MUCHAMMAD QOLBIR ROHMAN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kunjung Karya Pada Metode Presentasi (Tantangan Gurusiana Hari Ke-29)

Presentasi merupakan salah satu cara penyampaian materi yang sudah difahami dan sebagai bentuk laporan dalam suatu kegiatan. Metode ini sangat familiar dan sudah bertahan lama serta dipakai dalam hal apapun utamanya dalam pembelajaran di dalam kelas. Dalam kurikulum merdeka ini, posisi metode ini masih sangat relevan dalam langkah pembelajaran setelah para peserta didik berdiskusi atau menganalisis suatu masalah dan mendapatkan jalan keluarnya untuk dipaparkan di depan teman-temannya beserta guru yang kemudian ditanggapi oleh teman-temannya yang lain.

Akan tetapi, yang perlu digarisbawahi presentasi ini bisa efektif manakala audiencenya memperhatikan semua. Faktanya tidak bisa berjalan dengan sesuai teori yang diharapkan, jika kelas belum kondusif. Oleh karena itu diperlukan teknik supaya presentasi yang disampaikan pemateri kepada audiens tersampaikan dengan baik dan bisa diserap.

Teknik presentasi menurut kami yang tepat dengan cara kunjung karya. Kunjung karya ini merupakan teknik dimana dalam kelas hasil karya para peserta didik dipajang dan disetiap depan karya ada narator yang menjelaskan dari perwakilan masing-masing kelompok terkait karya yang dipajang. Dalam hal ini bisa terjadi tanya jawab bagi semua peserta didik yang memiliki karakter terutama peserta didik yang malu bertanya.

Adapun kelemahan dari teknik ini membutuhkan waktu yang banyak, persiapan dan penguasaan penuh dari materi yang disajikan dan tempat luas serta membutuhkan orang yang banyak. Selain itu dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi dan teknik penyampaian yang komunikatif sehingga materi yang disampaikan bisa diresapi dan difahami audiens.

Demikian semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post