ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Menurut Heward, Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mempunyai karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan ketidakmampuan mental,emosi atau fisik
Yangtermasuk dalam ABK
1. Cacat fisik -
:Tuna netra: Individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Buta total ( blind) Buta sebagian ( slow vision) Maka proses pembelajaran menekankan pada alat indra yang lain yaitu indra peraba dan indra pendengaran.
- Tuna rungu. (Gangguan pendengaran) Tingkatan gangguan pendengaran juga berbeda beda, ada yang : - Ringan, sulit dalam percakapan atau kurang memahami intonasi. - Sedang , biasanya dipakai alat bantu. - Berat, Biasanya memahami sedikit, bisa pake alat bantu dan harus implan, karena memiliki hambatan dalam pendengaran individu tuna rungu memiliki hambatan dalam berbicara , sehingga biasa disebut tunawicara. Cara berkomunikasi dengan individu menggunakan bahasa isyarat atau abjad jari telah dipatenkan secara internasional,sedangkan untuk isyarat bahasa berbeda beda di setiap negara. Saat ini dibeberapa sekolah dikembangkan komunikasi total yaitu cara berbicara dengan melibatkan bahasa verbal, bahasa isyarat dan bahasa tubuh .Individu tuna rungu kesulitan dalam memahami konsep yang abstrak. Saat dalam kandungan juga lingkungan tempat tinggal ikut mempengaruhi pendengaran ,misalnya anak yang dibesarkan di tempat bising .
Cara menangani:
* Belajar bahasa melalui membaca, ujaran melalui gerakan bibir, meningkatkan pendengaran.
* Bantu anak - anak itu dengan cara bahasa ibu agar bicara lebih jelas.
* Mengurangi bunyi bising di sekitarnya
- Tuna grahita , berhubungan dengan inteligensi - Tuna Laras , anak yang tidak bisa mengontrol emosinya. Faktor yang mempengaruhi internal dan eksternal misalnya: Anak yang tertolak sejak dari kandungan , kurang perhatian
. Cara penanganan :
* Pengaturan lingkungan belajar: memilih tempat bagi anak sehingga sulit keluar masuk. Ruangan pembelajaran tenang dan tidak bising. Kita membangun tempat tempat yang nyaman, jangan menggunakan warna yang mencolok tetapi gunakan warna yang sejuk sehingga dapat membantu usaha untuk mengurangi prilaku gangguan emosi.Perlu menjalin kerjasama dengan lembaga lain seperti menyediakan physikolog
- Tuna Daksa Individu yang memiliki gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuromuskular dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan. Tuna daksa merupakan: - Kelainan yang meliputi cacat tubuh atau kerusakan tubuh. - Kelainan atau kerusakan pada fisik dan kesehatan. - Kelainan atau kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan otak dan saraf tulang belakang.
2. Gangguan perilaku Akibat zat kimia yang bersarang di otak , Hal ini membuat anak jadi :
* Autisme/ ASD Untuk dapat mendiagnosis seseorang mengalami autisme ia harus memiliki sedikitnya 6 gejala dari 3 indikator yang ada yaitu:
Gangguan dalam interaksi sosial :
- Dalam berinteraksi dengan orang lain anak tidak mampu melakukan gerakan non verbal dengan baik seperti kontak mata,ekspresi wajah ,sikap tubuh dan bahasa tubuh.
- Tidak bisa menjalin pertemanan dengan teman sebaya
. - Kurang memiliki empati , tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain.
* Aspenger
* Rets disorder ,Awalnya perkembangannya biasa tapi lama kelamaan menurun, banyak di alami anak perempuan
* ADHD
* ADD
3. Kesulitan belajar :
- Slow leamer atematik
- Disleksia
- Diskalkulia
- Spech delay (keterlambatan bicara )
- Spech defect (Hampir keseluruhan dalam bahasa )
4 . Gangguan kesehatan :
- Down Sindrome (DS)
- Cerebral palsy ( CP) berhubungan dengan tulang, otot,sendi
- Mental retardation ( Keterbelakangan mental)
5 . Anak berbakat:
* Gifted children dan Jenius Adalah anak yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi yang ditandai dengan didapatkannya skor IQ yang tinggi pada pengerjaan tes kecerdasan. Berbeda dengan jenius ,gifted merujuk pada mereka yang menampilkan tanda tanda atau indikasi kemampuan superior . Jadi seorang gifted belum tentu jenius, tapi orang jenius sudah tentu gifted
Itulah jenis- jenis ABK , semoga dengan mengetahui dan memahaminya , kita bisa dapat membantu menanganinya. Tentunya hal yang paling utama bagi kita sebagai guru dan orangtua jika memiliki anak ABK adalah tetap mengucap syukur, menerima mereka dengan sepenuh hati dan melayaninya, memberikan stimulus, seta kasih sayang yang tulus .
# Mereka adalah titipan Tuhan yang maha Kuasa, yang dipercayakan untuk kita rawat,asuh ,bina dan didik, oleh karena itu perlakukanlah mereka sama dengan anak yang sewajarnya, karena satu saat kita akan diminta pertanggung jawabannya.
Tantangan H -27
Tangerang,6 Feb 2021
Rumondang Tiara Veritas.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar