Noer Wilis

Guru Penjasorkes www.noerwilis.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENJARING IKAN DI KOLAM
Cara Menjaring Ikan, Aktivitas Akuatik, Pembelajaran Penjas,

MENJARING IKAN DI KOLAM

Pernahkah Bapak/Ibu menangkap ikan? Bolehkan menangkap ikan di kolam renang? Apakah itu ikan duyung?

Mungkin itu beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak kawan-kawan sebelum saya jelaskan apa itu Permainan Menjaring Ikan.

Aktivitas akuatik merupakan suatu aktivitas kegiatan pendidikan jasmani yang berada di air. Bisa jadi belajar berenang, bermain air atau bermain seluncuran air. Tinggal bagaimana Bapak/Ibu guru bisa memberikan modifikasi permainan yang asyik buat anak-anak.

Menjaring ikan bisa juga menjala ikan merupakan permainan yang dimodifikasi untuk melatih katahanan tubuh dalam di air. Melatih pernapasan dan kemampuan berenang anak. Selain itu anak secara bersama melatih diri akan kekompokan tim dan pastinya membutuhkan seorang pemimpin dalam permainanya. Lalu bagaimana cara bermainya?

Cara Bermain Permainan Menjaring Ikan:

1) Siswa di bagi menjadi kelompok (masing-masing kelompok berjumlah 10 orang atau sesuai kebutuhan)

2) 2 anak menjadi ikannya, sisanya menjadi jaring

3) Bagi siswa yang menjadi jaring, saling bergandengan tangan satu sama lain.

4) Jaring berjalan secara bergandengan menuju ikan yang sedang asyik bermain kesana kemari.

5) Jaring berusaha menangkap ikan tersebut tanpa melepaskan pegangan tangan satu sama lain.

6) Sedangkan ikan berusah lari untuk melarikan diri, supaya tidak tertangkap oleh jaring.

7) Ikan yang sudah tertangkap jaring di amankan di tepi kolam dan jaring berlanjut menangkap ikan lainnya.

8) Permainan ini akan lebih seru bila ada ikan sekitar 3-4 dan jaringnya berjumlah sekitar 10 orang pasti dibutuhkan kerja sama tim yang kompak untuk bisa menangkap ikan tersebut.

Nilai Pendidikan Karakter yang di dapat

Dengan permainan menjaring ikan diharapkan anak bisa menumbuh kembangkan nilai moral dalam kesehariannya. Oleh karena ini nilai pendidikan karakter bisa didapat seperti:

1) Jujur

Siswa berlatih kejujuran melalui permainan menjaring ikan. Mereka menangkap ikan tanpa melepaskan jaring yang sudah dibuat. Secara alami pastinya mereka akan bertindak egois untuk mendapatkan ikan sendiri. Kejujuran bersama tim untuk selalu berpegangan kuat menjadi jaring ikan yang kuat.

2) Disiplin

Mematuhi peraturan permainan yang telah ditentukan.

3) Kerja Keras

Berkerja secara bersama kelompoknya untuk menangkap ikan secara bersama.

4) Bersahabat

Bermain secara berkelompok menumbuhkan rasa persahabatan yang erat. Bukan hanya sekedar bermain saja, melainkan di luar permainan ini mereka akan lebih dekat. Perlu diketahui bahwa persabatan sejak dini akan memupuk kesuksesan masa depan anak. Mereka mudah bergaul, tertawa lepas menghilangkan rasa stress sehingga otak terasa segar untuk belajar dan berjuang untuk masa depan.

5) Bertanggung jawab

Rasa disiplin dalam permainan peraturan permainan membuat anak merasa mempunyai rasa tanggung jawab tersendiri.

6) Kepemimpinan

Dengan permainan ini siswa belajar untuk menjadi pemimpin dan mau dipimpin. Untuk bisa menangkap ikan dibutuhkan komando arah jala dalam menangkap ikan. Ikan mana dulu yang harus di tangkap.

Cukup sekian dari saya, semoga ketikan ini bermanfaat dalam memberikan pengalaman gerak pada peserta didik. Bapak/Ibu guru bisa melihat videonya di bawah tentang permainan telusur jejak kaki. Modifikasi permainan lain nanti akan saya postkan dilain waktu atau mungkin bisa search saja di channel youtube saya yaitu: Noer Wilis atau di web saya www.noerwilis.com disana terdapat berbagai macam bentuk dan modifikasi permainan olahraga yang saya dokumentasikan dan sekaligus bisa dijadikan bahan untuk pembuatan Penelitian Tindakan Kelas.

Salam sukses untuk Bapak/Ibu guru semua.

Keseruan Permainan Menjaring Ikan Bisa dilihat pada video di bawah ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimaksih pak sudah berbagi

05 Jun
Balas

sama sama bu..

16 Jun

Pembelajaran yang mengasyikkan, bakalan betah dalam kolam. Terima kasih pak sudah berbagi

05 Jun
Balas

siap pak,,semoga bermanfaat

16 Jun



search

New Post