Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
WAJII MATTULUNG PARANNA TO SALLANG

WAJII MATTULUNG PARANNA TO SALLANG

KHUTBAH PERTAMA Kato’ba Mammesa/Pammulang

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

(QS al-Hujurat [49]: 10).

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat dan karunia-Nya, sehingga kita bisa berkumpul di tempat mulia ini, di bulan mulia, di hari mulia, bersama dengan orang-orang yang insyaallah dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.

Alhamdulillah, inggannana pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala pole di inggannana pappenyamang anna karunia-Na, sehingga ita’ di’e malawoi tau sirumu-rumung dini di oroang mala’bi’e, di bulang mala’bi, di allao mala’bi’, siola-ola iya tau insyaAllah mapakala’bi’ Puang Allah subhanahu wa ta’ala. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase lao di pangulutta’ Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluargana, sahaba’na, anna umma’na lambi’ paccappurang wattu.

Bertakwalah kepada Allah. Laksanakan perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya. Pasti ada kebaikan di dalamnya dan kita dimuliakan oleh-Nya.

Piatakwa le’ba’o lao di Allah Ta’ala. Pogau’i inggannana perintah-Na anna piakaramboi larangan-Na. Pasti diang acoangan di lalanna anna ita’ di’e napakala’bi’i Puang Allahu Ta’ala.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Ma’uani Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Kaum Mukmin itu—dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi—bagaikan satu tubuh. Jika ada salah satu anggota tubuh yang sakit maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan demam (turut merasakan sakitnya) (HR Muslim).

Iya di’o to matappa’o –dalam hal saling ma’elo’i, ma’asayanni– rapang le’ba’i mesa tubuh (batang alawe). Mua’ diang mesa (sala satunna) tubutta’ monge’ maka inggannana tubutta’ namiccoe’ mi tu’u tijagai (andiani mala matindo) anna loppa’ (turu’i marrasakan amongengna) (HR Muslim)

Hadits ini menjelaskan posisi kita terhadap sesama Muslim. Siapapun yang telah bersyahadat, mengucapkan kalimat tauhid Laa ilaha illallah, Muhammad Rasulullah, mereka adalah saudara kita. Meskipun bisa jadi berbeda warna kulit, ras, suku, bangsa, maupun bahasanya. Kita adalah satu akidah, yakni akidah Islam. Kalau ada yang disakiti, kita mestinya juga merasakan sakit, dan membela mereka.

Iya di’e haddese najelaskani posisitta’ lao di paratta’ to Sallang. Mau inai pura massahada’, marrappe kalima’ tauhid Laa ilaha illallah, Muhammad Rasulullah, iting tauo disangami lulluare’ta’. Meskipun malai sisala warna uli’ta’, ras, suku anna bangsata, maupung basana. Jari ita’ di’e mesa akidai tau, ya’ni akida Asallangan. Mua’ diang napamonge’, ita’ di’e mesti dirasakattoi monge’ anna nabela toi monge’na.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Lebih dari sepekan ini saudara kita, kaum Muslimah India di Negara Bagian Karnataka mengalami pelarangan berjilbab di semua lingkungan pendidikan, sekolah maupun kampus. Baik tenaga pengajar perempuan maupun pelajar dan mahasiswi dipaksa melepas jilbab mereka saat memasuki lingkungan sekolah/kampus. Pelarangan ini disebut-sebut merupakan instruksi langsung dari Kementerian Pendidikan India.

La’bi di’e seminggue lulluare’ta, to Sallang towainena India dio di Negara Bagian Karnataka mallolongani disanga pelarangan (naposarai) manjilba’ dioi di lingkungan pendidikan, passikolangan maupun dioi di kampus. Bai’ tenaga pengajar (tongguru) towaine maupun pelajar (passikola) anna mahasiswi (pakkulia towaine) napassai mallappasang jilba’na diwattunna namittama di lingkunganna passikolang/kampus. Jari iya di’e pelaranganna narappe-rappei pisio lansunna pole di kementerian India.

Tak cukup itu, mereka mengalami berbagai pelecehan dan intimidasi oleh warga Hindu. Sejumlah pemberitaan dan video yang beredar memperlihatkan berbagai persekusi yang dilakukan warga Hindu terhadap kaum Muslimah yang bertahan dengan busana islami mereka.

Andiani ganna’ di’o, mallolongattoi disanga marrupa-rupa pelecehan anna intimidasi campurtangan pole warga Hindu. Diang pemberita’an anna vidio iya beredar mappatiroi marrupa-rupa disanga persekusi iya napogau’ warga Hindu lao di to Sallang towaine iya bertahan dengan pakeang Islaminna.

Ketahuilah, saat ini Muslim India menjadi salah satu kelompok minoritas yang tertindas terbesar di dunia. Rezim Hindu India yang berkuasa saat ini menampakkan sikap anti Muslim. Masjid disemprot kotoran sapi, kaum Muslim dipaksa mengucapkan pujian kepada dewa, tempat usaha kaum Muslim dirusak, dan sebuah laporan 2019 menyebut 90 persen kekerasan di negara itu, korbannya adalah Muslim.

Pi’issanni, dite’e di’e mamanyae to Sallang Indiae minjari mesa kelompo’ minoritas iya tertindas kamenang kaeang dini di lino. Na iya rezim Hindu India iya berkuasa dite’e napitiroani disanga sikap anti Sallang. Naiya masigi nasempro’i anu carupu’na saping, na iya to Sallang nasio toi marrappe-rappe pujiang lao di dewa, na iya oroang usahana to Sallang narusa-rusa’i anna diang mesa laporang di taung 2019 (duallessorang sappulo ammessa) narappei 90 (ammessa pulo)-na persen kekerasang di negarao, naiya korbanna iyamo to Sallang.

Apa yang terjadi di India, mirip dengan kejadian di Myanmar dan Xinjiang China. Mereka ditindas rezim. Hampir tak ada lembaga-lembaga di dunia membantu mereka. Pemimpin dunia Islam pun diam.

Jari apa iya terjadi dio di India dite’e, sittengani kejadianna dio di Myanmar anna Xinjiang China. Illao natindisi resim. Hampiri nandiang lembaga dini di lino makkalului. Naiya pemimpin Asallangan andiang toi lawe-laweang

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Allah subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan umat Muslim untuk senantiasa memberikan bantuan manakala saudaranya membutuhkan pertolongan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Jari, naiya Puang Allah subhanahu wa ta’ala pura nasioi lao di to Sallang simata mappiwengan bantuang mua’ diang lulluare’na mapparalluang pattulungan. Naiya Puang Allah subhanahu wa ta’ala ma’uani:

وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ

Jika mereka meminta pertolongan kepada kalian dalam (urusan pembelaan) agama maka kalian wajib memberikan pertolongan (TQS al-Anfal [8]: 72).

Mua’ diammi ise’iya mirau tulung mating di na mambela (mappicoai) agama, jari waji’mo’o mattulung (TQS al-Anfal [8]: 72).

Menolong sesama Muslim yang dianiaya adalah fardhu kifayah. Haram berdiam diri saat melihat saudara seiman terzalimi. Kewajiban ini baru tuntas saat mereka yang terzalimi mendapat perlindungan sempurna.

Jari mattuluni tau paratta’ to Sallang iya nagau’ bawang adalah fardhu kifaya-i. Harani mua’ andiani tau lawe-laweang diwattunna ma’ita lulluare’ta iya se’imani tau tigau’ bawangi. Iya di’e kewajibane namane tuntasi diwattunna to tigau’ bawang mallolongani perlindungan sukku’.

Nabi mengingatkan tidaklah seorang Muslim membiarkan penganiayaan terhadap sesama Muslim melainkan Allah subhanahu wa ta’ala pun akan membiarkan mereka terzalimi pula. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Nabitta’ mipaingarani nandiang to Sallang marrorang manggau’ bawang lao di paranna to Sallang sanga’dinna Puang Allah subhanahu wa ta’ala Puang Mapaccing nanapamarorang toi tia manggau’ bawang to’o. Ma’uani nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَا مِنْ امْرِئٍ يَخْذُلُ امْرَأً مُسْلِمًا عِنْدَ مَوْطِنٍ تُنْتَهَكُ فِيهِ حُرْمَتُهُ وَيُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ إِلَّا خَذَلَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فِيهِ نُصْرَتَهُ. وَمَا مِنْ امْرِئٍ يَنْصُرُ مُسْلِمًا فِي مَوْطِنٍ يُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ وَيُنْتَهَكُ فِيهِ مِنْ حُرْمَتِهِ إِلَّا نَصَرَهُ اللَّهُ فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فِيهِ نُصْرَتَهُ

Tidaklah seseorang membiarkan (tidak menolong) saudaranya sesama Muslim dalam kondisi kehormatannya sedang dilanggar dan harga dirinya direndahkan, kecuali Allah akan membiarkan (tidak menolong) dia saat dia ingin ditolong. Tidaklah seseorang menolong seorang Muslim pada saat harga dirinya direndahkan dan kehormatannya dilanggar, kecuali Allah akan menolong dia saat dia ingin ditolong (HR Ahmad).

Nandiang mesa tau marrorang (andiang mattulung) lulluare’na paranna to Sallang dalam kondisi kehormatanna mamanyai nalanggar anna harga dirinna narendahkani, sanga’dinna Puang Allah Ta’ala naparorani (andiani natulung) diwattunna melo’’ natulung. Nandiang tau mattulung mesa to Sallang diwatunna harga dirinna narendahkani anna kehormatanna nalanggar toi, kecuali Puang Allahu Ta’ala natulungi diwattunna melo’ natulung (HR Ahmad).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Pertanyaannya, bagaimana kita bisa membantu mereka? Sementara, umat Islam telah disekat-sekat dengan batas negara? Bahkan hati dan pikiran pun telah dibelenggu paham kebangsaan?

Pittuleanna, miapai carana ita’ di’e mattulung? Sementara, umma’ Sallang purai naware-ware dengan batas negara? Bahkan ate anna pikkirang to’o purai nabelenggu pahang kebangsa’an?

Penghinaan dan penindasan yang dialami kaum Muslim, termasuk di India, adalah peringatan keras bagi kaum Muslim sedunia, bahwa persoalan ini tidak bisa ditangani secara individual, organisasi atau lembaga dunia sekalipun seperti PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Kaum Muslim sedunia harus memiliki institusi sendiri yang bersifat global dan memiliki kekuatan besar untuk melindungi dan membela kehormatan mereka.

Naiya Penghinaan anna penindasan iya na’alami paranna to Sallang, termasu’i India, adalah peringatan makarras lao di to Sallang dini di lino, bahwa di’e perso’alane andiani mala natangani secara sisa-sisanna, organisasi atau lembaga dunia sekalipun rapang PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Naiya to Sallang dini di lino harusi ma’appunnai institusi dio alawena iya missipa’ global anna ma’appunnai kekuatan kaeyang untu’ namallindungi anna mambela kehormatanna.

Institusi global itu tidak lain adalah Khilafah Islam. Derita kaum Muslim sedunia, tak akan terjadi manakala Khilafah Islam hadir sebagai perisai kokoh yang menjaga dan membela kehormatan umat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan kita betapa urgen keberadaan Khalifah/Imam sebagai perisai bagi umat. Beliau bersabda:

Na iya institusi global’o nandiang laengna sanga’dinna disangai Khilafah Islam (Pemerintahanna Islam). Naiya deritana to Sallang dini di lino, andiani terjadi mua’ Khilafah Islam haderi sebagai perisai kokoh iya manjagai anna mambela kehormatanna umma’. Purai mipaingarang Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam betapa parallunna di’o disanga keberada’anna disanga Khalifah/Imam sebagai perisainna (sanjatana) umma’. Ma’uani Nabitta’:

إِنَّمَا ‌الإِمَامُ جُنَّةٌ، يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ، وَيُتَّقَى بِهِ

Sungguh Imam (Khalifah) itu (laksana) perisai; orang-orang akan berperang di belakang dia (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan)-nya (HR al-Bukhari, Muslim, an-Nasa’i, Abu Dawud dan Ahmad).

Sitongattonganna di’o disanga (Khalifah) rapang le’ba’i perisai; naiya tau simusu’i di pondo’na anna metturundung toi (pole di musu) dengan kekuasaa’anna (HR al-Bukhari, Muslim, an-Nasa’i, Abu Dawud anna Ahmad).

Keberadaan khilafah akan menghalangi/mencegah musuh dari mencelakai kaum Muslim; mencegah manusia satu sama lain saling mencelakai, memelihara kemurnian ajaran Islam; dan melindungi siapapun yang tunduk di bawah kekuasaannya. Lebih dari itu, Khilafah juga akan menciptakan suasana kerukunan umat beragama, dengan tetap mempersilakan umat beragama lain beribadah dan hidup sesuai dengan keyakinan agama mereka.

Naiya oroanna tu’u disanga khilafah na mahhalangi’i/mappusarai bali pole maccilakai to Sallang; mapposara rupa tau iya saling maccilakai, mappiara toi kemurnianna ajarang to Sallang; anna mallindungi toi mau inai tundu’ dio di kekuasa’anna. Lebih dari itu, iya di’o disanga Khilafah malai mappadiang suasana kerukunan umma’ beragama anna tatta’i marrorang umma’ lain ma’ibadah anna tuoi sesuai dengan keyakinan agamana.

Mengembalikan institusi Islam warisan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam inilah, salah satu cara untuk membantu sesama Muslim di dunia. Semoga Allah menolong kita.

Dipipimbali’i institusinna umma’ Sallang warisanna Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tipatengan di’e, iyamo mesa cara namakkalulu paranna umma’ Sallang dini di lino. Mamuare’i mituluni Puang Allahu Ta’ala.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II Kato’ba Mada’dua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post