Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEKEJAMAN ISRAEL TAK BISA DIHENTIKAN  HANYA DENGAN KECAMANAMATOYOANNA ISRAIL ANDIANI MALA

KEKEJAMAN ISRAEL TAK BISA DIHENTIKAN HANYA DENGAN KECAMANAMATOYOANNA ISRAIL ANDIANI MALA

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ‏

(QS al-Anfal [8]: 72)

Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah, yang masih memberikan kesempatan kita meraih amal terbaik di bulan mulia, Ramadhan. Shalawat dan salam semoga Allah senantiasa curahkan kepada baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (inggannana pappuji na’appunnai Puang Allahu Ta’ala), mirau sukkuri tau lao di Puang Allahu Ta’ala, Puang iya miwengandua kesempatan untu’ namallolongan amal kamenang macoa di bulang mala’bi’e, Ramadhan. Shalawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase-Na lao di baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Taatlah kepada-Nya. Jauhi segala larangan-Nya, baik dalam keadaan suka maupun duka, sempit maupun lapang. Ingatlah, takwalah yang akan menyelamatkan kita di dunia dan akhirat kelak.

Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allah Ta’ala. Tundu’o lao di Puang Allahu Ta’ala. Piakaramboi inggannana larangan-Na, baik dalam keada’an mario maupun masara, sippi’ maupun maloang. Ingngarani, sangga’ takwapa tu’’u mala mipasalama’ dini di lino lambi’ di ahera’ manini.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Saat kita menjalankan puasa Ramadhan, tarawih bersama, berkumpul dengan keluarga, berbahagia dengan hidangan berbuka, saudara-saudara kita di Palestina dianiaya oleh tentara Israel beberapa waktu lalu. Puluhan tentara menyerbu Masjidil Aqsha, masjid kita umat Islam pada saat umat Islam sedang menjalankan shalat tarawih di sana. Saudara-saudara kita ditembaki, dilempari granat kejut, gas air mata, dipukuli, agar keluar dari masjid tersebut.

Diwattutta’ mappogau puasa Ramadhan, tarawe siola-ola, sirumu-rumung tau lao keluarga, mario tau dengan berbuka, naiya lulluare’ta’ dio di Palestina nagau’ bawangi tentara Israel di wattu beberapa mai. Mappulo tentara maserbui masigi aqsa, masigitta’ umma’ Salang di wattunna umma’ Sallang mamanyai mappogau’ sambayang taraweh lai’. Naiya lulluare’ta’ natemba’i, natimbei grana’ atiwikeang, gas uai mata, nanu’i, supaya missuni di masigi indio.

Sungguh ini kebrutalan Israel yang ke sekian kalinya. Musuh Allah ini tak lagi memandang siapa yang dihadapinya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun disikatnya. Tak ada lagi rasa kemanusiaan di otak mereka.

Sitongattonganna iya di’e brutal sannali Isra’el pimmae’di sannalmi. Iya di’e musunna Allah ta’alae andiani mattangngar mau inai napi’oloi. Tania sanga’ to dewasa, nana’eke nala toi. Jari nandiangmo rasa kemanusiaan di ota’na.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Apa balasan atas tindakan keji Israel ini? Tidak ada! Hanya kecaman demi kecaman. Pemimpin negeri-negeri Muslim hanya ngomong doang, tanpa ada gerakan apapun. Di balik itu, mereka bergandeng tangan dengan Zionis Israel.

Apa balasanna pole di panggauang andiang macoa Isra’ele? Nandiang! Hanya ancaman pole ancaman. Naiya punggawana negeri to Sallang sangga’ mappau tappa’i, nandiang to’o gerakanna. Di bali’ iya di’o, siolai/sirendeng limai anna Zionis Israel.

Lihatlah, tahun lalu Turki makin meningkatkan hubungannya dengan Israel dengan menambah ekspornya. Demikian pula Arab Saudi dan Indonesia menjadi mitra dagang Israel. Negari-negari Muslim seperti Uni Emirat Arab, Mesir, Maroko, Sudan, Bahrain dan Yordania malah menormalisasi hubungan diplomatiknya dengan Israel.

Pi’itao, taung lalu Turki pale-pale mindai’i hubunganna dengan Israel anna mattamba esporna. Tipatengattoi Arab saudi anna Indonesia minjari solana ma’dagang Israel. Naiya negeri to Sallang rapang Uni Emirat Arab, Mesir, Maroko, Sudan, Bahrain anna Yordania mala napamacoai hubungan diplomatikna dengan Israel.

Bukankah ini pengkhianatan? Mereka lupa dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Taniia to’o di’e disanga penghiatane? Naluppei pau-paunna Puang Allahu Ta’ala:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul serta jangan pula kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepada kalian, sedangkan kalian tahu (TQS al-Anfal [8]: 27)

Da mie’ hiana’ lao di Puang Allah Ta’ala anna Suro (Muhammad) anna da to’o mahhiana’i amanat-amanat iya di beio, anna muissangi mie’ (TQS al-Anfal [8]: 27).

Mereka juga seperti tidak pernah membaca firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Rapang andiangtoi rua mambaca Koroangna Puang Allah subhanahu wa ta’ala:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُوْدَ وَالنَّصٰرٰٓى اَوْلِيَاۤءَ ۘ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ مِّنْكُمْ فَاِنَّهٗ مِنْهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menjadikan kaum Yahudi dan Nasrani sebagai kawan bagi kalian. Sebagian mereka adalah kawan bagi sebagian yang lain. Siapa saja di antara kalian menjadikan mereka sebagai kawan, sungguh dia termasuk golongan mereka. Sungguh Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zalim (TQS al-Maidah [5]: 51).

E inggannana to matappa’, da mie’ pa’ala Yahudi anna Nasrani menjari pangulummu, sambareangi ise’iya diang menjari pangulu di laengna, anna inai-inai ma’ala ise’iya menjari pangulu, jari sitongangna tau di’o mettamai di golonganna. Sitongangna Puang Allah Ta’ala andiangi mambei patiroang lao di to ta’lalo pagau’bawang (TQS al-Maidah [5]: 51).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Ketahuilah, haram hukumnya berhubungan dengan Israel, negara kafir harbi fi’l[an]. Mereka secara nyata telah memerangi kaum Muslim. Kebiadaban dan kebencian Israel terhadap kaum Muslim sudah begitu terbuka.

Pi’issanni’i, harani hukumna siwali-wali lao Isra’el, negara kafir harbi fi’l[an]. Nyata toi mapperangi’i to Sallang anna naiya panggauwang abiadabanna Israel lao di to Sallang purami tiwua.

Haram bergandeng tangan dengan mereka. Yang wajib dilakukan adalah memerangi dan mengusir mereka. Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan:

Harani siola. Na iya waji’ dipogau’ adalah mambaliangi anna marrimbai. Puang Allah subhanahu wa ta’ala misioi:

وَقَاتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗ

Perangilah oleh kalian di jalan Allah orang-orang yang memerangi kalian, (tetapi) janganlah kalian melampaui batas... (TQS al-Baqarah [2]: 190).

Anna musu’i mie’ di tangalalangna Puang Allah Ta’ala to mammusu’io mie’, anna da mie’ mambulallo atorang... (TQS al-Baqarah [2]: 190).

Ingatlah, Allah subhanahu wa ta’ala juga memerintahkan untuk mengusir siapapun yang telah mengusir kaum Muslim:

Ingarani, naiya Puang Allah subhanahu wa ta’ala mapperintahkani untu’ ma’usir mau inai iya pura narimba to Sallang:

وَاقْتُلُوْهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوْهُمْ وَاَخْرِجُوْهُمْ مِّنْ حَيْثُ اَخْرَجُوْكُمْ

Perangilah mereka di mana saja kalian menjumpai mereka dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kalian (TQS al-Baqarah [2]: 191).

Anna patei ise’iya inna muengei siruppa’ ise’iya, anna rimbai ise’iya pole di engeang iya naengei ise’iya marrimbao mie’ (TQS al-Baqarah [2]: 191).

Inilah sikap kita yang dituntunkan oleh Allah dalam Al-Qur’an. Mereka telah merebut tanah umat Islam, maka balasannya adalah mengusir mereka dari tanah tersebut.

Iyamo di’e sikapta’e iya natuntung Puang Allahu Ta’ala lalang di Koro’ang. Nalai lita’na to Sallang, maka iya balasanna adalah dirimba toitia.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Selain itu, umat Islam, terutama para pemimpin negeri Islam, wajib memberikan pertolongan kepada saudara seiman. Inilah sikap yang harus ditunjukkan untuk memenuhi perintah Allah subhanahu wa ta’ala:

Selain iya di’o, umma’ Sallang, terutama para pemimpinna di’e kappune, waji’i mappiwengan pattulungan lao di lulluare’ sitappa’na. Iyamo di’e panggauwang iya harus dipipitiroiang untu’ mappogau’ perintahna Puang Allah subhanahu wa ta’ala:

وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ

Jika mereka meminta pertolongan kepada kalian dalam (urusan pembelaan) agama maka kalian wajib memberikan pertolongan... (TQS al-Anfal [8]: 72).

Anna iya tia mua’ diangi ise’iya merau tulung mating di na mambela (mappecoai) agama, jari waji’mo’o mattulung disaliwangna di to iya pura diang talli’ di sesemu mie’ anna di sesena ise’iya... (TQS al-Anfal [8]: 72).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyatakan haramnya menelantarkan nasib saudara seiman. Sabda beliau:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uantoi harani mattelantarkan nasib lulluare’ setappa’. Ma’uani:

‌الْمُسْلِمُ ‌أَخُو الْمُسْلِمِ، لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ

Seorang Muslim itu adalah saudara bagi Muslim yang lain. Ia tidak boleh menzalimi dan menelantarkan saudaranya (HR Muslim).

Iya di’o to Sallango lulluare’na to Sallang laeng. Andiani mala manggau’bawang anna andiang mapperhatikan lulluare’na (HR Muslim).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Ingatlah, persoalan Palestina adalah persoalan agama. Palestina adalah tanah kharijiyah, milik kaum Muslim. Kemudian kaum Muslim terikat dengan Perjanjian Umar (Al-‘Ahd al-Umariyyah) dengan kaum Nasrani Yerusalem. Perjanjian ini ditandatangani oleh Pendeta Sofronius dan Khalifah Umar bin al-Khaththab radhiallahu ‘anhu pada tahun 637 M. Di antara poin perjanjiannya adalah tidak mengizinkan kaum Yahudi lewat dan bermalam di Yerusalem. Mereka juga dilarang tinggal bersama warga Nasrani atas permintaan kaum Nasrani Yerusalem.

Ingarani, naiya persoalan Palestina adalah persoalan agama. Iya di’o Palestinao adalah lita’ kharijiyah, na’appunnai to Salllang. Kemudian to Salllang terika’i lao di perjanjianna Umar (Al-‘Ahd al-Umariyyah) anna to Nasrani Yerusalem. Iya di’e perjanjiane natandatangani’i Pendeta Sofronius anna Khalifah Umar bin al-Khaththab narioi Puang Allahu Ta’ala wattu taugn 637 M. Diantara poin perjanjianna adalah andiani nalorang kaum Yahudi lewa’ anna mottong di Yerusalem. Napuusara toi mottong siola warga Nasrani pole di piraunna to Nasrani Yerusalem.

Maka ingatlah pesan Nabi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Jari ingarani pappasanna Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uang:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Perumpamaan kaum Mukmin dalam hal saling mengasihi, mencintai dan menyayangi itu bagaikan satu tubuh. Jika ada salah satu anggota tubuh yang sakit maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan demam (turut merasakan sakitnya) (HR al-Bukhari dan Muslim).

Perumpama’anna to Sallang dalam hal saling ma’asayanni rapang le’ba’i mesa tubuh mua’ diang sala mesanna anggota tubuh diang monge’ maka ingggannana tubunna miccoe’i tijagai anna demam (marrasai monge’na) (HR al-Bukhari dan Muslim).

Lupakah kita dengan pesan beliau:

Diluppeidi pappasanna:

لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ قَتْلِ مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ

Hilangnya dunia lebih ringan bagi Allah dibandingkan dengan terbunuhnya seorang Mukmin tanpa alasan yang haq (HR Nasa’i).

Pa’dana lino lebih maringngani di sesena Puang Allah Ta’ala dibandingkani dengan tipateinna to Sallang Matappa’ tanpa alasan iya tongang (HR Nasa’i).

Semestinya para penguasa malu, dengan sikapnya. Lihatlah Amerika dan Eropa berbondong-bondong menolong Ukraina karena diserbut Rusia, tanpa peduli kata PBB dan dunia. Mengapa pemimpin negeri Muslim diam saja? Bagaimana mereka nanti mempertanggungjawabkan di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala?

Semestinna iya di’o penguasao masiri’i, dengan panggauangna. Pi’itao Amerika anna Eropa sirumu-rumung/siola-ola mattulung Ukraina karena naserbui Rusia, tanpa napindalingai pau-paunna PBB anna lino. Mangapai pemimpin negara to Sallang andiani lawe-laweangan? Miapa tomi tia mamingi mappertanggung jawabkan di olona Puang Allah subhanahu wa ta’ala? []

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Indonesia-Mandar

KHUTBAH II Kato’ba II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post