Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
RASULULLAH SAW DIALA CONTO MAURUSMAPPASILOLONGAN NEGARA

RASULULLAH SAW DIALA CONTO MAURUSMAPPASILOLONGAN NEGARA

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُوْنَ حَتّٰى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوْا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

(QS an-Nisa’ [4]: 65).

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta’ala atas limpahan rahmat dan barakah-Nya. Sungguh nikmat-Nya tiada terkira, tak sanggup kita hitung jumlahnya. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan kepada junjungan alam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamduliallah (naiya pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala), mappuji anna merasa sukkuri tau lao di Puang Allahu Ta’ala Puang Mapaccing atas limpahan pammase anna barakka’-Na. Sitongattonganna iya di’o pappenyaman-Nao andiani mala dikira-kira, tandiulle toi mambilang jumlana. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase lao di pangulunna alang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, thanks to Allah subhanahu wa ta'ala for the abundance of His mercy and blessings. His blessings are immeasurable, we cannot count the number. Shalawat and salaam may always be poured out on the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Bertakwalah kepada Allah di mana pun berada: اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ . Sungguh, inilah bekal terbaik bagi manusia kelak ketika menghadap Allah subhanahu wa ta’ala. Terlebih saat ini bulan Ramadhan, bulan penuh barakah, saatnya kita mendekat dan menjemput rahmat-Nya.

Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala mau inna muoroi: اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ. Sitongattonganna, iyamo dio piwongan kamenang macoa di sesena rupa tau manini diwattunna nami’oloi tau lao di Puang Allah subhanahu wa ta’ala. Apalagi dite’e di’e di bulang Ramadhan, bulang mae’di barakka’, wattunnamo ita’ di’e miakadeppu’i tau anna marromai pammase-Na.

Fear Allah wherever you are: اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ . Indeed, this is the best provision for humans later when facing Allah subhanahu wa ta'ala. Especially now that it's the month of Ramadan, the month full of blessings, it's time for us to approach and pick up His grace.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Bagi kita umat Islam, teladan yang terbaik adalah baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bukankah Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman:

Bagi ita’ di’e umma’ Sallane, conto kamenang iya macoa adalah Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam. Andiattoi Puang Allah subhanahu wa ta’ala purai ma’uang di lalang Koro’ang Mala’bi’-Na:

For us Muslims, the best example is the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. Has not Allah subhanahu wa ta'ala said:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

Sungguh bagi kalian, di dalam diri Rasulullah itu, terdapat suri teladan yang baik (TQS al-Ahzab [33]: 21).

Sitonganna diammi di (alawena) Rasulullah di’o akkacoerang iya macoa (TQS al-Ahzab [33]:21).

Indeed, in the Messenger of Allah you have an excellent example for whoever has hope in Allah and the Last Day, and remembers Allah often (Surah al-Ahzab [33]: 21).

Penggunaan kata uswah hasanah (teladan yang baik) dengan menggunakan isim nâkirah (indefinitif) mengandung pengertian umum. Artinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teladan yang baik dalam semua perkara.

Pengguna’anna di’e kata uswah hasanah (contoh kamenang macoae) anna mappakei isim nâkirah (indefinitif) mattambu’i battuang. Battuanna, naiya Nabitta shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah contoh kamenang macoa di lalanna inggannana perkara.

The use of the word uswah hasanah (good example) by using the isim nâkirah (indefinitive) contains a general meaning. That is, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam is a good example in all matters.

Maka sungguh aneh, jika ada seorang Muslim, pejabat negara hari ini yang menyatakan bahwa haram hukumnya mendirikan negara seperti yang dibentuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alasannya, negara yang dibentuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah tidak relevan karena sumber hukumnya dari Allah. Ia juga beralasan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah tidak ada dan tidak ada lagi wahyu yang turun, sedangkan persoalan baru terus berkembang. Oleh karena itu, kata dia, bentuk negara yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan.

Jari sitongattonganna mipoherani, mua’ diang to Sallang, pejaba’ negara dite’e mamanyae ma’uang bahwa harani makke’deang disanga negara mi’apa iya napapia Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alasanna, iya di’o negara napapia Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam andiammi relevan apa’ sumber hukumna pole di Puang Allahu Ta’ala. Alasanna to’o, iya di’o Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam andiattomo diang wahyu iya mirrawung, sedangkan perso’alan baru semata berkembani. Jari, ma’uani, iya di’o bentu’ negara iya nalao nasesuaikani kebutuhan.

So it is really strange, if there is a Muslim, state official today who states that it is unlawful to establish a state like the one established by the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. The reason is that the state formed by the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam is no longer relevant because the source of the law is from Allah. He also reasoned, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam was gone and no more revelations were sent down, while new problems continued to develop. Therefore, he said, the chosen form of state was adjusted to the needs.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Kalau Anda paham ijtihad dan ilmu ushul fikih, pernyataan pejabat ini nyeleneh. Nyeleneh karena dia menolak untuk membentuk negara ala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, hanya karena saat ini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah tidak ada, dan wahyu Allah sudah tidak turun lagi sebagaimana saat beliau masih hidup.

Jari mua’ mupahani ijtihad anna ushul fiqih, iya di’o pernyata’anna pejaba’o andiani tongan, andiani tongan karena mattola’i mappapia negara sittengan Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam, hanya karena wattu di’o Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam andiammo diang, anna andiattomo wahyu mirrawung mi’apa iya tuo dua.

If you understand ijtihad and the science of ushul fiqh, this official's statement is odd. It's odd because he refuses to form a state like the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, just because the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam is now gone, and Allah's revelations have not come down again like when he was alive.

Ingatlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memang sudah tidak ada. Tapi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggalkan dua warisan berharga untuk dijadikan acuan dan rujukan dalam hidup, termasuk dalam kehidupan bernegara, sampai Hari Kiamat. Itulah al-Quran dan as-Sunnah. Keduanya wajib dijadikan pedoman hidup oleh kaum Muslim. Termasuk dalam bernegara. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Ingarani, memang Nabitta shallallahu ‘alaihi wa sallam andiammi diang. Tapi iya di’o Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam mappelei da’dua warisan iya berharga untu’ napayaari rujukan dilalang atuo-atuoane termasu’i dilalanna kehidupan negara, lambi’ lao di allo kiama’. Iyamo di’o Koro’ang anna Sunnah Nabitta’ saw. Jari keduana di’o waji’i dipayari pedoman hidup’i to Sallang. Termasu’i di lalanna bernegara. Ma’uani Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Remember, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam is no longer there. But the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam left two valuable inheritances to be used as references and references in life, including in the life of the state, until the Day of Judgment. That is the Koran and as-Sunnah. Both must be used as a way of life by Muslims. Included in the state. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ

Aku telah meninggalkan dua perkara. Kalian tidak akan pernah tersesat selama-lamanya jika kalian berpegang teguh pada kedua. (Kedua perkara itu) Kitabullah (al-Quran) dan Sunnah Nabi-Nya (al-Hadis) (HR Malik).

Iyau di’e purai upelei da’dua perkara. I’o mie’ andiano’o rua pusa selama-lamanya (tarrus) mua’ mittu’galang masse’ bando’o lao di da’dua perkarao ya’ni Kitabullah (Koro’ang Mala’bi’) anna Sunnah (Haddes) (HR Malik).

I have left two things. You will never be lost forever if you stick to both. (Both things) The Book of Allah (the Quran) and the Sunnah of His Prophet (al-Hadith) (Narrated by Malik).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, meski Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah wafat belasan abad lalu, beliau tetaplah teladan utama yang wajib diikuti oleh umat Islam sedunia sampai Hari Kiamat. Meneladani beliau tentu tak hanya dalam urusan ibadah ritual dan moral (akhlak) saja. Beliau juga wajib diteladani dalam semua aspek kehidupan: muamalah (ekonomi), siyâsah (politik), pemerintahan, sosial, hukum, peradilan, dan lain-lain).

Pi’issanni’i, meski Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam matemi belasan aba’ diolo’ mai, iya di’o Nabitta’o tatta’i dipayari contoh utama iya waji’ napiccoe’i umma’ Sallang dini di lino lambi’ lao di allo diwoe’. Mappiccoe’i Nabitta’ tantu andiani sangga’ urusan ibada ritual anna ahlak tappa’. Iya di’o Nabitta’o wajib toi dipiccoe’i di lalanna inggannana aspe’ atuo-atuoang: mu’amalah (ekonomi), siyâsah (politik), pemerintahan, sosial, hukum, peradilan, anna inggannana laenna lao.

Know, even though the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam had died a dozen centuries ago, he is still the main example that must be followed by Muslims around the world until the Day of Judgment. Following him, of course, is not only in matters of ritual and moral worship. He also must be followed in all aspects of life: muamalah (economics), siyâsah (politics), government, social, legal, judicial, and others.

Para ulama tidak berbeda pendapat tentang kewajiban mengikuti Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terdapat banyak nash al-Quran juga hadis yang memerintahkan kaum Muslim untuk menaati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah subhanahu wa ta’ala, misalnya, berfirman:

Inggannana para ulama’ andiani berpeda pendapa’ tentang kewajiban mappiccoe’i sunnahna Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mai’di sanna’i aya’ Koro’ang anna haddes iya mapperintahkan lao di to Sallang untu’ namappiccoe’i Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bassa, ma’uani Puang Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

The scholars do not differ in opinion about the obligation to follow the Sunnah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. There are many texts of the Qur'an as well as hadiths that command Muslims to obey the Messenger of Allah -peace and prayer of Allah be upon him. Allah subhanahu wa ta'ala, for example, says:

قُل إِن كُنتُم تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحبِبكُمُ ٱللَّهُ وَيَغفِر لَكُم ذُنُوبَكُم وَٱللَّهُ غَفُور رَّحِيم

Katakanlah, "Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (TQS Ali Imran [3]: 31).

Pa’uango’o (Muhammad): Mua’ i’o tongang ma’elo’i Puang Allah Taala, piccoe’omai di iyau, napominasai Puang Allah Taala maammaseio anna maadappangan dosa-dosamu. Puang Allah Taala Masarro Pa’dappang na Makkesayang (TQS Ali Imran [3]: 31).

Say, ˹O Prophet,˺ If you ˹sincerely˺ love Allah, then follow me; Allah will love you and forgive your sins. For Allah is All-Forgiving, Most Merciful.” (Surah Ali Imran [3]: 31).

Imam Ibnu Katsir mengomentari ayat ini: “Ayat yang mulia ini menilai setiap orang yang mengakui dirinya cinta kepada Allah, sementara sepak terjangnya bukan pada jalan yang telah dirintis oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai orang yang berdusta dalam pengakuannya, sebelum ia mengikuti syariah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan agama yang beliau bawa dalam semua ucapan dan perbuatannya.” (Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm, 2/26).

Nauwa Imam Ibnu Katsir nakomentari di’e aya’e: “iya di’e aya’ mala’bi’e mannilai setiap tau iya mappeccoe’i alawena ma’olo’i lao di Puang Allahu Ta’ala, sementara iya di’o kedo-kedonao tania tangalalang iya pura naola Nabitta’ Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai tau iya mappau andiang tongan di lalang pengakuanna, sebelum mappiccoe’i sare’ana Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam anna agama iya nawawa di lalanna inggannana pau-pau anna panggauwanna.” (Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm, 2/26).

Imam Ibn Kathir commented on this verse: “This noble verse judges everyone who claims to love Allah, while his actions are not on the path that has been pioneered by the Prophet Muhammad sallallaahu 'alaihi wa sallam, as a person who lies in his confession, before he follows the Shari'ah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam and the religion he brought in all his words and deeds." (Ibn Kathir, Tafsr al-Qur'ân al-'Azhîm, 2/26).

Imam Ibnu Katsir menukil sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Imam Ibnu Katsir ma’ala toi sabdana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uang: Imam Ibn Kathir quoted the words of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam:

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ Siapa saja yang melakukan suatu amal perbuatan yang bukan termasuk tuntunan kami, maka amalnya itu ditolak (HR al-Bukhari dan Muslim).

Inai-inai tau mappogau’ mesa panggauwang amal perbuatan anna tania termasu’ pipatudu’u, maka iya diting amalnao natola’i (HR al-Bukhari anna Muslim).

Whoever does a deed that is not included in our guidance, then his deed is rejected (Narrated by al-Bukhari dan Muslim).

Apa artinya? Membangkang Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dosa besar. Bahkan Allah subhanahu wa ta’ala menyebut para pelakunya hakikatnya tidak beriman sekalipun mereka mengklaim beriman (Lihat: QS an-Nisa’ [4]: 65).

Apa battuanna? Massakka’i sunnana Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam adala dosa keyang bahkan narappei Puang Allah subhanahu wa ta’ala iya di’o to mappogau’o hakikinna andiani matappa’ sekalipun nasangai alawena matappa’ (Itai: QS an-Nisa’ [4]: 65).

What does it mean? Disobeying the Sunnah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam is a major sin. Even Allah subhanahu wa ta'ala calls the perpetrators essentially non-believers even though they claim to believe (See: QS an-Nisa '4: 65).

Selain itu, ketahuilah, kita kaum Muslim juga diperintahkan untuk mengikuti sekaligus memegang teguh Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Sunnah Khulafaur-Rasyidin. Beliau bersabda:

Selain iya di’o, pi’issanni toi, ita’ di’e to Sallane naperintahkani untu mappiccoe’i sekaligus mittu’galang masse’ lao di sunnana Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam anna Sunnana Khulafaur-Rasyidin. Ma’uani saw:

In addition, you know, we Muslims are also commanded to follow and adhere to the Sunnah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam and the Sunnah of Khulafaur-Rashidin. He said:

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّيْنَ الرَّاشِدِيْنَ، تَمَسَّكُوْا بِهَا وَعَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

Wajib atas kalian berpegang teguh pada Sunnahku dan Sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Waji’o mie’ mittu’galang masse’ lao di Sunna’u anna Sunna Khulafaur Rasyidin iya mallolongan petunju’. Pittu’galang masse’o anna bokkoi naung ringemu mie’ (HR Ahmad anna Abu Dawud).

It is obligatory for you to stick to my Sunnah and the Sunnah of the guided Khulafaur Rashidun. Hold on tight and bite him with your molars (Narrated by Ahmad and Abu Dawud).

Di antara yang termasuk Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga Sunnah Khulafaur Rasyidin yang menonjol, adalah dalam kehidupan bernegara. Faktanya, pemerintahan atau negara yang dibangun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khulafaur Rasyidin bukanlah negara teokrasi (ketuhanan), demokrasi, kerajaan, dan lain-lain. Yang dibentuk oleh beliau adalah Daulah Islamiyah (Negara Islam) dengan beliau sebagai kepala negaranya. Konstitusinya berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah.

Di antarana iya termasu’ Sunnana Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam, tipatengattoi Sunnana Khulafaur Rasyidin iya manonjol, adalah di lalanna atuo-atuoangan bernegara. Paktana, naiya pemerintahan atau negara iya nabangun Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam anna siola Khulafaur Rasyidin tania tu’u negara teokrasi (ketuhanan), demokrasi, kerajaan, anna inggannana laenna. Naiya napapia Rasulullah adalah Daulah Islamiyah (Nagara Asallangan) anna iya tomo kapala negarana. Naiya konstitusinna berdasarkani Koro’ang anna Sunna-Haddes.

Among those included in the Sunnah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, as well as the prominent Sunnah of Khulafaur Rashidun, is in the life of the state. In fact, the government or state built by the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam and Khulafaur Rashidin is not a theocracy (divinity), democracy, kingdom, and others. What was formed by him was Daulah Islamiyah (Islamic State) and he was the head of state. Its constitution is based on the Koran and as-Sunnah.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Inilah yang mesti diperjuangkan oleh kaum Muslim semuanya. Kehidupan yang berpijak pada kontitusi ilahi, al-Quran dan Sunnah.

Iyamo di’e mesti naperjuangkan umma’ Sallang inggannana. Atuo-atuoang iya mittu’galang lao di konstitusi ilahi, Koro’ang Mala’bi’ anna Haddes.

This is what all Muslims should strive for. A life based on the divine constitution, the Koran and the Sunnah.

Berhati-hatilah terhadap para pemuja hawa nafsu, yang sok tahu tentang kehidupan ini. Ingatlah peringatan Allah:

E berhati-hati le’ba’o mie’ lao di to pemuja hawa napsu, iya simata so’ ma’issang tentang atuo-atuoangane. Ingarani pa’ingaranna Puang Allahu Ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

Beware of the lust worshipers, who are arrogant and think they understand the knowledge of this life. Remember Allah's warning:

وَلَوِ اتَّبَعَ الْحَقُّ أَهْوَاءَهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ بَلْ أَتَيْنَاهُمْ بِذِكْرِهِمْ فَهُمْ عَنْ ذِكْرِهِمْ مُعْرِضُونَ

Andai kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini dan semua yang ada di dalamnya. Bahkan Kami telah memberikan peringatan kepada mereka, tetapi mereka berpaling dari peringatan itu. (TQS al-Mukminun [23]: 71).

Tenna’ attongangan di’o matturu’i nassunna ise’iya, pasti accuri langi’ anna lino di’e, anna inggannana anu iya diang di lalanna. Sitonganna Iyami’ purami mambei ise’iya rasa akaiyangan, tapi’ mai’diangi ise’iya mippondo’ pole di rasa akaiyangan di’o (TQS al-Mukminun [23]:71).

Had the truth followed their desires,1 the heavens, the earth, and all those in them would have certainly been corrupted. In fact, We have brought them ˹the means to˺ their glory, but they turn away from it. (Surah al-Mukminun [23]: 71).

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II Kato’ba Paccappurang The 2nd Khutbah

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post