Mudliatun Nachiyah, M.Pd.

Seorang ibu dengan 4 anak yang 'refreshing'nya adalah membaca, yang suka diajak keliling dunia (gratis), dan masih berkeinginan belajar menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Rumah Nenek

T2/365

Oleh: Mudliatun Nachiyah

Hari kedua bulan Januari 2022, saya berkesempatan mendampingi keponakan- keponakan, anak dan cucu mengeksplor salah satu tempat tujuan wisata di wilayah hutan Wonosalam kabupaten Jombang Jawa Timur. Dalem Simbah, begitulah namanya. Dalem Simbah berarti rumah nenek. Saya salut dengan pemilihan kata ini. Menghadirkan nenek atau rumah nenek dalam ruang imaji anak memberikan first impression berupa 'kedekatan' dan kenyamanan.

Saat saya kanak- kanak, bila ayah bunda memberitahu akan ke rumah nenek, perasaan senang dan kata 'hore' otomatis keluar dari lisan. Pergi ke rumah nenek identik dengan 'bermain'. Bermain dengan suasana yang berbeda dengan rutinitas di rumah. Jadi, senangnya bukan main.

Di Dalem Simbah, saya menyaksikan anak- anak yang ceria menikmati arena 'bluron' untuk main air atau berenang. Ada yang senang dengan bersepeda air, main ayunan, memberi makan burung dan kelinci dan beberapa pengunjung lainnya menikmati kawasan perbukitan hijau dengan udara yang sangat segar.

Hopefully, semoga semua rumah nenek (dalem simbah) masih menyediakan 'kenyamanan' bagi anak- cucu untuk berlibur atau bercengkerama dalam kebersamaan sehingga tak hanya tempat wisata yang memiliki makna bagi jiwa.

Wonosalam, 2 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post