Mondang Sianturi. Kepala Sekolah Ti

Mondang Sianturi S.Pd Kepala Sekolah Tiara Veritas School , Founder Sweety Day Care & Shineturi Day care...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBENTUK LEMBAGA PAUD YANG BERMUTU
Tantangan H-5

MEMBENTUK LEMBAGA PAUD YANG BERMUTU

Pendidikan Anak Usia Dini  adalah salah satu layanan yang berbasis belajar sambil bermain dan mengobtimalkan semua potensi anak. Lembaga PAUD  biasanya  memberikan layanan  untuk usia 1-6 tahun  Tetapi secara Yuridis usia anak adalah 0-8 tahun dengan waktu belajar enam hari durasi 2.5- 3 jam/ harinya

Sesuai dengan Petunjuk Teknis penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini aOktoberv1999 adapun tujuan Penyelenggaraan PAUD adalah:

* Mengembangkan kehidupan beragama.   

  * Mengembangkan kemandirian

* Mengembangkan kemampuan berbahasa

* Mengembangkan daya pikir dan daya cipta

*Mengembangkan perasaan/emosi

* Mengembangkan kemampuan  sosial

*Mengembangkan  ketrampilan fisik motorik

*Meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara wajar.

Penyelenggaraan lembaga PAUD dapat dilaksanakan oleh lembaga baik swasta,pemerintah ,organisasi masyarakat maupun perorangan yang memiliki kepedulian terhadap PAUD. Sebuah  lembaga  akan berjalan dengan lancar jika memenuhi syarat - syarat seperti berikut,:

A.Visi merupakan suatu cara untuk menjalankan Misi 

B. Misi merupakan tujuan  utama yang ingin dicapai oleh suatu organisasi yang berdiri

C.Aturan merupakan suatu prosedur atau komitmen yang telah disepakati bersama yang dimaksudkan agar suatu  Visi ataupun Misi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,aturan disini dapat berupa aturan tertulis ataupun lisan

D Profesionalisme.  Merupakan  kinerja ataupun dedikasi dari orang orang yang ikut ambil bagian dalam organisasi tersebut ,dimana seseorang dituntut untuk bekerja secara profesional.

E.Sumber daya ,Merupakan segala sesuatu yang dapat didayagunakan, dimanfaatkan untuk menunjang/ mendukung berjalannya suatu organisasi untuk mencapai  hasil yang maksimal.

F.Rencana kerja ,Merupakan suatu bentuk program kerja yang telah disepakati bersama oleh seluruh partisipan

Suatu lembaga pendidikan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien diperlukan adanya  penataan, pengaturan,pengelolaan dan kegiatan lain yang sejenis. Langkah- langkah tersebut harus dikonsepkan secara sistematis.Penting sekali manajemen yang baik agar tujuan bisa tercapai dengan baik.

Bagi bapak ibu yang ingin mendirikan lembaga PAUD  atau lembaga pendidikan lainnya hendaknya  memperhatikan atau mempelajari,mencermati dan mengetahui hal- hal tersebut  diatas sehingga ketika mengelolanya sudah benar benar paham dan Sekolah yang kita kelola dapat berkembang 

Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita dan dapat beguna.

 

Tangerang, 27 Jan 2022

Mondang Sianturi

 

 

 

 

        

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang menginspirasi. Salam literasi.

27 Jan
Balas

Terimksih bunda,Slm literasi

27 Jan



search

New Post