Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bulan Rajab #hari ke 31#

Bulan Rajab #hari ke 31#

Alhamdulillah, hari ke 31 tantangan gurusiana dimulai pada hari selasa tanggal 25 Pebruari 2020, yang bertepatan dengan tanggal 1 Rojab 1441 H.

Bulan Rojab adalah bulan yang Mulia dalam pandangan Islam termasuk dalam bulan-bulan yang dimuliakan (Syahrul Hurum).

Bulan Rojab yang banyak disebutkan dalam hadist-hadist Rosululloh adalah bulan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbaiki ibadahnya, banyak memohon ampunaNya.

Maksudnya adalah bahwa di bulan Rojab ini kita diharapkan jauh-jauh hari untuk mempersiapkan diri menjelang kedatangan bulan suci romadlon yang datang sekitar dua bulan lagi. Ibaratnya dibulan rajab ini latihan sungguh-sungguh dalam beribadah dan berpuasa.

Kalau bulan romadlon itu diibaratkan medan perang yang sesungguhnya, maka bulan rojab itu adalah bulan untuk mempersiapkan perang tersebut.

Tradisi di kampung-kampung yang masih terjaga dengan baik adalah banyak orang-orang tua yang menjalankan puasa-puasa sunnah dibulan ini, kemudian menambah kwantitas dzikir, memperbaiki kwalitas ibadah. Tentu tradisi yang baik ini tetap harus dijaga dan dirawat oleh generasi penerus.

Sebenarnya amalan apa saja yang dianjurkan dilakukan dalam bulan ini, seperti dikutip dari TribunJogja.com yang diakses tanggal 25 Pebruari 2020 disitu disebutkan bahwa beberapa ibadah yang dianjurkan adalah :

1. Memperbanyak Sayyidul Istighfar

Umat muslim dianjurkan untuk banyak memohon ampun atas dosa-dosanya di Bulan Rajab.

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore.

Barang siapa yang membaca ini dan meninggal, maka ia masuk surga.

Adapun bacaan sayyidul istighfar adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

2. Berpuasa

Banyak yang berpendapat bahwa Puasa Rajab hukumnya sunah, bila dilaksanakan di waktu-waktu yang tidak dilarang.

Seperti TribunJogja.com kutip dari Tebu Ireng Online, ada beberapa riwayat yang menerangkan keutamaan Puasa Rajab.

Puasa tanggal 1 Rajab sama dengan menghapus dosa 3 tahun.

Puasa tanggal 2 sama dengan menghapus dosa 2 tahun.

Puasa tanggal 3 sama dengan menghapus dosa 1 tahun.

3. Memperbanyak Doa

Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah SAW membaca doa ini:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya'banaa wa ballighnaa romadhonaa

Artinya:

"Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon."

4. Bacaan Terakhir Bulan Rajab

Di hari Jumat terakhir Bulan Rajab saat khotib salat jumat duduk di antara dua khutbah, maka seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa ini sebanyak 35 kali:

اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ × ٣٥

Bila membaca doa tersebut, insyaallah sakunya tidak akan sepi dari uang, asalkan diiringi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

5. Doa Pagi dan Sore

Setelah salat Subuh dan Maghrib, hendaknya seorang muslim membaca doa ini sebanyak 70 kali sambil mengangkat tangan, agar terhindar dari api neraka.

ربِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mendapatkan kemudahan dalam menjalankan amalan-amalan yang baik, amiin

Bojonegoro, 25 Pebruari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post