Mohammad Saleh

Asli Bondowoso , SD hingga SMA di Bondowoso, kuliah di Jember dan pernah kerja di Lamongan hingga 1999 selanjutnya Kembali ke Bondowoso di SMPN 2 Tamanan hingga...

Selengkapnya
Navigasi Web
IKHLAS ANAK YANG TAK TERTANDINGI  (  Tantangan hari ke 130)

IKHLAS ANAK YANG TAK TERTANDINGI ( Tantangan hari ke 130)

IKHLAS ANAK YANG TAK TERTANDINGI ( # Tantangan hari ke 130)

Oleh Mohammad Saleh, M.Pd

Ikhlas sebuah kata yang gampang di ucapakan akan tetapi sulit dilakuan. Ikhlas sebuah perbuatan yang sangat erat hubungannya dengan hati. Takaran sebuah keihlasan adalah perasaan yang ada di hati dan yang bisa mengukurnya si empunya hati tersebut. Orang lain tak akan mampu mengukur keihklasan seseorang hanya dengan melihat perbuatan yang dilakukan.

Dalam kitab suci al Quran, Allah memberi contoh keikhlasan dalam dalam kisah Nabi Ismail alaihi salam. Ismail kecil dan sang ibu di tinggalkan ayahnya di daerah yang berbatu dan gersang. Lambat laun umur ismail bertambah, dalam asuhan ibunya dia menjadi anak yang cerdas dan periang. Hingga suatu hari, sang ayah yang tak pernah dilihatnya datang menjenguknya.

Sang ayah mendapat perintah untuk menyembelihnya. Ismail menjawab bersedia di sembelih jika memang itu benar – benar perintah dari Allah. Subhanallah….. seorang anak yang lebih sepuluh tahun tidak bertemu sang ayah harus berpisah karena sebuah perintah dari Allah. Sungguh seorang anak yang sudah didik dengan tauhid tingkat tinggi sehingga mampu berbuat ikhlas.

Allah mengabadikan cerita tersebut dalam Al Quran agar kita bisa mengambil pelajaran. Mampukah kita sebagai anak berbuat ikhlas pada orang tua yang sudah mendidik dari kecil hingga dewasa. Kalau disembelih mungkin kita tak akan mau karena nyawa yang harus dikorbankan. Seandainya waktu kita di minta untuk merawat mereka saat sudah udzur, ikhlaskah kita melakukannya. Perlu belajar pada Nabiyullah Ismail karena keihlasannya tak tertandingi.

Opini

Bondowoso , 29 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setiap kekuatan yang Allah ciptakan untuk anak karena ada orang tua yang memotivasinya Pak...semoga kita juga bisa belajar dari Nabi Ismail...semangat Pak..

30 Jul
Balas

Barakallah, semoga kita sebagai anak dapat meniru ditinggkat kemampuannya, aamiin

29 Jul
Balas

masya Allah masih jauh pa

29 Jul
Balas

Anak juga menitipkan banyak keteladan pada orang tua. Selalu semangat rekan gurursianer!

29 Jul
Balas

Sori teladan yang perlu diikuti dengan sesungguhnya, walau berat di kenyataan.

29 Jul
Balas



search

New Post