Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
TATTAI MAPPATETTES ATETA MAOLA TANGALALANG DAWA

TATTAI MAPPATETTES ATETA MAOLA TANGALALANG DAWA

Indonesia-Mandar-English

KHUTBAH PERTAMA [KATO’BA PAMMULANG] FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

(QS Ali Imran [3]: 110)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang mempergilirkan siang dan malam. Yang Maha Kuasa atas seluruh isi alam. Yang Maha Tahu apa yang kita lakukan. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan kepada junjungan alam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, inggannana pappuji nappunnai nasangi Puang Allahu Ta’ala Puang iya mappasisulle allo anna bongi. Puang iya kuasa lao di inggannana issinna alallolisa. Puang iya ma’issang apa iya dipogau’. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolong pammase lao di pangulunna alang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, all praise belongs to Allah who rotates day and night. The Almighty over all the contents of the universe. who knows anything about what we do. Sholawat and salaam may always be poured out on the Messenger of Allah, sallallahu 'alaihi wa sallam.

Marilah kita terus berusaha meningkatkan takwa kita kepada Allah. Takwa yang dilandasi oleh pengabdian yang hakiki hamba kepada Khaliq. Memenuhi semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya tanpa sedikit pun kita berasa berat dan berkeluh kesah. Itulah takwa hakiki.

Inggai simata berusahai tau ditingkatkani rasa takwata lao di Puang Allahu Ta’ala. Takwa iya nalandasi abbatuatta’ (pengabdiatta’) secara hakiki, batuannaitau Allah Ta’ala Puang iya mappayari (Khaliq). Dipogau’i inggannana perinta-Na, dipiakaramboitoi inggannana anu nalarang Allah Ta’ala mau nasicco’na nadirasakang mawe’i anna masussa ate. Iyamo di’o disangao takwa hakiki.

Let's keep trying to increase our taqwa to Allah. Taqwa which is based on the true devotion of the servant to Khaliq. Fulfill all His commands and stay away from all His prohibitions without the slightest feeling of being heavy and complaining. That is true piety.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Ada satu kewajiban yang banyak ditinggalkan atau kurang diperhatikan oleh kaum Muslimin, yakni dakwah. Padahal dakwah hukumnya fardhu.

Diang mesa kewajiban iya mai’di napelei atau kurang naperhatikani to Sallang, ya’ni disangai dakwah. Padahal iya di’o disanga da’wao hukumna parallui.

There is one obligation that many Muslims neglect or pay less attention to, namely da'wah. where as da'wah is fardhu.

Ketahuilah, dakwah adalah jalan para nabi dan rasul Allah subhanahu wa ta’ala. Tak ada seorang nabi dan rasul pun diutus oleh Allah subhanahu wa ta’ala kecuali untuk berdakwah; menyampaikan risalah-Nya kepada umat manusia.

Pi’issanni’i, iya di’o disanga da’wao tangalalanna tu’u para nabi anna suroNa Allah subhanahu wa ta’ala. Nandiang mau namesana nabi atau rasul iya nautus Allah subhanahu wa ta’ala sanga’dinna untu’ berda’wa battuanna; mappalambi’ risala (akkatta macoana Allah Ta’ala) lao di paranna rupa tau.

We know, da'wah is the way of the prophets and messengers of Allah subhanahu wa ta'ala. No prophet or apostle was sent by Allah subhanahu wa ta'ala except to preach; convey His message to mankind.

Tak mengherankan, dakwah adalah aktivitas mulia, bahkan tidak ada aktivitas yang lebih baik daripada dakwah. Allah subhanahu wa ta’ala tegas berfirman:

Andiani tau mala herang, iya di’o disanga da’wao panggauang mala’bi’ tu’u, bahkan nandiang jamajamang iya kamenang macoa sanga’dinna untu’ berda’wa. Mauani Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

Not surprisingly, da'wah is a noble activity, even there is no better activity than da'wah. Allah subhanahu wa ta'ala firmly says:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Siapakah yang lebih baik ucapannya daripada orang-orang yang menyeru (manusia) ke jalan Allah, beramal shalih dan berkata, “Sungguh aku ini termasuk kaum Muslim.” (TQS Fushilat [41]: 33).

Inaidi kamenang macoa paunna pole di tau iya me’illong lao di Puang Allah Taala, maammal shaleh anna ma’uang, “Sitonganna iyau mittama’ di tau iya Sallang (masserakang aalawe).” (TQS Fushilat [41]: 33).

And who is better in speech than one who invites to Allah and does righteousness and says, "Indeed, I am of the Muslims." (TQS Fushilat [41]: 33).

Namun, sebagai bagian dari sunatullah, jalan dakwah bukanlah jalan yang mulus. Tapi terjal, penuh onak dan duri. Terkadang mengundang bahaya. Karena itu tak sedikit umat ini yang berguguran di jalan dakwah. Hanya para nabi dan rasul, yang tidak gugur di medan dakwah.

Jari, sebahagiannai pole di sunnatulla, iya di’o disanga tangalalang da’wao tania tu’u tangalalang manyamang. Tetapi, makalla-kalai, mai’di toi pisusu’na. Terkadangi maundangi bahaya. Jari andiangi sicco’ dite’e umma’e mate dioi di tangalalang da’wa. Sanngga’ para nabi anna rasul iya anding mate dio di tangalalang da’wa.

However, as part of the sunnatullah, the path of da'wah is not a smooth road. But steep, full of thistles and thorns. Sometimes it invites danger. Because of that, not a few of these people have fallen on the way to da'wah. Only the prophets and apostles, who did not give up in the field of da'wah.

Nabi Ibrahim dibakar Raja Namrud. Nabi Musa menghadapi Fir’aun. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menghadapi tantangan berat. Beliau pernah dipukul sampai pingsan; dilempar dengan batu, dilempari saat melewati Pasar Dzul Majaz oleh Abu Lahab; dilempari dengan kotoran unta saat sedang sujud; dicaci-maki bahkan diludahi; dituding gila, tukang sihir, pemecah-belah, dan lain-lain. Rasulullah bersama sahabat bahkan diboikot selama 3 tahun oleh kaumnya hanya karena menyampaikan Islam.

Misalna nabi Ibrahim natunui Raja Namrud. Nabi Musa siwali Fir’aun. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mappi’oloi toi tangalalang mawe’i, ruai dituttu’ nabitta’ lambi’ karae’ nyawana; rua toi natimbe batu, rua toi natimbe diwattunna landur lao di Pasar Dzul Majaz oleh Abu Lahab; rua toi natimbei tainna unta diwattunna suju; rua toi nagau’bawang bahhkan natiudui; nasanga toi tattarang, nasanga toi passeher; nasanga toi parruppu-ruppu’ (pappasisara’) dll. Rasulullah siolai sahaba’ bahkan naiboikot’i selama 3 (tallu) taung karena mappalambi’i asallangan.

Prophet Ibrahim was burned by King Namrud. Prophet Musa faced Pharaoh. Even the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam himself faced a tough challenge. He was beaten until he passed out; stoned, pelted while passing through Dzul Majaz Market by Abu Lahab; being pelted with camel dung while prostrating; reviled and even spat on; accused of being crazy, sorcerer, breaker, and others. The Prophet and his companions were even boycotted for 3 years by his people just because they conveyed Islam.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Mengapa para nabi dan para rasul Allah subhanahu wa ta’ala seluruhnya mengalami ragam tantangan, rintangan dan gangguan di jalan dakwah? Jawabannya setidaknya ada dua. Pertama, karena arah perjuangan dakwah mereka jelas dan tegas: menentang segala bentuk kekufuran dan kesyirikan; menentang rejim zalim; menentang sistem status quo yang notabene rusak dan merusak, yang bertentangan dengan risalah yang mereka emban. Itulah risalah tauhid. Risalah yang mengajari manusia agar menyembah dan mengabdi hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Mangapai para nabi anna rasul Allah subhanahu wa ta’ala ingganana di’o ma’alami nasani marrupa-rupa paccoba, paccoba anna gangguang di tangalalang da’wa? Jari jawabanna setidatida’na da’duai passal. Mammesana, karena iya di’o arana perjuanganna da’wanao mannassai anna tegas toi: mattantangi inggannana tokkona disanga akaperang anna a’dorakang anna mappa’dua Allah Ta’ala; natantang toi pemimping makarras (magassing manggau’ bawang) ; mattantang toi sistim status quo iya rusa’ karae’ anna makkara-karae’, iya massisala iya disanga risala iya napogau’. Iyamo ditino disanga risala tauhid. Iyamo di’e disanga risalae mappatundu’ rupa tau agar massoba anna mangabdi lao di Allah Ta’ala Puang mapaccing.

Why did all the prophets and apostles of Allah subhanahu wa ta'ala experience various challenges, obstacles and disturbances in the way of da'wah? The answer is at least two. First, because the direction of their missionary struggle is clear and firm: against all forms of kufr and shirk; against the unjust regime; against the status quo system which in fact is corrupt and destructive, which is contrary to the message they carry. That is the treatise of monotheism. A treatise that teaches people to worship and serve only Allah subhanahu wa ta'ala.

Kedua, karena konsistensi, keistiqamahan dan keteguhan mereka di jalan dakwah. Tak ada sedikit pun sikap putus asa, gentar apalagi takut. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Mada’duanna, karena matettesi pittu’galanganna lao di tangalalang da’wa. Nandiang mau nasicco’na panggauwang putus asa, rawang apalagi marakke’. Nauwa Allah subhanahu wa ta’ala:

Second, because of their consistency, persistence and firmness in the way of da'wah. There is not the slightest hint of desperation, trepidation or even fear. Allah subhanahu wa ta'ala says:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Mereka ditakut-takuti oleh orang-orang yang berseru, “Sungguh orang-orang telah berkumpul untuk menyerang kalian. Karena itu takutlah kalian kepada mereka!” Namun, seruan itu malah makin menambah keimanan mereka. Mereka berkata, “Cukuplah Allah Penolong kami dan Dia adalah sebaik-baik Penolong.” (HR Ali Imran [3]: 173).

(Iyamo) tau (iya matturu’i pesiona Puang Allah Taala anna suro-Na) dise’iya diang tau iya ma’uang: Sitonganna rupa tau pura mappasirumung jannanganna mammusu’io, sawa’ bassanamo di’o parakke’o lao dise’iya. Jari pau-pau di’o mattambai tappa’na anna ise’iya ma’uang: Sukku’mi Puang Allah Taala minjari pattulunggi, anna Puang Allah Taala parrundung kamenang macoa.” (TQS Ali Imran [3]: 173).

Those who were warned, “Your enemies have mobilized their forces against you, so fear them,” the warning only made them grow stronger in faith and they replied, “Allah ˹alone˺ is sufficient ˹as an aid˺ for us and ˹He˺ is the best Protector.” (TQS Ali Imran [3]: 173).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Mari kita ikuti jalan para nabi dan rasul ini. Karena kita umat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka arah dakwah pun harus fokus yakni menegakkan risalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menerapkan syariah Islam secara kaffah dalam seluruh aspek kehidupan.

Inggai dipiccoe’i di’e tangalalangna para nabi. Karena ita’ di’e umma’na Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka iya di’e ara da’wata harusi pokus ya’ni makke’deang risalana nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam, dipogau’ toi sarea’na Asallangan secara kaffah di lalanna inggananana aspe’ atuo-atuoangan.

Let us follow the path of these prophets and apostles. Because we are the people of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, the direction of da'wah must also focus on upholding the message of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, applying Islamic sharia kaffah in all aspects of life.

Tantangan, rintangan dan gangguan di jalan dakwah pasti terjadi. Tak boleh takut atau mundur. Harus senantiasa tertanam dalam jiwa kita sikap optimis. Optimis bahwa pada akhirnya pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala akan segera tiba dan kemenangan dakwah akan segera datang. Sebabnya, pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala itu amat dekat. Demikian sebagaimana firman-Nya:

Jari iya di’o disanga tantangano dioi di tangalalang da’wao pasti terjadi’i. Da parrakke’ atau mundur. Harusi matto’i di lalang ateta’ sikap optimis. Iya di’o optis’o bahwa pattulunganna Allah subhanahu wa ta’ala namipolei tu’u siola apakalangan dio di tangalalang da’wa. Sawa’na, pattulunganna Allah subhanahu wa ta’ala kadeppu’ sanna’i. Tipatengammi di’o mi’apa nauwa Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koroang mala’bi’-Na:

Challenges, obstacles and disturbances in the path of da'wah are bound to happen. Don't be afraid or back down. An optimistic attitude must always be embedded in our souls. Optimistic that in the end the help of Allah subhanahu wa ta'ala will soon arrive and the victory of da'wah will come soon. The reason is that the help of Allah subhanahu wa ta'ala is very close. Thus, as His word:

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ

Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, sementara belum datang kepada kalian seumpama yang pernah dialami oleh orang-orang sebelum kalian. Mereka ditimpa ragam kesulitan dan bahaya serta berbagai guncangan hingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersama beliau berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah sungguh pertolongan Allah itu amat dekat (TQS al-Baqarah [2]: 214).

Musangadi na mittamao di suruga, padahal andiappai pole disesemu (paccowa) mi’apa to diolo’mu? Ise’iya narua awala’ anna amasarang siola digoccangi mai’di paccowa lambi’ ma’uang Suro anna lao di tau iya matappa’ massolangi: Pirappai pole pattulunna Puang Allah Taala? Issangi sitongangna pattulunna Puang Allah Taala kadeppu’ sanna’i. (TQS al-Baqarah [2]: 214).

Or do you think that you will enter Paradise while such [trial] has not yet come to you as came to those who passed on before you? They were touched by poverty and hardship and were shaken until [even their] messenger and those who believed with him said, "When is the help of Allah?" Unquestionably, the help of Allah is near. (TQS al- Baqarah [2]: 214).

Ingatlah, Islam ini agama yang haq. Kita adalah umat terbaik. Karena itu Allah menetapkan kita dan umat ini sebagai pemimpin dunia, dengan membawa peradaban Islam yang sempurna. Dan, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita menerapkan pemerintahan berdasarkan wahyu yang telah Dia turunkan. Ini merupakan keniscayaan, bahwa kita dan umat ini adalah pemimpin seluruh umat manusia.

Ingarani, iya di’e Asallangane agama iyamo kamenang tongan. Ita’ di’e umma’na kamenang macoa. Karena itu Allah Ta’ala mipatatta’i anna ita’ di’e sebagai umma’ pemimpinna lino, anna mambawa disanga paradaban (paradabanna) Asallangan iya kamenang sukku’. Anna, misioi Allah subhanahu wa ta’ala dijalankani di’e pemerintahane iya berdasarkan wahyu iya pura napaturung Allah subhanahu wa ta’ala. Iyamo di’e disanga keniscayaan, bahwa ita di’e umma’na disangai pemimpinna inggannana umma’ paranna rupa tau.

Remember, Islam is a true religion. We are the best people. That's why Allah appointed us and this ummah as world leaders, by bringing a perfect Islamic civilization. And, Allah subhanahu wa ta'ala commands us to implement a government based on the revelation that He has sent down. This is a necessity, that we and this ummah are the leaders of all mankind.

Ketahuilah, Allah subhanahu wa ta’ala telah berjanji akan memenangkan agama-Nya atas semua agama yang lain. Janji ini telah dipenuhi oleh Allah ketika Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup. Dan Allah janjikan kemenangan lagi atas seluruh ideologi yang ada di dunia. Khilafah akan tegak kembali. Ingat, janji Allah itu pasti.

Pi’issanni’i, purai ma’janji Allah subhanahu wa ta’ala mua’ napapakalai agama-Na pole di’inggannana agama-agama laen. Iya di’e janjinna Allah Ta’ala pura napenuhi’i diwattunna Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tuo duai. Anna Allah ma’janji’i apakalangan lao di inggannana pahang iya diang dini di lino. Iya di’o disanga Khilafah namikke’de’i mimbali. Ingarani janjinna tu’u Puang Allahu Ta’ala pasti’i terjadi’i.

You know, Allah subhanahu wa ta'ala has promised to win His religion over all other religions. This promise was fulfilled by Allah when the Prophet Muhammad sallallaahu 'alaihi wa sallam was still alive. And Allah promises another victory over all ideologies in the world. The Khilafah will be established again. Remember, God's promise is sure.

Mari gelorakan dakwah, semaksimal mungkin. Soal hasil, serahkan kepada Allah. Ingat, haram hukumnya meninggalkan dakwah. Haram pula kita berhukum kepada selain hukum Allah.

Jari inggai simata diserukani disanga da’wa, sesmaksimal mungkin. So’al hasilna diserahkani lao di Puang Allahu Ta’ala. Ingarani harani hukumna disanga mappelei da’wa. Harattoi makkehukum (mappake hukum) selain hukumna Allah Ta’ala.

Let's encourage da'wah, as much as possible. Regarding the results, leave it to Allah. Remember, it is unlawful to leave da'wah. It is also forbidden for us to judge other than Allah's law.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post