Mualdin Sinurat

Mualdin Sinurat adalah Guru Matematika di SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Putra Batak dari pinggiran Danau Toba pulau Samosir kelahiran 1971 dan telah memi...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENJAGA JATI DIRI
https://www.kompasiana.com

MENJAGA JATI DIRI

#tantangan hari ke-34

Malam ini adalah pertemuan perdana dalam komunitas gereja kami yang bernama St. Anna secara offline (tatap muka). Kemeriahan tampak dari sambutan setiap orang. Wajarlah, karena dua tahun sejak Covid-19 melanda negeri aktivitas komunitas kami pun terhenti. Kerinduan yang dalam selama ini terpendam pada diri setiap orang, kini terobati sudah.

Acara peribadatan berjalan lancar. Permenungan yang disampaikan oleh Romo Maxi dalam kotbahnya menitipkan beberapa pesan sebagai bekal dalam menjalani tahun 2022. Pesan tersebut berlatar belakang dari pengalaman hidup tahun 2021 lalu. Beliau perpesan, rawatlah jati dirimu dengan melaksanakan:

1. Jangan menghindar dari tantangan. Menghadapi tantangan akan membangun kedewasaan berpikir dan bertindak.

2. Jika tantangan terlalu besar/berat jangan menyerah. Selalu berpengharapan. Dengan harapan itu kita akan selalu termotivasi.

3. Jika terjadi kegagalan, jangan putus asa. Bangkit lagi dan tetap berpengharapan.

4. Jika sudah mencapai harapan jangan lengah. Untuk mencapai harapan yang lebih besar butuh perjuangan dan keteguhan hati.

Dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini, jati diri menjadi salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan. Dampak pandemi yang sudah terjadi sejak dua tahun lalu, menyebabkan banyak orang yang kehilangan jati dirinya. Hal itu bisa terjadi ketika kita tak siap menghadapi tantangan yang ada. Tantangan itu dianggap sebagai beban. Dia selalu menghindar dan akhirnya menjadi orang yang apatis dan pesimis.

Ingin sukses?Jaga dan peliharalah jati dirimu.

Horas, salam literasi!

Gubuk inspirasi, 030222

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya pak.

04 Feb
Balas

sama-sama Bu. Horas!

04 Feb



search

New Post