Muhammad Imdad

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model problem based learning berbantuan quiziz

Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model problem based learning berbantuan quiziz

Lokasi

SMA Negeri 1 Kedungwuni

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas (SMA)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model problem based learning berbantuan quizizz pada materi limit fungsi aljabar

Penulis

Muhammad Imdad, S.Pd.

Tanggal

Selasa, 10 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang ada, selama ini proses pembelajaran yang dilakukan pendidik cenderung konvensional (berpusat pada pendidik). Pendidik lebih banyak ceramah dalam menyampaikan materi. Pendidik juga kurang menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang inovatif, yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan media berbasis TIK dalam hal ini menggunakan media audio visual yaitu video yang berkaitan dengan pembelajaran (Limit fungsi) dan menggunakan quizizz untuk melakukan evaluasi/postest.

Praktik ini penting dibagikan karena berbagai alasan:

- Sebagian besar pendidik mengalami masalah yang sama dengan permasalahan saya

- Praktik pembelajaran ini dapat menjadi motivasi bagi pendidik untuk membuat pembelajaran yang inovatif dan kreatif

- Praktik pembelajaran ini juga dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif, sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya:

· Kondisi sarana dan prasaran seperti LCD proyektor yang kurang memadai. Setiap kelas sudah difasilitasi LCD proyektor, namun beberapa diantaranya ada yang tidak bisa digunakan karena rusak.

· Pengalaman pendidik yang masih kurang. Selama ini pendidik cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton.

Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah:

· Kepala Sekolah SMAN 1 Kedungwuni yang memberikan bimbingan, bantuan, arahan, dan pengawasan dalam pelaksanaan proses pembelajaran

· Pendidik sebagai fasilitator, yang membimbing, memotivasi dan menilai peserta didik

· Dosen Pembimbing dan Guru Pamong yang senantiasa membimbing, memberikan arahan dan masukan terhadap pelaksanaan PPL aksi 1 dan 2.

· Rekan sejawat yang membantu mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran dan melakukan perekaman terhadap pelaksanaan pembelajaran.

· Teman-teman PPG kelompok 3 yang membantu dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan PPL

· Peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kedungwuni

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu:

· Berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait sarana dan prasarana yang terbatas

· Melakukan wawancara dengan rekan guru tentang upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika

· Mengkaji literatur yang relevan dengan pembelajaran matematika

· Merumuskan solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan quizizz sebagai media evaluasi

Strategi yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu:

· Pendidik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning

· Pendidik menggunakan power point untuk menampilkan media pembelajaran dan video yang berkaitan dengan pembelajaran

· Pendidik menggunakan LKPD yang berisi masalah untuk diselesaikan dengan diskusi kelompok

· Pendidik menggunakan media quizizz untuk evaluasi/postest

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan model Problem Based Learning yaitu:

Kegiatan Pendahuluan

ü Melakukan salam pembuka dan mengucap syukur

ü Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

ü Mempersiapkan siswa untuk belajar

ü Mengingatkan kembali materi yang sudah disampaikan

ü Memberi motivasi

ü Membacakan tujuan pembelajaran dan alur pembelajaran

Kegiatan Inti

Fase 1 :Orientasi peserta didik pada masalah

ü Memberi stimulus untuk memusatkan perhatian pada topik materi konsep Limit fungsi aljabar yang ditampilkan pada power point.

ü Mengarahkan peserta didik untuk mengidentifikasi kegiatan siswa

Fase 2 : Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar

ü Mengorganisasi peserta didik menjadi beberapa kelompok

ü Membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok.

ü Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan kegiatan yang ada pada LKPD. (mengumpulkan informasi)

Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok

ü Memastikan adanya pembagian peran dalam kelompok.

ü Membimbing siswa atau kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKPD

Fase 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil

ü Menunjuk secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas

ü Memberi kesempatan bertanya

Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

ü Memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang selesai dipelajari.

ü Memberikan klarifikasi untuk penguatan terhadap hasil presentasi kelompok.

Kegiatan Penutup

ü Meminta pesertadidik untuk menyimpulkan

ü Memberikan kuis melalui media quizizz sebagai evaluasi/postest

ü Membimbing melakukan refleksi pembelajaran pada pertemuan ini.

ü Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang, kemudian peserta didik diminta mempelajari materi tersebut dengan mencari literatur yang berkaitan dengan materi tersebut.

ü Memmberikan pesan moral misal tetap semangat untuk belajar di rumah, menjaga kesehatan

ü Menutup pelajaran dengan salam.

Berikut link video pembelajarannya:

https://youtu.be/PNgXIwXUEf0

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah;

· Alat dan bahan : hp, laptop, LCD

· Materi atau bahan ajar : buku teks pelajaran, LKPD dan rangkuman materi yang disusun oleh pendidik

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi/langkah-langkah yang dilakukan adalah:

· Peserta didik lebih antusias dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, serta lebih aktif dalam pembelajaran.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor dari angket motivasi yang diisi peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran matematika dengan model problem based learning berbantuan quizizz. Terdapat 18 peserta didik yang skornya meningkat, 9 skornya menurun dan 1 skornya tetap. Ini membuktikan terdapat 68,75% peserta didik yang motivasi belajarnya meningkat.

Berikut data skor nilai angket motivasi siswa yang diisi sebelum dan sesudah pembelajaran.

No

Skor angket motivasi

Keterangan

Sebelum

Sesudah

1

79

74

Menurun

2

75

85

Meningkat

3

79

80

Meningkat

4

74

76

Meningkat

5

78

85

Meningkat

6

77

70

Menurun

7

73

77

Meningkat

8

76

78

Meningkat

9

80

78

Menurun

10

78

77

Menurun

11

72

75

Meningkat

12

74

73

Menurun

13

78

79

Meningkat

14

79

81

Meningkat

15

78

82

Meningkat

16

75

80

Meningkat

17

74

71

Menurun

18

71

76

Meningkat

19

79

71

Menurun

20

79

82

Meningkat

21

73

77

Meningkat

22

76

76

Tetap

23

75

74

Menurun

24

80

81

Meningkat

25

72

79

Meningkat

26

75

84

Meningkat

27

71

77

Meningkat

28

73

71

Menurun

29

77

84

Meningkat

30

77

82

Meningkat

31

80

81

Meningkat

32

72

83

Meningkat

· Nilai/hasil belajar peserta didik meningkat, terlihat dari nilai postest peserta didik yang diatas KKM

Dari data skor ketuntasan belajar siswa yang diperoleh melalui tes evaluasi yang diadakan sesudah kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan quizizz diperoleh sebanyak 26 peserta didik mencapai ketuntasan belajar, persentase banyaknya siswa yang tuntas adalah 81,25%, artinya berdasarkan kriteria yang dibuat, peserta didik di kelas tersebut dikatakan tuntas karena persentasenya melebihi 75%.

Dilihat dari ketercapaian tujuan dan hasil penilaian peserta didik dalam refleksi yang diberikan setelah pembelajaran, maka model problem based learning berbantuan quizizz pada materi Limit Fungsi Aljabar efektif untuk dilaksanakan. Peserta didik termotivasi untuk belajar, aktif dalam pembelajaran, dan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih telah berbagi ilmu

24 Jan
Balas



search

New Post