Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
IT IS TIME TO PROVE OUR PIETY

IT IS TIME TO PROVE OUR PIETY

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA MAMMESANA FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

(QS Al-Baqarah [2]: 208).

Alhamdulillah, segala puji marilah kita panjatkan ke hadhirat Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan semesta alam, yang masih memberikan kita kesempatan untuk terus menambah bekal amal bagi kehidupan akhirat yang kekal.

Alhamdulillah, inggannana pappuJi appunnannai Puaŋ Allahu Ta’ala, Puaŋ-Na alaŋ, Iya simata miBei kesempataŋ untu’ mattambai piBongaŋ naDipake dio di allo ahera’ manini.

Alhamdulillah, all praise, let us pray to Allah subhanahu wa ta'ala, Lord of the worlds, who still gives us the opportunity to continue to add provisions for good deeds for our eternal hereafter.

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada sayyidu al-anbiyâ wa al-mursalîn, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga, para shahabatnya, dan seluruh umatnya yang senantiasa menaati risalahnya, serta berjuang tak kenal lelah untuk menerapkan dan menyebarluaskannya ke seluruh pelosok dunia hingga akhir zaman.

Salawa’ anna beresallaŋ mamuare’i simata loloŋi pammase-Na lao di sayyidu al-anbiyâ wa al-mursalîn, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, siola keluargana, inggannana sammuanena, anna inggannana to mappiccoe’i, anna berjuaŋtoi mappake anna mappalambi’i risalana lambi’ tama di inggannana pakkappuŋ, saena, lambi’ lao di paccappuraŋ wattu.

Shalawat and salaam may always be bestowed on sayyidu al-anbiyâ wa al-mursalîn, Rasulullah Muhammad sallallaahu 'alaihi wa sallam, along with his family, friends, and all his followers who always obey his message, and strive tirelessly to implement and disseminate it to all corners of the world. the world until the end of time.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Baru saja kita merayakan Idul Fitri 1443 H. Ramadhan telah usai. Semestinya, terlahir berjuta-juta umat Islam yang semakin meningkat ketakwaannya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, sesuai firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al-Baqarah 183:

Ita’ di’e mane pura le’ba’i tau marrayakaŋ Idul Fitri 1443 H. Allo puasangaŋ purami lao. Iya parallu, laheri ma’juta-juta to Sallaŋ iya tamba takwa lao di Allah subhanahu wa ta’ala, mi’apa iya pura Napalambi’ di lalaŋ QS. Al-Baqarah 183:

We have just celebrated Eid Al-Fitr 1443 H. Ramadan is over. Supposedly, millions of Muslims are born who are increasingly devoted to Allah subhanahu wa ta'ala, according to the word of Allah subhanahu wa ta'ala in Surah Al-Baqarah 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿١٨٣﴾

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

“E inggannana to matappa’’, diwaji’io mappuasa mi’apa diwaJikaŋ lao di pattodioloammu mala’ao takwa”

“O believers! Fasting is prescribed for you—as it was for those before you—so perhaps you will become pious.”

Apakah takwa itu? Kata taqwa berasal dari kata waqâ, yang berarti melindungi. Yaitu, untuk melindungi diri dari murka dan azab Allah subhanahu wa ta’ala. Caranya dengan menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Itulah pengertian taqwa.

Apa di’o disanga takwao? Iya disanga takwa pole disanga waqâ, battuaŋna manjaGai. Iyamo, manjagai bataŋ alaweta’ pole di cai’ anna passessa-Na Allah subhanahu wa ta’ala. Carana dipoGau’i pesio-Na Allah subhanahu wa ta’ala anna dipiakaramboi inggannana anu Napusara. Iyamo di’o battuaŋna disanga Takwao.

What is piety? The word taqwa comes from the word waqâ, which means to protect. That is, to protect oneself from the wrath and punishment of Allah subhanahu wa ta'ala. The trick is to carry out the commands of Allah subhanahu wa ta'ala and stay away from all His prohibitions. That is the meaning of piety.

Pertanyaannya, apakah kita benar-benar telah menjadi orang yang bertakwa? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat bagaimana sikap dan ketaatan kita terhadap berbagai perintah dan larangan Allah subhanahu wa ta’ala.

Pittuleaŋ, apa’ tongaŋ bandi mua’ ita’ di’e pura minjari takwami tau? Carana mappi’issanni, inggai pi’ita lao di keDo anna atunruatta’ lao di marrupa-rupanna pesio anna pepusara-Na Allah subhanahu wa ta’ala.

The question is, have we really become pious people? To find out, let's see how our attitude and obedience to the various commands and prohibitions of Allah subhanahu wa ta'ala are.

Misalnya, ketika Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita berpuasa, alhamdulillah, kita telah mampu menaati dan mengamalkan kewajiban tersebut.

Bassa, mua’ Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala mesio mappuasa, alhamdulillah, ita’ di’e diullei ma’ola anna ma’amalkaŋ awaJikaŋ di’o.

For example, when Allah subhanahu wa ta'ala ordered us to fast, thank God, we have been able to obey and practice this obligation.

Lalu, bagaimana sikap dan ketaatan kita terhadap perintah Allah subhanahu wa ta’ala yang lain, seperti kewajiban yang telah tertuang dalam QS. Al-Baqarah 178:

Jari, mi’apai keDo anna atunruaŋta’ lao di pesio-Na Allah subhanahu wa ta’ala di laeŋna, rapaŋ awajikaŋ di lalaŋ QS. Al-Baqarah 178:

Then, what is our attitude and obedience to other commands of Allah subhanahu wa ta'ala, such as the obligations that have been stated in the Surah Al-Baqarah 178:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِي الْقَتْلَى ﴿١٧٨﴾

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh,..

E inggannana to matappa’, diwaJi’io qishaash di lalaŋna to di patei,..

O you who have faith! Retribution is prescribed for you regarding the slain,..

Sekali lagi, bagaimana sikap kita terhadap hal itu? Apakah kita siap untuk menaatinya? Atau, justru mengabaikannya dan tidak peduli terhadap kewajiban tersebut? Padahal hikmah dari diwajibkannya menjalankan qishaas tersebut juga sama dengan pengamalan puasa, yaitu agar kita menjadi orang yang bertakwa.

Diulanni pissaŋ, mi’apai carata’ anu bassa di’o? Apa’ saDia bandi tau tunru’? atau, justru dipippondo’i anna andiangi dipeDuli lao di awaJikaŋ di’o? PaDahal hikimana pole di awaJikaŋ mappoGau’ qishaas di’o sittengani appalaŋna puasa, iyamo mala’ai ita’ di’e minjari’i tau takwa.

Again, what is our attitude towards it? Are we ready to obey it? Or, just ignore it and don't care about these obligations? Even though the wisdom of carrying out qishaas is also the same as fasting, this is so that we become pious people.

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَاْ أُولِيْ الأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿١٧٩﴾

Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa” (QS Al Baqarah: 179).

Anna di lalaŋ qishash di’o diaŋ atuoaŋ di sesemu, E todiaŋ akkalanna mamoare’o takwa (QS Al Baqarah: 179).

There is life for you in retribution, O you who possess intellects! Maybe you will be Godwary! (Surah Al Baqarah: 179).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketika Allah subhanahu wa ta’ala mengharamkan riba, apakah kita sudah benar-benar meninggalkannya? Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam QS. Al-Baqarah 275:

Di wattunna Allah subhanahu wa ta’ala mappaharani disanga riba, pura tongambandimotau mappendalingai? Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala marrappe di lalang QS. Al-Baqarah 275:

When Allah subhanahu wa ta'ala forbids usury, have we really left it? Allah subhanahu wa ta'ala says in Surah Al-Baqarah 275:

وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا ﴿٢٧٥﴾

“..padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”.

“..Anna Puaŋ Allah Taala pura mahallallakaŋ ma’balu’ anna mahharangaŋ riba”.

“..While Allah has allowed trade and forbidden usury”.

Bunga yang sekarang ini dikenakan pada setiap transaksi utang-piutang itu sesungguhnya salah satu bentuk riba, sebagaimana sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Bunga dite’e napaDiangi diwattu diaŋ pattando anna pattarimangaŋ anna sitongattonganna anu bassa di’o riba sangana, mi’apa napalambi’ Suro shallallahu ‘alaihi wa sallam:

The interest on money that is currently charged on every transaction on debt is actually a form of usury, as the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ مَنْفَعَةً فَهُوَ رِبَا (بغية الحارث - ج 1 / ص 142)

“Setiap utang-piutang yang menghasilkan manfaat adalah riba”.

Di mesa-mesa pattando anna pattarimangan iya dilalanna diang acoaŋ iyamo riba”.

“Every debt that produces benefits is usury”.

Sekali lagi, apakah kita benar-benar telah meninggalkan larangan Allah subhanahu wa ta’ala itu?

Pissappa, dipelei tongambandimo anu napusara Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala di’o?

Once again, have we really left the prohibition of Allah subhanahu wa ta'ala?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Itulah sedikit contoh perintah dan larangan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Jujur saja, saat ini kita menyaksikan masih banyak perintah Allah subhanahu wa ta’ala yang belum diamalkan. Berbagai larangan Allah malah dilanggar, terutama syariah Islam yang berkaitan dengan pengaturan kehidupan bermasyarakat dan bernegara, baik dalam bidang pemerintahan, ekonomi, sosial, hukum pidana, pendidikan, politik luar negeri dsb.

Iya di’e sicco’ contona pesio anna pepusara pole di Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala. Jujurmitau, dite’e di’e ditami mai’di duai pesio-Na Allah subhanahu wa ta’ala iya andiŋpa di ammalkan. Marrupa-rupa pepusara-Na Puaŋ tulu’ dilanggar, kamenaŋ utama rapaŋ syarea’ Asallangaŋ di atoraŋ lao pakkappuŋ anna pa’banua, mau di lalaŋ pemerintahaŋ, ekonomi, sosial, hukum pidana, pendidikaŋ, politi’ saliwaŋ kappunna tau, mai’di laeŋna.

Those are some examples of commands and prohibitions from Allah subhanahu wa ta'ala. To be honest, at this time we see that there are still many commands of Allah subhanahu wa ta'ala that have not been put into practice. Various prohibitions of Allah have been violated, especially Islamic sharia relating to the regulation of social and state life, both in the fields of government, economics, social affairs, criminal law, education, foreign policy and so on.

Belum diamalkannya syariah Islam secara kaffah dalam kehidupan kita inilah yang menyebabkan kehidupan kaum Muslimin saat ini terpuruk, terjajah, hancur dan tertindas. Saudara-saudara kita di Palestina, Syiria, Iraq, Xinjiang, Rohingya, Thailand Selatan, Filipina Selatan dan sebagainya, menderita karenanya.

Apa’ di andiaŋnapa diammalakaŋ syarea’ Asallangaŋ lao di inggannana tama di atuo-atuoaŋta di’e massuruŋ atuoaŋna to Sallaŋ dite’e terpuru’, tiJaJa, accur anna tilesa-lesa’. Lulluare-lulluare’ta dio di Palestina, Syiria, Iraq, Xinjiaŋ, Rohingya, Thailand Salataŋ, Filipina Salataŋ, anna laeŋna lao, mirundu-rundu pa’mai’i.

It is the unpracticed Islamic sharia in our lives that has caused the lives of Muslims today to be slumped, colonized, destroyed and oppressed. Our brothers and sisters in Palestine, Syria, Iraq, Xinjiang, Rohingya, Southern Thailand, Southern Philippines and so on, suffer from it.

Di Indonesia, kehidupan kian berat. Harga-harga kebutuhan pokok naik. Pendidikan mahal tapi kualitasnya rendah. Kekayaan alam kita dikeruk dan dikuras habis oleh korporasi-korporasi asing dan lokal. Kesehatan makin mahal. Pergaulan pemuda dan pemudinya semakin rusak, korupsi kian merajalela, kerusakan lingkungan semakin parah, dan sebagainya.

Dini Indonesia, atuoaŋ tamba mawe’i. Allinna anu naparalluang to dio paceko mindai’ topa. Biayana to massikola masuli’ anna rendai kualitasna. Issinna lita’ na’alai anna nacappu’i to korporasi aseŋ anna lokal. Biayana ruma saki’ tamba masuli’. Pissammuaneaŋ tommuane anna toBaine tamba aDae’, to korupsi tamba minggala-gala, aDaeaŋna pa’banua minjari-jari toi, mae’di laeŋna.

In Indonesia, life is getting tougher. Prices of basic necessities rose. Education is expensive but low quality. Our natural wealth is dredged and drained by foreign and local corporations. Healthcare costs are getting more expensive. The association of young men and women is getting worse, corruption is getting more rampant, environmental damage is getting worse, and so on.

Pangkal keterpurukan ini adalah karena umat Islam telah banyak menyimpang dari aturan Allah subhanahu wa ta’ala atau berpaling dari Al-Qur’an. Keadaan itu telah diterangkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS Thaha 124:

Iya masssurungaŋ aDaeangaŋ di’e, iyamo, apa’ to Sallaŋ mae’di’i to menyimpaŋ pole di atoraŋ-Na Allah subhanahu wa ta’ala atau mippondo’i pole di Koro’aŋ. Anu bassa di’e purami narappe Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala di lalang QS Thaha 124:

The origin of this downturn is because Muslims have deviated a lot from the rules of Allah subhanahu wa ta'ala or turned away from the Qur'an. This situation has been explained by Allah subhanahu wa ta'ala in Surah Taha 124:

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكاً وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى ﴿١٢٤﴾

“Siapa saja yang berpaling dari peringatan-Ku maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit dan Kami akan mengumpulkan dia pada Hari Kiamat nanti dalam keadaan buta…”.

“Anna inai mippondo’ di pappaingara’-U, jari sitongaŋna atuoanna sippi’, anna Iyami’ na mapasirumungi di allo kiama’ buta..”.

“But whoever disregards My remembrance, his shall be a wretched life, and on the Day of Resurrection We shall raise him blind…”.

Dan yang sangat mengkhawatirkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan bahwa setiap penyimpangan terhadap syariah Islam akan menyebabkan turunnya azab dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Anna iya ta’lalo mipamasara, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam naGambarkani bahwa di mesa-mesa penyimpangaŋ lao di syarea’ Asallangaŋ namappasurungi polena aSab di Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala.

And what is very worrying, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam described that any deviation from Islamic sharia will lead to the descent of punishment from Allah subhanahu wa ta'ala.

إِذَا ظَهَرَ الزِّنَا وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ ، فَقَدْ أَحَلُّوا بِأَنْفُسِهِمْ عَذابِ اللهِ

“Apabila zina dan riba telah merajalela di suatu negeri, berarti penduduk negeri tersebut telah meminta Allah untuk menurunkan azab bagi mereka” (HR. Al-Hakim).

“Mua’ diaŋ pappanga’diŋ anna riba minjari mallinruŋmi dio mesa kappuŋ, berarti iya di’o pakkappuno pura miraumi lao di Allah Ta’ala napaturuŋ aSab lao di sesena” (HR. Al-Hakim).

“If adultery and usury are rampant in a country, it means that the people of that country have asked Allah to send down punishment for them” (Narrated by Al-Hakim).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Karena itu, mari kita jadikan bulan Syawwal ini sebagai momentum untuk membuktikan diri, bahwa kita adalah umat yang layak dan berhak untuk disebut sebagai umat yang bertakwa di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala. Yakni, umat yang siap melakukan perjuangan besar sehingga terwujud perubahan dunia.

Jari, inggai dipaJari di’e bulaŋ Syawwal-e minjari wattu untu’ mappipilattoaŋ bataŋ alaweta, ma’uaŋ, ita’ di’e iyamo umma’na iya laya’ anna berha’ toi tau disanga umma’ iya takwa lao di Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala. Iyamo, umma’ iya saDia mappoGau’ perjuangaŋ kaemborro’ sehingga diaŋ perubahaŋ dunia (lino).

Therefore, let's make this month of Shawwal a momentum to prove ourselves, that we are a worthy people and have the right to be called a pious people before Allah subhanahu wa ta'ala. Namely, people who are ready to make a big struggle so that world change can be realized.

Yaitu, perjuangan untuk mengubah keadaan dunia yang sebelumnya jauh dari aturan Islam, berubah menuju keadaan yang tunduk dan patuh pada aturan Allah subhanahu wa ta’ala. Inilah perubahan besar dunia menuju diterapkannya syariah Islam secara kaffah, sebagaimana yang diinginkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Bukankah Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 208?

Iyamo, perjuangaŋta’ untu’ ma’uBa ke’aDa’anna di’e lino di pura mai iya karao pole atoraŋ Asallangaŋ, beruBai lao di ke’aDa’an iya tunru’ anna patu toi lao di atoraŋ-Na Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala. Iyamo di’e perubahaŋ kaemborro’na lino tipolo lao dipoGau’na syarea’ Asallangaŋ kaffah, tiapa iya napoelo’ Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala. Andiattoi Allah Ta’ala ma’uaŋ di lalaŋ QS. Al-Baqarah: 208?

The struggle to change the state of the world which was previously far from Islamic rules, has turned into a state of submission and obedience to the rules of Allah subhanahu wa ta'ala. This is a major change in the world towards the implementation of Islamic sharia in a kaffah manner, as desired by Allah subhanahu wa ta'ala. Allah says in Surah Al-Baqarah: 208?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ ﴿٢٠٨﴾

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syetan. Sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagimu”.

“E inggannana to matappa’, pittamamo’o di Sallaŋ (mattonga-tongaŋ), anna da pappiccoe’i setaŋ. Anna sitongaŋna setaŋ bali mannassa di sesemu”.

“O you who have faith! Enter into submission, all together, and do not follow in Satan’s steps; he is indeed your manifest enemy”.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II KATO’BA MADA’DUA SECOND KHUTBAH

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post