turun.

5. Kaki dan tangan bergerak gerak sendiri pada saat meluncur dari dinding.

Untuk memperjelas kesalahan dan memperbaiki kesalahannya bisa simak video berikut!

Silahkan Bapak/Ibu guru kalau lebih dekat dengan saya bisa main dichannel youtube saya. http://www.youtube.com/c/NoerWilis atau di web saya www.noerwilis.com salam sejahtera buat kita semua.

Salam pendidikan Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ikan -ikan peraih medali emas masa depan......semangat Pak Noer!

05 Jun
Balas



search

New Post