Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Fungsi Air Bagi Tubuh Kita- Hari ke 76

Kita mesti tahu, bahwasanya tubuh kita itu 70 % lebih adalah berisi air. Air dalam tubuh kita itu bisa diibaratkan seperti sungai yang terus-menerus mengalir siang dan malam.

Kalau ada anggapan bahwa tubuh manusia hanya sekedar sebuah makhluk hidup, adalah kurang tepat, karena memang tubuh manusia merupakan suatu kelompok besar makhluk hidup yang terdiri atas seratus trilyun lebih sel-sel hidup. Semua sel anggota kelompok besar ini kerja sama bahu-membahu untuk menjaga agar masing-masing bisa hidup dengan sehat, nyaman, aman dan damai.

Masing-masing kelompok sel tugasnya berbeda-beda, ada yang bertugas membentuk sel darah, menawarkan racun, membunuh sel musuh, menyerap sari-sari makanan, memekatkan zat empedu, menghantarkan listrik, menangkap gelombang cahaya, membersihkan lingkunganya, menggerakan organ tubuh, membungkus membentengi seluruh bagian tubuh agar menjadi satu kesatuan.

Semua sel-sel tersebut bekerja dengan spesialisasinya masing-masing secara tertib dan terpadu dengan jalinan koordinasi yang sangat rumit.

Yang luar biasa dari sel tubuh adalah jumlah air yang dikandungnya. Lebih dari 70 % dari berat sel adalah air sehingga seluruh kegiatan dalam sel berlangsung dalam lingkungan cair. Dua pertiga dari seluruh air yang terdapat dalam tubuh berada di dalam sel-sel tubuh, sedangkan sepertiganya lagi berada di rongga yang membentuk jarak antara sel-sel tersebut.

Salah satu fungsi air dalam tubuh kita adalah sebagai pengangkut bahan makanan yang akan dibentuk menjadi sel-sel hidup yang diperlukan seluruh tubuh. Air juga berfungsi sebagai pengangkut sel-sel mati yang dibawa menuju tempat pembuanganya.

Mengapa air terus mengalir dalam tubuh, hal ini karena ada peran dari pompa raksasa yaitu Jantung yang bekerja siang malam tanpa lelah.

Air sebagai alat transportasi darah dalam tubuh manusia sangatlah penting fungsinya. Sehingga kecukupan air dalam tubuh haruslah dijaga agar tidak berkurang.

Bila terjadi kekurangan air dalam tubuh, maka kerja organ-organ tubuh akan terganggu dan penumpukan toksik akan meningkat yang akhirnya memacu munculnya berbagai penyakit.

Pentingnya air dalam tubuh sama pentingnya oli sebagai pelumas pada mesin. Kurang minum akan menyebabkan racun sisa olahan tubuh bertumpuk .

Cara minum air yang tepat adalah jumlah air yang kita berikan ke tubuh minimal 2 liter perharinya.

Minum yang baik adalah 2 jam sebelum atau sesudah makan, atau diantara waktu makan (seperti diantara makan pagi dan makan siang & diantara makan siang dan malam).

Waktu minum air yang baik lagi adalah saat bangun tidur 2 gelas, setiap dua jam sesudah atau sebelum makan dan dua jam sebelum tidur.

Semoga ada manfaatnya

Bojonegoro, 10-04-2020

Disarikan dari Buku “Tubuh Anda Adalah Dokter Terbaik” karya DR.Husen A.Bajry, M.D., Ph.D.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Pak.

10 Apr
Balas



search

New Post