Mudhofar

Aku berasal dari Lamongan dan tinggal di Gresik. Rempat mengajar di SMPN 41 Surabaya Jawa Timur. Jarak sekitar 30km harus kutempuh ke sekolah setiap hari. Berir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pertemuan Membawa Berkah

Pertemuan Membawa Berkah

Pagi itu sekolah Mat Kodar sedang riuh ramai. Tersebar desas desus akan ada wali murid, Ghendul namanya, yang akan protes terhadap Mat Kodar. Mat Kodar dipandang telah melakukan kesalahan dengan bertindak kekerasan kepada anaknya. Mat Kodar menunggu di ruang guru. Teman-temannya men- support agar bersabar. Karena bagi bapak ibu guru, anak itu pantas mendapat hukuman.

Hukuman dalam dunia pendidikan saat ini sepertinya diartikan berbeda bagi orang tua sekarang. Orang tua dulu pasti menganggap wajar ketika anaknya dihukum oleh gurunya. Hukuman guru dianggap sebagai rasa sayang terhadap muridnya agar muridnya tidak terjerumus pada kesalahan.

Pak Gendhul itu pun datang dengan membawa seorang polisi. Sebagaimana janjinya, akan membawa temannya seorang polisi yang bekerja di wilayah sekolahnya. Satpam mengantarkan ke ruang kepala sekolah. Dari dalam ruang guru, nampak kegusaran. Mat Kodar pun berjalan menuju ke ruang kepala sekolah. Semua keputusan sudah diserahkan kepada Allah SWT. Saat di depan pintu, kepala sekolahnya mempersilahkan masuk. Pak polisi ikut bangkit dari duduknya dan menoleh ke Mat Kodar. " Ya Allah! Bapak...!" Pak polisi itu kaget. Dia pun bersalaman sambil cium tangan Mat Kodar. Pak polisi bercerita bahwa Mat Kodar adalah gurunya saat di smp. Pak Polisi juga bercerita kalau pernah terkena hukuman push up atau terkena sabetan penggaris kayunya karena teledor terhadap tugas yang diberikan. Tapi hukuman itu membawa berkah. Pak polisi menjadi orang yang disiplin. Pak Gendhul hanya bisa menundukkan kepalanya.

Ditulis di Manyar Gresik, 25/11/2020

Selamat Hari Guru

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post