Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenal penulis 'LASKAR PELANGI' - Hari ke 91

Penulis Hebat Indonesia lagi adalah Andrea Hirata, penulis bertalenta, tentu kita ingin banyak mengenal Mas Andrea Hirata, dengan harapan tambah semangat kita untuk bisa sedikit memiliki harapan untuk sukses dalam dunia penulisan. Walaupun kita tahu bahwa penulis-penulis handal itu memang orang-orang yang terpilih untuk itu.

Tetapi tidak ada salahnya kita bisa mempelajari biografi Mas Andrea Hirata, agar kita juga ikut bangga dengan salah satu putra terbaik Indonesia dalam bidang penulisan Cerpen yang membangun. Semoga bermanfaat.

Biografi Andrea Hirata

Andrea Hirata melejit seiring kesuksesan novel pertamanya, LASKAR PELANGI. Andrea Hirata semakin terkenal kala novel pertamanya yang jadi best seller diangkat ke layar lebar oleh duo sineas Riri Riza dan Mira Lesmana. Beliau lahir di Belitung pada 24 Oktober 1982 dengan nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun.

Selain LASKAR PELANGI, lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia ini juga menulis SANG PEMIMPI dan EDENSOR, serta MARYAMAH KARPOV. Keempat novel tersebut tergabung dalam tetralogi.

Setelah menyelesaikan studi S1 di UI, Andrea yang kini masih bekerja di kantor pusat PT Telkom ini mendapat beasiswa Uni Eropa untuk studi Master of Science di Université de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom.

Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.

Penulis Indonesia yang berasal dari Pulau Belitong, Provinsi Bangka Belitung ini masih hidup melajang hingga sekarang. Status lajang yang disandang oleh Andrea sempat memicu kabar tak sedap. Karena pada bulan November 2008, muncul pengakuan dari seorang perempuan, Roxana yang mengaku sebagai mantan istrinya.

Akhirnya terungkap bahwa Andrea memang pernah menikah dengan Roxana pada 5 Juli 1998, namun telah dibatalkan pada tahun 2000. Alasan Andrea melakukan pembatalan ini karena Roxana menikah saat dirinya masih berstatus istri orang lain.

Sukses dengan novel tetralogi, Andrea Hirata merambah dunia film. Novelnya yang pertama, telah diangkat ke layar lebar, dengan judul sama, LASKAR PELANGI pada 2008. Dengan menggandeng Riri Riza sebagai sutradara dan Mira Lesmana pada produser, film ini menjadi film yang paling fenomenal di 2008. Dan jelang akhir tahun 2009, Andrea bersama Miles Films dan Mizan Production kembali merilis sekuelnya, SANG PEMIMPI.

Biodata singkat: Nama : Andrea Hirata Seman Said Harun

Tanggal lahir : 24 Oktober 1982

Pendidikan : S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia S2 Universite de Paris Sorbonne (Perancis) dan Sheffield Hallam University (Inggris).

Pekerjaan : Staf PT Telkom, Bandung.

Dicuplik dari tulisan Rony Wijaya Biografi Andrea Hirata Laskar Pelangi Penulis Novel

Bojonegoro, 25-04-2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya pak. Luar biasa..salut dengan penulis handal.

04 May
Balas

Ayo ke.Beliting Timur pak kunjungi laskar pelangi.

07 Jul
Balas

Mantap deh pak

25 Dec
Balas



search

New Post