Muhamat Sulkan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Ajaib Menulis Mejelang Tidur Malam
Sumber image : https://web.facebook.com/Keajaiban-Menulis-510878402302034/?_rdc=1&_rdr

Manfaat Ajaib Menulis Mejelang Tidur Malam

#tantangan gurusiana hari ke-119

Alhamdulillah. Saya bersyukur dapat megikuti tantangan gurusiana sampai pada hari ke-119. Hampir 99% saya menulis artikel pada malam hari menjelang tidur. Bahkan banyak yang mendekati jam deadline.

Karena sudah kebiasaan, ide menulis sering muncul menjelang tengah malam. Kemudian dalam waktu sekitar sepuluh hingga lima belas menit ide tersebut saya tuangkan dalam tulisan di blog gurusiana.

Menurut ahli psikologi, menulis merupakan aktivitas yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengutip dari dosenpsikologi.com, kegiatan ini mampu membantu menguatkan daya ingat dan konsentrasi. Kegiatan menulis akan menciptakan aliran oksigen yang menuju area otak sehingga apapun yang kita tulis akan mudah diingat.

Sedangkan menurut laman liputan6.com, studi yang dipublikasikan di Psychosomatic Medicine mengatakan bahwa menulis dengan ekspresif membantu tubuh lebih cepat sembuh dari prosedur medis. Studi ini menemukan bahwa orang dewasa yang melakukan biopsi, dengan menulis ekspresif selama dua puluh menit setiap hari selama dua minggu, telah sembuh sepenuhnya di hari kesebelas.

Sementara, dikutip dari laman helloSehat, menghabiskan waktu 15 menit di malam hari untuk menulis apa yang kita syukuri dapat membuat keajaiban terhadap kualitas tidur. Menurut studi Applied Psychology : Health and well-being, para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang.

Jadi, jika kita termasuk orang sibuk, menulis di malam hari menjelang tidur dapat menjadi alternatif sangat positif. Apalagi pada waktu tersebut kondisi lingkungan lebih sepi dan tenang. Hal itu sangat membantu konsentrasi dan imajinasi kita dalam menuangkan segala gejolak pikiran ke dalam tulisan.

Namun, segi negatifnya tulisan yang diupload di blog gurusiana menjelang tengah malam tentu akan sepi pengunjung. Solusinya, tulisan tersebut baru kita share di facebook mediaguru atau grup medsos lainnya esok paginya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, betul banget, sy sering menulis saat malam menjelang salam literasi

27 Jun
Balas

Bagus itu, Bu. Salam literasi

27 Jun



search

New Post