Muhamat Sulkan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sekolah Resmi Dibuka Kembali

#tantangan gurusiana hari ke-107

Selamat. Tahun ajaran baru resmi dimulai Juli 2020 mendatang. Hal itu berdasarkan SKB 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri).

Sayangnya, hanya 6% wilayah di Indonesia berzona hijau yang bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Meskipun demikian, protokol kesehatan harus benar-benar dilaksanakan ketika sekolah dibuka kembali. Sebab, jika zona berubah jadi kuning, sekolah harus segera ditutup. Dilanjutkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sedangkan 94 % wilayah lainnya masih dalam kondisi zona kuning, oranye, dan merah sehingga harus melaksankan PJJ. Pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan yang harus diambil.

Tentu hal itu kabar yang kurang menyenangkan bagi dunia pendidikan. Sementara di sisi lain dalam bidang sosial, ekonomi, dan keagamaan sudah memperoleh kelonggaran dalam masa transisi PSBB ini meskipun masih dalam zona terdampak covid-19. Namun, keselamatan dan kesehatan peserta didik tetap menjadi prioritas utama. Keempat menteri pun tidak mau mengambil risiko untuk membuka sepenuhnya dunia pendidikan.

Untuk itu, pelaksanaan pembelajaran daring yang sudah berjalan tiga bulan kemarin perlu dievaluasi. Banyak kekurangan dan hambatan dalam pelaksanaanya. Pihak sekolah harus merancang ulang program yang matang demi memperbaiki pelaksaan pembelajaran daring secara optimal. Pemerintah pun harus memberikan fasilitas memadai.

Semoga vaksin segera ditemukan untuk mengatasi pandemi global ini. Semua wilayah bisa segera menjadi zona hijau. Kita bisa segera melaksanakan rancangan program luar biasa yang sudah kita susun untuk menghadapi tahun palajaran baru yang akan datang. Program jitu untuk mengantarkan generasi emas siap menghadapi keuntungan demografi dua puluh tahun yang akan datang. Terlebih rasa rindu yang semakin menjadi untuk mengajar di kelas dan bertemu dengan peserta didik dapat segera terobati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post