Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
CRITERIA OF A LEADER IN ISLAM

CRITERIA OF A LEADER IN ISLAM

Khotbah Jum'at (Indonesia-English)

KHUTBAH PERTAMA FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ‏

(QS Al-Ma’idah [5]: 49)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Dia-lah Yang Maha Menghidupkan dan Mematikan. Yang Mengaruniai makhluk-Nya rezeki tanpa pandang bulu. Shalawat dan salam semoga Allah curahkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, All praise be to Allah, He is the One who gives life and creates death. Who Bless His creatures with sustenance indiscriminately. Shalawat and salaam may Allah bestow upon the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Taati perintah-Nya dan jauhi seluruh larangan-Nya, dalam kondisi berat maupun ringan, susah atau pun senang. Ingatlah, ketakwaan kita menentukan derajat kita di sisi Allah.

Fear Allah. Obey His commands and stay away from all His prohibitions, in heavy or light conditions, in difficult times or in happy times. Remember, our piety determines our degree in the sight of Allah.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ada seorang tokoh bilang; pemimpin ahli maksiat harus tetap ditaati sepanjang tidak melarang kebebasan beragama. Pemimpin tidak perlu shalih atau tidak, yang penting kualitas dan kapasitas kepemimpinannya.

There is a community leader who said that; leaders of immoral experts must still be obeyed as long as they do not prohibit freedom of religion. Leaders do not need to be shalih? What's important is he has quality and leadership capacity.

Pertanyaannya, benarkah seperti itu dalam pandangan Islam? Betulkah calon pemimpin tidak harus shalih? Artinya, ia boleh berasal dari kalangan orang fasiq atau yang gemar bermaksiat (misal: suka nonton film porno), karena yang penting dia punya kapasitas kepemimpinan?

Lalu, sejauh mana seorang pemimpin wajib ditaati. Betulkah pemimpin fasiq atau ahli maksiat tetap wajib ditaati?

The question is, is it really like that in the Islamic view? Is it true that prospective leaders don't have to be shalih? That is, he may come from among the fasiq people or those who are fond of immorality (eg likes watching porn movies), because they most important is that he has leadership capacity?

Then, what kind of a leader must be obeyed? Is it true that fasiq leaders or perpetrators of immorality must still be obeyed?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Friday Congregation Rahimakumullah,

Kita ini seorang Muslim. Hidup di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Maka semestinya, kita menjadikan Islam yakni al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai satu-satunya standar dalam menetapkan calon pemimpin, juga dalam menyikapi perilaku dan kebijakan pemimpin.

We are Muslims. Live in a country where the majority of the population is Muslim. So it should be, we make Islam namely the Qur'an and as-Sunnah as the only standard in determining prospective leaders, also in addressing the behavior and policies of leaders.

Dalam banyak kitab fiqih siyaasah, termasuk Kitab Al-Ahkaam as-Sulthaaniyyah karya Imam al-Mawardi yang amat terkenal, telah banyak dibahas sejumlah kriteria yang wajib ada pada diri calon pemimpin. Secara umum kriterianya sama. Yang berbeda hanya dalam aspek tertentu dan rinciannya. Kriteria umum pemimpin (kepala negara) dalam Islam yang dimaksud adalah: (1) Muslim; (2) Laki-laki; (3) Baligh; (4) Berakal; (5) Merdeka (bukan budak/berada dalam kekuasaan pihak lain); (6) Adil (bukan orang fasiq/ahli maksiat); (7) Mampu (punya kapasitas untuk memimpin). Semua ini disebut sebagai syarat in’iqaad, syarat pengangkatan.

In many siyaasah fiqh books, including the very famous Al-Ahkaam as-Sulthaaniyyah Book by Imam al-Mawardi, there has been much discussion of a number of criteria that must be present in prospective leaders. In general, the criteria is video. They differ only in certain aspects and details. The general criteria for the leader (head of state) in Islam in question are:

(1) Muslims;

(2) Male;

(3) Baligh;

(4) Reasonable;

(5) Independent (not a slave/in the power of another party);

(6) Fair (not fasiq/expert in immorality);

(7) Able (have the capacity to lead).

All of these are referred to as conditions of in'iqaad, conditions of appointment.

Di antara kriteria calon pemimpin atau kepala negara adalah harus orang yang adil. Artinya, ia bukan orang fasiq atau ahli maksiat atau orang zalim. Sebab, kata adil memang sering dilawankan dengan kata fasiq atau zalim. Di antara ciri utama orang fasiq atau zalim adalah enggan berhukum dengan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala. Dasarnya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Among the criteria for a candidate for a leader or head of state is that he must be a just person. That is, he is not a fasiq person or an expert on immorality or an unjust person. This is because the word fair is often contrasted with the word fasiq or unjust. Among the main characteristics of fasiq or unjust people is their reluctance to judge according to the laws of Allah subhanahu wa ta'ala. The

basis is the word of Allah subhanahu wa ta'ala:

وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Siapa saja yang tidak berhukum dengan hukum-hukum Allah, mereka itulah kaum yang fasiq (TQS al-Maidah [5]: 45).

Those who do not judge by what Allah has sent down —it is they who are the wrongdoers (Surah al-Maidah [5]: 45).

وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Siapa saja yang tidak berhukum dengan hukum-hukum Allah, mereka itulah kaum yang zalim (TQS al-Maidah [5]: 47).

Those who do not judge by what Allah has sent down —it is they who are the transgressors (Surah al-Maidah [5]: 47).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Friday Congregation Rahimakumullah,

Karena itu meski secara personal seorang calon pemimpin tampak baik, santun, ramah, cerdas, punya jiwa kepemimpinan, jika ia enggan berhukum dengan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala dalam memimpin dan mengurus rakyat, atau tidak mau menerapkan syariah Islam dalam mengelola negara/pemerintahan, pada dasarnya ia terkategori zalim atau fasiq.

Therefore, even though personally a prospective leader looks good, polite, friendly, intelligent, has a leadership spirit, if he is reluctant to comply with the laws of Allah subhanahu wa ta'ala in leading and managing the people, or does not want to apply Islamic sharia in managing the country /government, basically it is categorized as unjust or fasiq.

Apalagi, sudahlah secara personal ahli maksiat, ia pun menolak hukum-hukum Allah atau terindikasi anti syariah Islam. Orang-orang fasiq atau zalim semacam ini jelas tidak layak menjadi pemimpin (kepala negara) karena berarti mereka bukan orang-orang yang adil. Apalagi, dalam Islam tugas utama kepala negara (Imam/Khalifah) adalah menerapkan hukum-hukum syariah.

What's more, personally he is an expert on immorality, he also rejects Allah's laws or is indicated to be anti-Islamic sharia. Fasiq or unjust people like this are clearly not worthy of being leaders (heads of state) because it means they are not just people. Moreover, in Islam the main task of the head of state (Imam/Caliph) is to apply sharia laws.

Demikian sebagaimana dinyatakan oleh Syaikh Abdul Qadim Zallum:

Thus as stated by Shaykh Abdul Qadim Zallum:

اَلْخَلِيْفَةُ هُوَ الَّذِيْ يَنُوْبُ عَنِ اْلأُمَّةِ فِي الْحُكْمِ وَالسُّلْطَانِ وَفِيْ تَنْفِيْذِ أَحْكَامِ الشَّرْعِ

Khalifah (kepala negara) adalah orang yang mewakili umat Islam dalam urusan kekuasaan atau pemerintahan dan penerapan hukum-hukum syariah (Zallum, Nizhâm al-Hukmi fii al-Islâm, hlm. 49).

The caliph (head of state) is a person who represents Muslims in matters of power or government and the application of sharia laws (Zallum, Nizhâm al-Hukmi fii al-Islâm, p. 49).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Friday Congregation Rahimakumullah,

Memang benar, Allah subhanahu wa ta’ala mewajibkan kaum Muslim untuk menaati pemimpin. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

It is true, Allah subhanahu wa ta'ala obliges Muslims to obey leaders. Allah subhanahu wa ta'ala says:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad) serta Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kalian (TQS an-Nisa’ [4]: 59).

O believers! Obey Allah and obey the Messenger and those in authority among you (Surah an-Nisa’ [4]: 59).

Ada yang menafsirkan ketaatan kepada penguasa bersifat mutlak dan berlaku umum untuk setiap pemegang kekuasaan (penguasa). Tidak dilihat lagi apakah Ulil Amri itu Khalifah dalam sistem pemerintahan Islam (Khilafah), ataukah penguasa dalam sistem pemerintahan sekuler, seperti presiden dalam sistem republik, atau raja dalam sistem kerajaan (monarki).

who interpret obedience to rulers as absolute and generally applicable to every power holder (ruler). It is no longer seen whether Ulil Amri is the Khalifah in the Islamic government system (Khilafah), or is the ruler in a secular government system, such as a president in a republic system, or a king in a monarchy system (monarchy).

Padahal yang dimaksud bukanlah sembarang penguasa, melainkan penguasa dalam sistem pemerintahan Islam. Itulah Imam atau Khalifah dan para wakilnya (Al-Mas’ari, Thâ’at Ulil Amri Hudûduhaa wa Quyûduhâ, hlm. 17).

Even though what is meant is not just any ruler, but the ruler in the Islamic government system. That is the Imam or Caliph and his representatives (Al-Mas’ari, Thâ’at Ulil Amri Hudûduhaa wa Quyûduhâ, p. 17).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, yang dituntut atas kaum Muslim sesungguhnya bukan sekadar memilih dan mengangkat pemimpin (kepala negara). Kita pun dituntut untuk menegakkan sistem pemerintahan Islam (Imamah/Khilafah).

You know, what is demanded of Muslims is not just choosing and appointing leaders (heads of state). We are also required to uphold the system of Islamic government (Imamah/Khilafah).

Imam an-Nawawi menyatakan, “Umat wajib mempunyai seorang Imam yang menegakkan agama, membela Sunnah, menolong orang-orang yang dizalimi, serta memenuhi hak dan mengembalikannya pada posisinya. Saya tegaskan, pengangkatan Imamah atau Khilafah hukumnya fardhu kifayah.”

Imam an-Nawawi stated, “The ummah must have an Imam who upholds religion, defends the Sunnah, helps people who are wronged, and fulfills rights and returns them to their positions. I emphasize that the appointment of the Imamate or the Khilafah is fardhu kifayah."

Imam yang dimaksud ini adalah khalifah atau amirul mukminin. Bukan presiden atau raja. Inilah yang dibahas oleh para fuqaha termasuk Imam Mawardi, Al Ghazali, hingga Imam Nawawi. Jadi mereka membahas masalah kepemimpinan ini, konteksnya kepemimpinan Islam. Bukan kepemimpinan dalam sistem sekuler.

The priest in question is the caliph or commander of the faithful. Not a president or a king. This is what the jurists discussed, including Imam Mawardi, Al Ghazali, and Imam Nawawi. So they discussed this issue of leadership, in the context of Islamic leadership. Not leadership in a secular system.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

22 May
Balas

mantap ulasannya keren

22 May
Balas

Ulasan yang keren

22 May
Balas



search

New Post