Muhammad Mutatohirin

Penulis dan Guru SDIT Muhammadiyah Bandarlampung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Istimewanya Seorang Guru

Istimewanya Seorang Guru

Banyak hal yang bisa membuat seseorang bahagia. Diantara cara agar seorang guru bahagia ketika menjalankan kewajibannya adalah mencintai dan menikmati profesinya.

Tentunya motivasi seorang guru yang pertama adalah menebarkan ilmu yang bermanfaat. Mengajar dengan ikhlas agar apa yang didedikasikan tidak hanya bernilai duniawi, tetapi juga menjadi tabungan di akhirat, sebagai pahala yang tidak putus -putus termasuk العلم ينتفع به yaitu ilmu yang bermanfaat. Adapun karunia yang lain Allah Subhanahu wa ta'ala tidak pernah menyia-nyiakan hamba-Nya, jika kita menolong agama Allah, kita akan ditolong oleh-Nya.

Maka dari itu, hendaknya kita sebagai guru, menjadikan ini motivasi tertinggi, mencari pahala di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala atas apa yang telah kita lakukan (ihtisab). Dengan semangat itu seorang guru berusaha agar selalu ada nilai -nilai kebaikan yang bisa dia tanamkan atau ajarkan kepada anak didiknya setiap harinya. Baik dalam hal penanaman akhlak keseharian, penanaman prinsip -prinsip hidup yang menjadi pegangan, dan ilmu lain yang bermanfaat untuk kehidupan anak didiknya baik dalam urusan dunia maupun akhiratnya.

Kita berusaha memberikan yang terbaik, pelayanan yang terbaik. Satu ayat yang selalu menjadi motivasi untuk melakukan hal itu, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

{ وَقُلِ ٱعۡمَلُواْ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمۡ وَرَسُولُهُۥ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلۡغَيۡبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ }

Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu, apa yang telah kamu kerjakan.” [Surat At-Taubah: 105].

Teruslah menjadi inspirasi dalam kebaikan.

"Guru adalah inspirasi dalam kebaikan, perkataannya menguatkan yang lemah, menggugah semangat untuk menjadi lebih baik, dan sikapnya menjadi dorongan untuk beramal saleh." (M.Mutatohirin, S.Pd_ Guru Kelas 4 Ibnu Majah SDIT Muhammadiyah Gunter Bandarlampung)

Semoga catatan kecil ini memberikan manfaat dan semangat.

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2023

Guru Pembelajar

Bahagia Mengajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat Hari Guru

25 Nov
Balas

Terimakasih Bu Effi selamat hari guru juga. Bu guru hebat

26 Nov



search

New Post