MOH. HOLIL

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru dan Pengembangan Profesi

Sebagai pendidik profesional, guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan dan atau kompetensi terkait dengan bidang pekerjaannya dalam memberikan pelayanan bagi kepentingan pendidikan/pembelajaran serta belajar siswa. Posisi guru yang penting dan menentukan bagi keberhasilan proses pendidikan di sekolah merupakan panggilan etis bagi kehidupan sekaligus tuntutan profesi, guru merupakan ujung tombak dalam pross pendidikan/pembelajaran di sekolah, tanpanya pembelajaran tidak atau sulit dilaksanakan, dan tanpa adanya pembelajaran sekolah tidak berhak ada. Dan untuk proses tersebut diperlukan peserta didik, tanpa adanya peserta didik, pembelajaran oleh guru di sekolah tidak akan ada. Kondisi ini menunjukan bahwa adanya guru karena adanya siswa, jadi guru harus melayani siswa serta memikirkannya bagaimana melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermutu sehingga dihasilkan output yang matang secara intelektual, emosional, moral, dan sosial.

Pengembangan profesi guru yang berkelanjutan, akan mendorong guru untuk melakukan inovasi dalam proses pendidikan /pembelajaran. Pengembangan profesi merupakan kegiatan yang tiada henti, suatu pengembangan sepanjang karier sebagai guru (atau kepala sekolah) guna meningkatkan kompetensi profesional sehingga kemampuan melaksanakan tugas semakin baik dan bermutu, yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembeljaran dalam menigkatkan mutu pendidikan.

Pengembangan profesi juga menjadi bagian dari pimpinan organisasi untuk mengelola dan membantunya agar secara kolektif pengembangan profesi dapat dilakukan, karena meningkatnya kompetensi/kemampuan guru akan memberi kontribusi bagi perkembangan organisasi dan peningkatan mutu pendidikan. Baik pendekatan individu, maupun organisasi, pengembangan profesi guru sangat penting. Pengembangan profesional guru dapat menjadikan proses pendidikan dan pembelajaran makin meningkat, bermutu, karena kemampuan kompetensi guru akan terus berkembang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post