Muhammad Humaidin

Muhammad Humaidin, Tenaga Pendidik di kota Bima Nusa Tenggara Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Puasa Syawal

Puasa Syawal

#Day411

Bulan Ramadhan telah meninggal kan kita semua maka dilanjutkan dengan bulan Syawal. Tepat pada tanggal 1 Syawal kita merayakan kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh yaitu idul Fitri, dengan harapan kita kembali fitrah seperti bayi yang baru di lahirkan, momen ini juga kita bersilaturahmi saling maaf memaafkan atas salah dan khilaf terhadap keluarga dan kerabat.

Setelah Kita puasa ramadhan dilanjutkan puasa 6 hari dibulan Syawal, dengan keutamaan nya sama dengan melaksanakan puasa selama satu tahun penuh, ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad Saw" "Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim no. 1164). Di hadist lain juga" Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” (HR. Ibnu Majah no. 1715. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Puasa dilakukan sama seperti puasa di bulan ramadhan yaitu Niat, makan sahur, menahan lapar mulai dari subuh sampai waktu Maghrib dan berbuka. Ini dilakukan selama enam hari di bulan Syawal. Puasa nya bisa dilakukan berselang seling 6 hari selama bulan Syawal, tapi kalau bisa yang lebih utama adalah di awal bulan Syawal, setelah tanggal 1 Syawal.

Marilah kita Bersegera mencari ampunan dari Allah SWT dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”. Demikian saja sekilas tentang puasa Syawal. Semoga kita semua mampu melakukan nya. Dan diberikan kesehatan selalu oleh Allah SWT. Amiin.

Bima, 15 Mei 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin yaa Allah, semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankannya. Terima kasih Pak. Sukses selalu ya

15 May
Balas



search

New Post