Muhammad Rosid Ridho, S.Pd.I, M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menggerakkan Budaya Baca

Menggerakkan Budaya Baca

Membaca merupakan sebuah kegiatan memahami sesuatu dengan tujuan untuk memperoleh informasi darinya. semakin seseorang sering membaca maka akan semakin banyak informasi yang diperolehnya. Semakin banyak inforasi yang diperoleh maka semakin luas wawasan pengetahuannya. Dengan demikian akan semakin bijak dalam mengambil sikap dan keputusan.

Sedemikian pentingnya kegiatan membaca, sehingga Allah mengawali firmannya yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW dengan perintah membaca. Sebagaimana yang termaktub dalam QS Al 'Alaq ayat pertama: IQRA BISMI RABBIKAL LADZI KHALAQ"

Namun sayangnya, masyarakat Indonesia secara umum masih belum memiliki kemamuan yang kuat untuk gemar membaca. Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang diteli tentang minat baca masyarakat. Indonesia berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Menyikapi hal ini, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus melakukan sebuah gerakan budaya baca bagi warga sekolah. Gerakan budaya baca tidak hanya bagi peserta didik, guru dan karyawan pun harus melakukan pembiasaan yang sama.

Gerakan bisa diawali dengan membiasakan peserta didik membaca buku 15-30 menit sebelum masuk jam pertama di pagi hari. peserta didik begitu tiba di sekolah dipersilahkan mencari tempat duduk yang nyaman dan santai untuk baca-baca buku. Mengawali kegiatan di sekolah dengan membaca buku akan membantu dalam mengkondisikan hati dan fikiran agar lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

selain itu, walaupun gerakan budaya bacs ini dilakukan secara singkat, namun jika dilakukan secara berulang setiap hari maka akan membentuk sebuah kebiasaan membaca bagi anak yang selanjutnya akan menjadi sebuah karakter. yaitu karakter gemar membaca.

Dengan terbentuknya pelajar-pelajar yang memiliki karakter gemar membaca, maka Indonesia akan memiliki para pemimpin yang cerdas, tangguh dan berwawasan luas di masa yang akan datang. Dengan demikian, Indonesia yang akan datang akan menjadi negara yang memiliki daya saing tinggi di mata dunia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post