Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
PUNGGAWA WAJII DIPECCOEI ANNA DIPAINGARANI

PUNGGAWA WAJII DIPECCOEI ANNA DIPAINGARANI

PEMIMPIN WAJIB DITAATI DAN DINASIHATI

punggawa waji"i dipeccoe"i anna dipaingarani

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ

لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَّعَدْلًاۗ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمٰتِهٖ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Telah sempurna kalimat Tuhanmu (Al-Qur’an) dengan (mengandung) kebenaran dan keadilan. Tidak ada (seorang pun) yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS Al-An’am [6]: 115). Anna sukku’mi paunna Puangmu (Koro’ang) iya pau tongang (parua) anna adil, andiang-diang mala maappinra paun-Na anna Iya (Puang Allah Taala) Masarro Pairrangngi na Paissang. (QS Al-An’am [6]: 115).

Alhamdulillah, sungguh Dia-lah yang telah memberikan rezeki setiap hari kepada seluruh makhluk di muka bumi ini, termasuk kita semua, tanpa kita memintanya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, sitongattonganna Puang pura mappiwengan dalle’ tuttu allo lao di inggannana mahluq dini di linoe, termasui ita’ iyanasanna, mau tandiperau. Salawa anna beresalang mamuare’i simata lolongi pammase lao pangulunna seuseuwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Marilah kita terus berusaha meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan menerapkan seluruh syariah Islam, baik yang terkait dengan urusan pribadi, masyarakat, maupun negara. Haram hukumnya kita memilah dan memilih syariah Islam sesuai dengan hawa nafsu kita. Yang enak dilaksanakan, yang tidak menguntungkan ditinggalkan.

Inggai simata berusaha tarrusi tau ditingkatkani rasa rakke’ta lao di Puang Allahu Ta’ala anna dipogaui inggannana sayarea’ Asallangan, bai’ terkai’ masala urusan alaweta’, masyaraka’, maupun negara. Harani hukumna mua’ mambare-ware anna mappimilei syare’ana Asallangan iya sesuai hawa napsutta’. Anu manyamang dipogau’i, anna anu andiang mipasumaro dipelei’i.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Mauani Puang Allahu Ta’ala di lalang di koroang mala’bi’-Na:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ

Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kalian kepada Allah, dan taatlah kalian kepada Rasul serta ulil amri (pemimpin) kalian (TQS an-Nisa’ [4]: 59).

E inggannana to matappa’, turu’i mie’ Puang Allah Taala anna turu’i mie’ Suro-Na, anna pangulu (to mapparenta) di sesemu mie’ (TQS an-Nisa’ [4]: 59).

Ayat ini sering diarahkan kepada rakyat agar menaati pemimpin atau penguasa mereka. Rakyat dilarang membangkang terhadap titah penguasanya, apapun perintah penguasa itu. Pertanyaannya, benarkah seperti itu?

Iya die aya’e masahoroi minjari parromang (pengarah) lao di pa’banua mamuare’i maule’i punggawa atau pangulunna. Naiya pa’banua napusarai massakka’ pesiona pamarentana, maumo apa pesiona. Pittuleanna, tongambandi iya rapang ditingo?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Mari kita lihat pendapat para ulama atas ayat itu. Imam Abu Zahrah menyatakan, sebagian ulama berpendapat bahwa ulil amri adalah para ulama ahli fiqih yang mampu menggali hukum. Adapun menurut mayoritas ulama, ulil amri adalah para penguasa (al-hukkaam) dan ahlul halli wa 'aqdi, tetapi dengan dua catatan: (1) selama mereka Mukmin, artinya bukan penguasa kafir; (2) selama mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya, yang ditandai dengan menegakkan keadilan dan tidak melanggar hukum-hukum-Nya (Lihat: Abu Zahrah, Zahrah at-Tafaasiir, hlm 1727-1728).

Inggai dipi’illani apa napau di para ulama’ pole di aya’ digena’o. Ma’uani Imam Abu Zahrah, sebahagian ulama (panrita) ma’uani bahwa naiya disanga ulil amri, ulama’ ahli fiqih iya ma’ulle mattale’ atorang. Diang to’o menuru’ mai’di panrita, naiya disanga ulil amri, illao to panguasa (al-hukkaam) anna ahlul halli wa ‘aqdi, tetapi diang da’dua catatan, 1 (mammesana) selama orona to Matappa’, battuanna tania to panguasa kaper; 2 (mada’duanna) selamai tundu’i lao di Puang Allahu Ta’ala anna Suro-Na, iya natandai makke’deang disanga keadilan anna andiang toi manggau’ bawang atorang-atorang-Na Puang Allahu Ta’ala (Itai: Abu Zahrah, Zahrah at-Tafaasiir, hlm 1727-1728).

Dengan demikian ulil amri yang wajib ditaati dalam pemahaman syariah (mafhuum syar'i) bukan sembarang penguasa, melainkan penguasa yang memiliki dua kriteria utama, yakni: (1) Mukmin; (2) menegakkan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala atau selalu terikat dengan syariah-Nya. Ini ulil amri yang benar.

Jari, ulil amri iya waji’ dipiccoe’i di lalangna pahang syarea’ (mafhuum syar’i) tania sambarang pangulu, sanga’dinna punggawa iya ma’appunnai da’dua sipa’ utama, ya’ni, (1) To matappa’; (2) To iya makke’deang atorang-Na Puang Allahu Ta’ala atau to iya simata nala’banni atorang-Na Puang Allahu Ta’ala. Iyamo di’e disangae ulil amri kamenang tongan.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Benar bahwa pemimpin atau penguasa memiliki hak untuk ditaati oleh rakyatnya. Tapi ingat, pemimpin juga memiliki kewajiban, yakni wajib memimpin rakyatnya dengan adil. Dalam ayat sebelumnya An-Nisa’: 58, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Sitonganna memang paruai bahwa iya di’o pangulu atau panguasa ma’appunnai ha’ untu’ dipituru’i oleh pa’banua. Tapi ingarani, bahwa pangulu ma’appunnai toi awajikan, ya’ni waji’i mappunggawai ra’ya’na dengan adil. Dilanjutanna di’e aya’e, ma’uani:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ

Sungguh Allah memerintah kalian agar menyerahkan amanah kepada yang berhak menerima amanah tersebut, juga (memerintah kalian) jika kalian memutuskan hukum di tengah-tengah manusia agar kalian berlaku adil (TQS an-Nisa’ [4]: 58).

Sitonganna Puaang Allah Taala massio’o mie’ mappalambi’ amanah lao di tomaka mattarima. Anna (massio’o) mie’ mappato’ atoraang lao di rupa taau, malaai muatori ssiola adil (TQS an-Nisa’ [4]: 58).

Pertanyaannya, pemimpin yang adil itu seperti apa? Pemimpin yang adil itu adalah pemimpin yang memimpin berdasarkan Kitabullah (al-Qur’an) dan Sunnah Rasul-Nya. Jika tidak, pada dasarnya dia adalah pemimpin yang zalim dan fasiq. Bukankah Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Pittuleangna, inna di’o disanga punggawa iya adilo? Naiya disaga punggawa adil iyamo punggawa iya berdasarkani Kitabullah (Koro’ang Mala’bi’) anna Sunna’na Rasulullah. Mua’ tania, pada dasarna iyamo tu’u disanga punggawa panggau’ bawang anna to pase’. Andiang toi Puang Allah subhanahu wa ta’ala ma’uang di lalang Koro’ang Mala’bi’:

وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Siapa saja yang tidak memutuskan hukum berdasarkan wahyu yang telah Allah turunkan, mereka itulah kaum yang zalim (TQS al-Maidah [5]: 45).

Anna inai-inai andiang mapputus parakara me’apa iya napaturung Puang Allah Taala, jari ise’iyamo di’o to pagau’ bawang (TQS al-Maidah [5]: 45).

وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Siapa saja yang tidak memutuskan hukum berdasarkan wahyu yang telah Allah turunkan, mereka itulah kaum yang fasiq (TQS al-Maidah [5]: 47)

Anna inai-inai andiang mapputusi parakara me’apa iya napaturung Puang Allah Taala, jari ise’iyamo di’o to pase’ (TQS al-Maidah [5]: 47)

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Dengan demikian ketaatan kepada pemimpin atau penguasa sesungguhnya tidaklah mutlak. Tetap ada batasan. Apa batasannya? Tidak lain selama pemimpin atau penguasa tersebut menjalankan syariah-Nya. Imam al-Baghawi, saat menafsirkan Qur’an Surah an-Nisa’ ayat 59 tentang kewajiban menaati ulil amri, beliau menukil sebuah atsar bahwa Imam Ali bin Abi Thalib ra. pernah berkata:

Jari iya di’o disanga atunruang lao di pangulu atau pamarenta andiangi mutla’. Tatta’i diang batasanna. Apa batasanna? Nandiang laeng selama pangulu atau iya di’o punggawa mappogau’i sare’a-Na Puang Allahu Ta’ala. Nauwa Imam al-Baghawi, diwattunna mattapserei di’o Koroang Mala’bi’ Sura an-Nisa aya’ 59 tentang kewajiban mappeccoe’i ulil amri, ma’alai mesa atsar bahwa iya di’o Imam Ali bin Abi Thalib ra. ruai ma’uang:

حَقٌّ عَلَى اْلإِمَامِ أَنْ يَحْكُمَ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ وَ يُؤَدِّيَ اْلأَمَانَةَ فَإِذَا فَعَلَ ذَلِكَ فَحَقٌّ عَلىَ الرَّعِيَّةِ أَنْ يَسْمَعُوْا وَ يُطِيْعُوْا

Wajib atas pemimpin/penguasa untuk memutuskan semua perkara dengan hukum yang telah Allah turunkan (yakni al-Quran dan Sunnah) serta menjalankan amanah. Jika pemimpin/penguasa telah melakukan hal demikian, wajib atas rakyat untuk mendengar dan taat (Al-Baghawi, Ma’aalim at-Tanziil, 2/240).

Waji’i pole di punggawa untu’ namapputuskan inggannana perkara, dengan apa, dengan atorang iya pura napawarung Puang Allahu Ta’ala (ya’ni Koro’ang anna Sunna) anna mappogau’ amana. Jari mua’ diang pemimping purai mapogau tipatengan di’o, waji’i untu’ namappi’irranni’i anna turu’ toi (Al-Baghawi, Ma’aalim at-Tanziil, 2/240).

Ini sejalan dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Iya di’e sittangalalani mi’apa iya napau Suro shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلَوْ اسْتُعْمِلَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ حَبَشِيٌّ يَقُودُكُمْ بِكِتَابِ اللَّهِ فَاسْمَعُوا لَهُ وَأَطِيعُوا

Andai yang diangkat sebagai pemimpin kalian adalah seorang budak hitam Habasy, tetapi dia memimpin kalian dengan Kitabullah, maka dengar dan taatilah dia (HR an-Nasa’i).

Tenna’ iya na’akke’ sebagai punggawa-mu mie’ iyamo mesa buda’ malotong Habasy, tetapi punggawamu mie’ pemimpin iya tomittu’galang lao kitta’na Puang Allahu Ta’ala, jari pi’irranni’i anna turu’i toi (HR an-Nasa’i).

Dengan demikian pemimpin atau penguasa memang berhak untuk ditaati oleh rakyatnya. Namun, dia juga berkewajiban untuk memimpin rakyatnya dengan Kitabullah.

Jari iya di’o punggawao atau panguasao memang berha’i untu’ napiccoe’i lao di pa’banuanna. Namun, iya di’o pemimpino berkewajibang toi untu’ namapparenta lao di pa’banuanna dengan kitta’-Na Puang Allahu Ta’ala.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Sudah saatnya para ulama tidak hanya mengingatkan rakyat agar taat kepada penguasa, tapi mengingatkan pemimpin atau penguasa agar memimpin rakyat ini dengan Kitabullah (al-Qur’an).

Yakni dengan menerapkan dan menegakkan syariah Islam secara kaaffah dalam seluruh aspek kehidupan.

Na lambi’mi wattunna iya di’o inggannana para panritao andiang sangga’ mappaingarang lao di pa’banua supaya tunru’i lao di panguasa, tapi’ mappaingarani punggawa mamuare’i mappunggawai pa’banua dengan Koro’ang.

Ya’ni, dengan apa, ya’ni mappogau’ anna makke’deang syarea’ Asallangan di lalangna inggannana aspe’ atuo-atuoang.

Insyaallah, penguasa yang adil, yang menerapkan syariah Islam akan diikuti oleh rakyat. Diminta atau tidak diminta. Maka saatnya para ulama dan umat ini menasihati penguasa untuk taat kepada Allah. Jangan sembunyikan kebenaran, apalagi bermanis muka, menjilat penguasa. Ulama sejati tak akan pernah melupakan sabda Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Insyaalla naiya disanga panguasa iya adil, panguasa iya mappogau’ syarea’ Asallangan nanapeccoe’i manini pa’banua. Naperaui atau andiani naperau. Maka wattunnamo para panrita anna umma’ mappaingarang punggawa untu’ tunru’ lao di Puang Allahu Ta’ala. Da pambuniang atonganan, apalagi mappamammis rupa, mappasannang atau ma’ala sumaro dio di panguasa. Naiya disanga panrita sejati andiani rua ma’aluppei pau-paunna nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam mauang:

أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ حَقٍّ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ

Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran di hadapan penguasa zalim (HR an-Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad). []

Naiya disanga jiha’ kamenang mala’bi’ iyamo mappalambi’ atonganang dio di olona panguasa panggau’ bawang (HR an-Nasa’i, Ibnu Majah anna Ahmad).

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II KATO’BA II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post