Muhammad Suhardi

Lahir di daerah Prokimal Kotabumi Lampung Utara, 11 Oktober 1980, kuliah di Jurusan PBA IAIN Sunan Kalijaga, kuliah lagi di Administrasi Pendidikan Pascasarjana...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bahasa itu disebut understanding

Bahasa itu disebut understanding

Sempat penulis merasa tergelitik ketika mengikuti kelas menulis MWC XXIII di kota Padang kemarin, ketika narasumber kocak yang juga merupakan pemimpin redaksi mediaguru mulai melancarkan aksi-aksinya, yang kadang-kadang membuat kami merasakan perasaan yang meminjam kata-kata Tukul Arwana yaitu shy-shy cat alias malu-malu kucing, ketika kami berusaha menjawab pertanyaan pancingan beliau yang justru kalau tidak tepat jawabannya malah beliau plesetkan kian kemari.

Pada malam itu mas eko,demikian biasa beliau disebut, menampilkan sebuah slide tentang "tulisan" seorang penjual masakan olahan hasil laut di sebuah kota yang mungkin bisa dikatakan kurang tepat kalau tidak ingin mengatakannya salah,namun justru di situlah muncul fungsi dari sebuah bahasa.

Bahasa menurut Keraf dalam Smaraphadipa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Lalu kalau penulis coba mengutip dari ahli bahasa yang dulu ketika kuliah biasa kuta jadikan rujukan dalam skripsi yaitu Opung Henry Guntur Tarigan (1989)beliau mengatakan bahwa bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.

Para ahli masih berdebat dengan persoalan kapankah bahasa muncul atau hadir untuk pertama kali,dan bahasa apakah itu, bagi penulis tidak penting bahasa apa dan kapan bahasa muncul pertama kali, karena penulis berpendapat bahwa bahasa muncul pertama kali adalah sejak manusia itu sendiri lahir ke bumi ini,dan bahasa yang pertama kali adalah bahasa ibu ke anaknya saat masih berada di dalam kandungan sekalipun, yaitu bahasa kalbu,hehe...

Kembali ke definisi bahasa yang merupakan serangkaian simbol yang memiliki arti baik yang berupa bunyi,gerakan,maupun gambar yang berfungsi menyampaikan pesan seseorang yang berupa informasi,perasaan,fakta dan lain sebagainya kepada orang lain baik perseorangan maupun kelompok, bahasa telah berkembang lebih sekedar alat komunikasi menjadi sebuah disiplin ilmu,bahasa bisa diteliti,dipelajari dan dimodifikasi.

Bahasa yang berkembang saat ini yang dipelajari di antaranya ada bahasa tubuh (body language), bahasa pemograman dan...bahasa prokem.

Bahasa yang tersebut terakhir berpegang pada prinsip manasuka dan arbitrer,ia terlepas dari kungkungan tata bahasa,etika dan prosa, selagi ia difahami oleh aku,kamu dan dia, yah itulah bahasa, seperti bahasa Cak Lontong yang kadang-kadang nyeleneh dan menyakitkan alias bikin baper seperti ketika dia bertanya kepada seorang mahasiswa "ikan,ikan apakah yang bikin sebel? Sang mahasiswa menjawab,ikan nakal,salah,ikan kebanyakan ulah,salah, akhirnya Cak Lontong memberikan jawaban ikan apakah yang bikin sebel? Jawabnya ikan-nya sudah habis, tetapi nasinya masih banyak....haha...

Jadi menurut hemat penulis,bahasa bagaimanapun ia tetap manasuka dan bisa bikin baper,seperti gombalan deny cagur kepada najwa shihab yang bertanya hari apa sekarang? Najwa menjawab hari senin lalu deny menjawab ahh ini hari selasa,selasa di surga kalo di dekat kamu...eeaaa

Penulis kembali teringat kepada ucapan penyiar radio Geronimo 106.1 FM yang setiap malam berkata

" orang mars bicara dengan bahasa mars,orang venus bicara dengan bahasa venus,tapi ada satu lagi bahasa di dunia ini,yaitu understanding".

Kalo aku ke kamu pakai bahasa cinta aja ya...

Pertanyaan saya, apakah yang anda lihat di foto saya, see foot ataukah sea food?

Jawabannya silahkan di kolom komentar yaa..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post