Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Amalan Malam Nisfu Sya'ban - Hari ke 74

Menulis Hari yang ke 74 ini bertepatan dengan malam nisfu sya’ban (malam pertengahan dari bulan Sya’ban) yaitu bertepatan dengan tanggal 15 bulan Sya’ban.

Malam Nisfu Sya’ban adalah termasuk malam yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan malam-malam yang lain, atau mudahnya malam ini adalah termasuk yang sangat dimuliakan dalam Islam.

Ada sebuah hadist yang artinya : “Barang siapa yang menghidupkan lima malam ini dengan memperbanyak ibadah, maka ia berhak masuk surga, lima malam itu yaitu malam Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah) malam Arofah (tanggal 9 Dzulhijjah), malam hari raya Idzul Adha, malam hari raya Idzul Fitri dan malam Nisfu Sya’ban (15 Sya’ban)”.

Dari hadist ini dapat kita ambil sebuah pelajaran bahwa lima malam diatas adalah malam-malam yang dimuliakan, sehingga barang siapa yang bisa menghidupkan malam-malam tersebut dengan banyak melakukan Ibadah, memohon ampunan dan lainya, maka ia berhak mendapatkan Sorga Alloh

Termasuk amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada malam Nisfu Sya’ban adalah :

1. Membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali, bacaan surat yasin yang pertama diniatkan semoga diberikan umur yang panjang untuk melaksanakan Ibadah.

Membaca surat yasin yang kedua diniatkan semoga dijauhkan dari musibah/bencana termasuk mewabahnya virus corona.

Membaca Yasin yang ketiga, diniatkan semoga kita diberikan rizki yang halal dan berkah.Setiap selesai membaca surat ini, dilanjutkan dengan membaca do’a Nisfu Sya’ban.

2. Memperbanyak doa Pada malam Nisfu Sy’ban ini, diantara doa yang dianjurkan dibaca adalah :

Doanya Nabi Adam AS yang artinya :

”Ya Alloh, Sesungguhnya Engkau mengetahui kerahasiaan saya (sesuatu yang saya rahasiakan) dan kejelasan (sesuatu yang tidak saya sembunyikan), maka terimalah alasan saya. Engkau mengetahui hajat/ kebutuhan saya, maka kabulkanlah permintaan saya, Engkau mengetahui dosa yang ada pada diri ini, maka ampunilah dosa saya. Ya Alloh, sesungguhnya saya memohon kepadamu iman yang menyentuh hati saya, keyakinan yang benar, sehingga saya mengetahui, bahwa sesungguhnya tidak akan mengenai diri saya, kecuali apa yang Engkau tentukan, jadikanlah saya menerima apa keputusan MU.

Keterangan :

Orang yang membaca doanya Nabi Adam Insya Alloh akan mengabulkan doanya, mengampuni dosanya, menghilangkan kesusahanya, melipatgandakan pahalanya,

Semoga kita dimudahkan untuk bisa menghidupkan malam Nisfu Sya’ban kali ini, seraya berdoa semoga wabah corona yang masih melanda dunia, segera dihilangkan oleh Alloh SWT, Amiin

Bojonegoro, 8-4-2020

Di ambilkan dari Buku Amalan untuk setiap Bulan karya : KH. Abd.Muhaimin Rifa’i

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post