Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
REAL CHANGES ONLY WITH ISLAM

REAL CHANGES ONLY WITH ISLAM

Khotbah Jum'at (Indonesia-Mandar-English)

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

اَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُوْنَۗ وَمَنْ اَحْسَنُ مِنَ اللّٰهِ حُكْمًا لِّقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَ‏

(QS Al-Ma’idah [5]: 50)

Alhamdulillah, atas izin Allah, kita masih diberikan kenikmatan yang tak ternilai sehingga kita masih bisa melaksanakan shalat Jumat berjamaah, di tempat mulia ini, bersama dengan orang-orang insyaallah dimuliakan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (naiya pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala), sawa’ isinna Allah Ta’ala, ita’ die maladuapai miwengan pappenyamang iya andiang mala dinilai lambi’ ita’ di’e mala duapai mappogau’ sambayang ayuma’ secara berjama’ah, di oroang mala’bi’e, siola tau iya insyaallah napakala’bi’i Puang Allahu Ta’ala. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata napalolongi pamase-Na Puang Allahu Ta’ala lao di pangulunna alang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, with Allah's permission, we are still given invaluable pleasures so that we can still carry out Friday prayers in congregation, in this glorious place, together with people, God willing, Allah will glorify us all. Shalawat and greetings may always be devoted to the lord of nature, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Marilah kita terus berusaha meningkatkan takwa kita kepada Allah di tengah situasi dunia yang kian tua. Taati perintah Allah dan jauhi larangan-Nya. Ingatlah, hanya dengan takwa inilah Allah akan angkat derajat kita di sisi-Nya.

Jari inggai simata berusaha tarrusi tau di tingkatkani rasa akwata’ lao di Puang Allahu Ta’ala di tangngana di te’e linoe pale-pale’ matoa. Tundu’i tau lao di perinta-Na Puang Allahu ta’ala anna dipiakaramboi toi lao di anu nalarang. Ingarani, sangga’ rasa takwa laopa di Puang Allahu Ta’ala anna mala tiakke’ pangka’ta di sesena Allahu Ta’ala.

Let us continue to strive to increase our taqwa to Allah in the midst of an increasingly old world situation. Obey Allah's commands and stay away from His prohibitions. Remember, only with this taqwa will Allah elevate us to His side.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Kalau kita mau jujur menilai kondisi negeri ini, kondisinya sedang tidak baik-baik saja, bahkan kian terpuruk. Beragam persoalan membelit negeri ini; dari persoalan ekonomi, sosial, keamanan hingga politik.

Mua’ melo’i tau jujur mannilai ke’ada’anna negarata’e, ke’ada’anna andiani mamanya macoa, bahkan pale-pale’ mirrawung. Marrupa-rupa perso’alan marruai di’e negarata’e, pole di persoalan ekonomi, sosial, ke’amanan, lambi’ di politi’.

If we are honest about assessing the condition of this country, it is not doing well, it is even getting worse. Various problems convolve this country; from economic, social, security to political issues.

Utang negara hampir Rp 8.000 triliun. Pemberantasan korupsi malah makin lesu. Skandal keuangan Rp 341 triliun di Kementerian Keuangan, misalnya, sampai sekarang tidak ada titik terangnya. Undang-undang yang lahir seperti Undang-undang Cipta Kerja malah berpotensi merugikan rakyat. Di Papua, sudah 110 warga dan aparat jadi korban teroris OPM. Dan masih banyak lagi.

Inranna dite’e negarae hampiri 8.000 (arua lessorang) triliun rupiah. Pemberantasan korupsi malai pale-pale’ mundur/malassu. Kemudian skandal keuangan 341 (tallungngatus patappulo mesa) triliun rupiah dio di Kementerian Ke’uangan, lambi’ dite’e nandiang titik teranna. Naiya Undang-undang iya lahir rapang Undang-undang Cipta Kerja pale-pale’ berpotensi’i marrugi-rugi pa’banua. Di Papua, diangmo 110 (sangatus sappulo) warga anna aparat minjari korbang teroris OPM. Anna mai’di duapai.

The state debt is almost IDR 8,000 trillion. The eradication of corruption is even more sluggish. The Rp 341 trillion financial scandal at the Ministry of Finance, for example, has not yet come to light. Laws that were born such as the Job Creation Law actually have the potential to harm the people. In Papua, 110 residents and security forces have become victims of OPM terrorists. And many more.

Sebagian besar kita menyimpulkan, penyebab utama berbagai masalah ini adalah kepemimpinan. Logika yang diingat: ikan itu busuk mulai dari kepalanya. Maknanya, jika pemimpin rusak maka yang dipimpin juga akan ikutan rusak. Karena itulah setiap kali Pemilu digelar, semangat perubahan itu kembali muncul. Harapannya, pergantian pemimpin akan mengganti keadaan menjadi lebih baik.

Sebagiang kaeyangtoi ita’ massimpulkan, naiya massawa’i kamenang utama marrupa-rupa masa’alae adalah masalah apunggawang. Logika iya di’ingarang: iya di’o bauo bosi’i mulai diaya di ulunna. Battuangna, mua’ punggawa arae’i maka iya to napunggawai’i miccoe’ toi karae’. Jari tuttu’ di’o pemilu napogau’o, iya dio sumanga’ perubahano mimbali’ boi talle. Harapanna, naiya passisalleangna pemimping’o malai massallei ke’adaan minjari lebih macoa.

Most of us conclude that the main cause of these problems is leadership. Logic to remember: fish are rotten from the head. Meaning, if the leader is damaged then those who are led will also be damaged. That's why every time an election is held, the spirit of change reappears. The hope is that the change of leadership will change the situation for the better.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Sekilas logika itu masuk akal. Namun sebelumnya, mari perhatikan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Sekilas iya di’o logikao/pikkirano mittamai di akkal. Namun di boe’na di’o, inggai diperhatikani pau-paunna Puang Allahu Ta’ala:

At first glance that logic makes sense. But before that, let's pay attention to the words of Allah subhanahu wa ta'ala:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri (TQS ar-Ra’d [13]: 11).

Sitongangna Puang Allah Ta’ala andiang mappinra mesa kaum lambi’i iya topai tia diting kaum mappinra alawena toi tia (TQS ar-Ra’d [13]: 11).

Indeed Allah does not change a people’s lot, unless they change what is in their souls (Surah ar-Ra’d [13]: 11).

Ketahuilah, perubahan keadaan suatu kaum tentu tak hanya didasarkan pada perubahan (pergantian) pemimpin. Karena sekadar pergantian pemimpin jelas tidak menjamin kondisi negeri ini berubah menjadi lebih baik. Bukankah negeri ini bahkan makin memburuk walaupun telah berganti-ganti pemimpin?

Pi’issanni’i, naiya perubahan keada’anna mesa kaum tentu andiani sangga’ nadidasarkani lao di perubahan (passulleang) punggawa. Karena sekedar passulleang di’o punggawao mannassai andiani najamin ke’ada’anna negarata’ berubai minjari macoa. Tania to’o di’e negarata’e bahkan pale-pale’ arae’i mau pura massisulle-sulle punggawa?

You know, changes in the condition of a people are certainly not only based on changes (changes) of leaders. Because a mere change in leadership clearly does not guarantee that the condition of this country will change for the better. Isn't this country even getting worse even though it has changed leaders?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Semestinya kaum Muslim kembali merujuk pada analisis Al-Qur’an yang mengurai penyebab kerusakan umat manusia, yakni akibat meninggalkan aturan Allah subhanahu wa ta’ala. Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Semestinna to Sallang mimbali’i mi’olo lao di analisisna Koro’ang iya ma’urai passawa’ arusakanna umma’ paranna rupa tau, ya’ni akiba’ mappelei atorangna Puang Allahu Ta’ala. Ma’uani Puang Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koroang Mala’bi’-Na:

Muslims should return to referring to the analysis of the Qur'an which outlines the causes of human corruption, this is the result of abandoning the rules of Allah subhanahu wa ta'ala. Word of Allah subhanahu wa ta'ala:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (TQS ar-Rum [30]: 41).

Mannassa lattomi adaeang (arrusang) dio di pottana anna dio di sasi’ sawa’ panggauang limanna rupa tau, (Puang Allah Ta’ala melo’) mala’ai ise’iya marrasai sambareang pole di panggauangna, mamoare’i ise’iya membali’ lao (di tangalalang iya tongang) (TQS ar-Rum [30]: 41).

Corruption has appeared in land and sea because of the doings of the people’s hands, that He may make them taste something of what they have done, so that they may come back (Surah ar-Rum [30]: 41).

Maknanya, kata Syaikh Ali ash-Shabuni dalam tafsirnya, “Telah tampak beragam kerusakan dan malapetaka di daratan dan di lautan disebabkan oleh kemaksiatan dan dosa-dosa manusia.”

Battuangna, ma’uani Syaikh Ali ash-Shabuni di lalang tapsere’na, “Pura mannassai latto marrupa-rupa araeang anna awala’ di pottana anna di sasi nasawa’i a’dorakang anna dosa-dosana paranna rupa tau.”

The meaning, said Shaykh Ali ash-Shabuni in his commentary, "There have been various damages and calamities on land and at sea caused by human disobedience and sins."

Kemaksiatan dan dosa itu terjadi ketika manusia meninggalkan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala; melalaikan yang fardhu dan mengerjakan kemaksiatan. Inilah yang dikatakan oleh Al-Qur’an sebagai penyebab kerusakan di daratan dan di lautan.

Naiya a’dorakang anna dosao terjadi’i di wattunna paranna rupa tau mappelei’i disanga keta’atan lao di Puang Allahu Ta’ala Puang Mapaccing; takkelupa toi lao anu parallu anna mappogau’ toi disanga a’dorakang. Iyamo di’e napau di lalang Koro’ang sebagai passawa’na araeang dini di pottana maupun di sasi’.

Disobedience and sin occur when humans leave obedience to Allah subhanahu wa ta'ala; neglecting the fardhu and doing disobedience. This is what the Qur'an says is the cause of destruction on land and sea.

Selain itu, Allah subhanahu wa ta’ala juga menegaskan bahwa penyebab derita umat manusia adalah karena mereka berpaling dari Al-Qur’an.

Selain iya di’o nategaskan toi Puang Allah subhanahu wa ta’ala bahwa passawa’na disanga deritana umma’ paranna rupa tau adalah karena mappipondo’i pole di Koro’ang.

In addition, Allah subhanahu wa ta'ala also emphasized that the cause of human suffering is because they turn away from the Qur'an.

وَمَنْ اَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِيْ فَاِنَّ لَهٗ مَعِيْشَةً ضَنْكًا

Siapa saja yang berpaling dari peringatan-Ku, sungguh bagi dia penghidupan yang sempit (TQS Thaha [20]: 124).

Anna inai-inai meppondo’ pole di pappaingarangngu, jari sitongangna di sesena atuoang sippi’ (TQS Thaha [20]: 124).

But whoever disregards My remembrance, his shall be a wretched life, and on the Day of Resurrection We shall raise him blind.’ (Surah Thaha [20]: 124).

Imam Ibnu Katsir menjelaskan makna dari frasa ‘berpaling dari peringatan-Ku’ adalah: “menyelisihi perintah-Ku dan apa saja yang telah Aku turunkan kepada Rasul-Ku (yakni al-Qur’an); berpaling dari al-Qur’an lalu melupakannya dan (malah) mengambil selain al-Qur’an sebagai petunjuk.”

Najelaskani Imam Ibnu Katsir battuangna pole di kalima’ “mappipondo’i pole di pa’ingarang-U adalah massakka’i pesio-U anna apa saja iya pura uparawung lao di Suro-U (ya’ni Koro’ang); mappipondo’i pole di Koro’ang lalu ma’aluppei toi anna (bahkang) ma’ala selain Koro’ang sebagai petunju’.”

Imam Ibn Kathir explained the meaning of the phrase 'turning away from My warning' is: "differing from My commandments and whatever I have sent down to My Messenger (namely the Qur'an); turn away from the Qur'an and then forget it and (instead) take other than the Qur'an as a guide."

Apakah Anda tidak yakin dengan kebenaran Al-Qur’an? Bukankah Allah subhanahu wa ta’ala telah menunjukkan kepada kita bahwa akar persoalan umat hari ini adalah karena kita mencampakkan syariah-Nya yang kaaffah, dan malah mengambil aturan kehidupan yang lain, seperti sekulerisme-demokrasi di negeri ini.

Apakah andiano’o yakin pole dikebenaranna Koro’ang? Tania to’o Puang Allah subhanahu wa ta’ala purai mipatiroiang lao di ita’ bahwa uwake’ (dasarna) dite’e umma’ dite’e alloe adalah mappipondo’i syarea’-Na secara inggannana, anna mala toi ma’ala atorang atuo-atuoang laeng, rapang sekularisme-demokrasi di negarata’ di’e.

Are you not sure of the truth of the Qur'an? Hasn't Allah subhanahu wa ta'ala shown us that the root of the problems of the ummah today are because we abandoned His shari'ah which brings mercy, and instead adopted other rules of life, such as secularism-democracy in this country.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, berbagai kerusakan hanya mungkin diperbaiki saat pemimpin kaum Muslim menerapkan Islam secara total. Inilah perubahan hakiki yang mestinya jadi program setiap pribadi, kelompok, dan partai politik Islam. Bukan sekadar mengusung calon pemimpin Muslim, tetapi juga sekaligus mendorong pemimpin Muslim menerapkan syariah Islam secara kaaffah dalam seluruh aspek kehidupan. Bukan saja memilih siapa yang akan jadi pemimpin, tapi juga menentukan sistem kehidupan apa yang akan diterapkan; Islam atau selain Islam?

Pi’issanni’i, marrupa-rupai araeang sangga’ naulle napacoai diwattunna mappunggawai to Sallang matterapkan disanga Asallangan secara inggaana. Iyamo di’e disangae perubahan mannannungan iya semestinna minjari program setiap alawe, kelompo’, anna partai politi’ Asallangan tania sangga’ ma’usuni (ma’akke’) tau calong to Sallang tetapi sekaligustoi mandorong punggawa to Sallang matterapkan di sanga syarea’ Asallangan secara inggannana di lalangna aspe’ atuo-atuoang. Tania sangga’ mappimelei inai iya mala minjari punggawa manini, tetapi mattentukan toi sistim/cara atuoa-atuoang iya nanaterapkan, Asallangan atau selain Asallangan?

Know that various damages can only be repaired when Muslim leaders fully implement Islam. This is an essential change that should be the program of every individual, group and Islamic political party. It is not just promoting prospective Muslim leaders, but also at the same time encouraging Muslim leaders to fully implement Islamic sharia in all aspects of life. Not only choosing who will be the leader, but also determining what life system will be implemented; Islam or other than Islam?

Pertanyaannya: Maukah kita memutus akar persoalan yang telah menyengsarakan rakyat di negeri ini? Ataukah kita tetap akan terus berputar-putar dalam lingkaran setan persoalan dengan mencari solusi di luar Islam? Sekadar memilih pemimpin yang lagi-lagi enggan menerapkan Syariah Islam? Janganlah umat ini seperti si pandir yang kehilangan uang di tempat gelap, lalu dia mencari uang yang hilang itu di tempat terang. Tentu umat ini tidak akan pernah menemukan jawaban atas persoalan mereka.

Pittuleangna: melo’di tau marambu-rambu’ wake’ persoalan iya pura massessa pa’banua di negarata’e? Ataukah natiputar tarrusi di lalang lingkaran setang perso’alan anna ma’itai tangalalang di saliwang Asallangan? Sangga’ mappimile punggawa-punggawa iya andiang melo’ matterapkan Asallangan? Da le’ba’ iya di’e umma’e rapangi si pandir pa’da doi’na dio di oroang mapattang lalu naitai di’o doi’ pa’dao dio di oriang mawaya. Tentu iya di’e umma’e andiangi rua marruppa’ jawaban-jawaban pole di perso’alangna.

The question is: Do we want to break the root of the problem that has afflicted the people of this country? Or will we continue to spin in a vicious circle of problems by seeking solutions outside of Islam? Just electing leaders who are again reluctant to implement Islamic Sharia? Do not be like this ummah who loses money in a dark place, then he looks for the lost money in a bright place. Of course these people will never find answers to their problems.

Akhirnya, ingatlah pesan Imam Malik rahimahulLaah:

Paccappuranna, ingarani pappasanna annangguru Imam Malik to na’ammasei Puang Allahu Ta’ala:

Finally, remember the message of Imam Malik rahimahulLah:

لَنْ يُصْلِحَ آخِرَ هَذِهِ الأُمَّةِ إِلاَّ مَا أَصْلَحَ أَوَّلَهَا

Tidak akan pernah bisa memperbaiki kondisi generasi akhir umat saat ini kecuali apa yang telah terbukti mampu memperbaiki kondisi generasi awal mereka.

Andiani rua mala mappamacoai keadaanna generasi diwoe’ umma’ di te’e di’e sanga’dinna apa iya pura terbukti naulle mappamacoai ke’ada’anna generasi mindiolo.

Nothing will ever improve the condition of the last generation of the Ummah today except what has been proven capable of improving the condition of their first generation. []

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَq1مِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ilmu baru untuk kami...

19 May
Balas



search

New Post