Muhammad Riski, S.Pd., Gr.

Saya anak kedua dari 2 bersaudara yang lahir dan besar di Aceh dari pasangan Bapak Adianto dan Ibu Nurjani. Saya sekarang bertugas sebagai tenaga pengajar di SM...

Selengkapnya
Navigasi Web
Takjil Khas Aceh 'ie bu kanji' yang melegenda
Mengaduk ie bu kanji dimeunasah(mushalla)

Takjil Khas Aceh 'ie bu kanji' yang melegenda

Berbicara takjil dibulan ramadhan memang tidak akan habis, karena disetiap daerah punya panganan atau takjil khas masing-masing apalagi takjil ini hanya ada pada saat bulan suci Ramadhan. Nah, khususnya di Prop. Aceh yaitu propinsi paling barat diindonesia ini juga mempunyai penganan yang hampir serupa dengan bubur ayam, namun bedanya ini di racik dari rempah-rempah khas Aceh dan ada 44 macam jenis rempah serta bahan lainnya, ie bu kanji namanya.

ie bu kanji ini kaya bumbu rempah-rempah, berbahan utama beras bermutu yang dimasak sampai menjadi bubur, lalu dimasukkan bersama bumbu rempah-rempah yang sudah digiling.

Tradisi yang sudah ada sejak zaman kesultanan Sultan Iskandar Muda tersebut, sampai saat ini masih tetap di pertahankan oleh masyarakat Aceh khususnya, selain enak untuk disantap ie bu kanji ini juga berkhasiat bagi daya tahan tubuh setelah seharian berpuasa karna kandungan bumbu rempah-rempah didalamnya. Proses pembuatannya pun tidak sendiri, tapi secara gotong royong dan saling membantu sesama warga masyarakat dan waktu yang dibutuhkan untuk proses memasaknya pun agak lumayan lama yaitu sekitar 3 jam.

Memasak kanji di mulai setelah pelaksanaan shalat dhuhur sampai waktu shalat ashar tiba, setelah pelaksanaan shalat ashar pengumuman pun diberitakan lewat pengeras suara meunasah (Mushalla) agar masyarakat yang ingin mengambil atau ingin menikmati ie bu kanji bisa datang ke Meunasah (Mushalla).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post