Mualdin Sinurat

Mualdin Sinurat adalah Guru Matematika di SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Putra Batak dari pinggiran Danau Toba pulau Samosir kelahiran 1971 dan telah memi...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR JADI PEMBELAJAR TANGGUH

BELAJAR JADI PEMBELAJAR TANGGUH

Menyikapi berbagai kebijakan yang diterbitkan pemerintah dalam mengatasi learning loss, Yayasan Seri Amal menyahutinya dengan berbagai program peningkatan kompetensi para pendidik.

Hari ini Sabtu, 26 Februari 2022 bertempat di Hall Catolic Center lantai 8 kembali digelar pelatihan penyusunan instrumen penilaian HOTS dan AKM. Kegiatan ini diikuti seluruh pendidik jenjang SMP dari Unit SMP Swasta Putri Cahaya Medan, SMP St. Paulus Sidikalang, SMP Kartini Parsoburan, dan SMP St. Ignasius Medan Johor.

Jadilah pembelajar tangguh yang kreatif dan inovatif sebagai seorang pendidik profesional. Begitu penekanan narasumber luar biasa Bapak Dr. Hironymus Ghodang, S.Pd., M.Si., CA. Berkat pengalaman sebagai pelatih ahli Kemendikbudristek RI, sang narasumber ini begitu piawai membekali para peserta "Strategi menyusun instrumen penilaian HOTS dan AKM".

Bukan hanya itu saja, seluruh peserta juga dibekali dengan berbagai platform dan aplikasi untuk mendukung pembelajaran berbasis digital. Bonus yang sungguh memotivasi dan sekaligus membuka cakrawala pengetahuan para peserta akan kemajuan teknologi di era society 5.0.

Berani move on untuk tidak bertahan di zona nyaman dengan selalu meng-update diri menjadi peluang untuk tetap eksis sebagai pendidik tangguh. Hal ini ditekankan ketika menyinggung akan diberlakukannya kurikulum merdeka. Platform Merdeka Mengajar yang sudah di launching Kemendikbud tentu harus disikapi dengan kesiapan kompetensi para pendidik.

Mampu melakukan pembelajaran berbasis HOTS dengan konsep merdeka belajar dan merdeka mengajar adalah salah satu faktor suksesnya menerapkan kurikulum merdeka yang menghasilkan profil pelajar Pancasila.

Proses pembelajaran mesti didesain untuk mengembangkan kompetensi abad 21 (4C: critical, creative colaborative, dan comunicative). Untuk itu penilaian juga harus dilakukan berbasis HOTS dan AKM dalam mengembangkan kemapuan literasi dan numerasi. Itulah alasan mengapa pelatihan ini menjadi prioritas dilakukan kepada para pendidik di bawah naungan Yayasan Seri Amal sebelum memasuki tahun pelajaran 2022-2023. Sukses buat YSA.

Horas, salam literasi!

Gubuk inspirasi, 270222.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post