Muhammad Sultan, S.Pd

Muhammad Sultan lahir di Kajang kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan pada tanggal 1 Agustus 1969 Pendidikan jenjang SD SMP dan SMA ditempuh di daerah kelah...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAHASA GAUL

BAHASA GAUL

#EdisiBahasaGaul

 

Dalam konteks bahasa gaul, “menyala abangku” bisa diartikan sebagai ungkapan kekaguman atau pujian terhadap seseorang yang dianggap berprestasi, keren, atau menonjol dalam suatu hal.

Menyala Abangku di lambangkan dengan emoticon bara api 🔥 🔥. 

Sebagai guru kita harus mampu beradaptasi dengan bahasa gaul. Sebab siswa zaman sekarang dengan kemajuan teknologi semakin banyak bahasa gaul yang sering dia gunakan.

Pada saat rapat guru di sekolah, saya tidak masuk mengajar. Agar siswa tidak keluyuran, saya berikan tugas materi perhitungan stoikiometri di grup WhatsApp. 

Setelah rapat selesai, saya buka kembali grup wa. Saya kaget juga seketika membaca salah satu chat siswa yang tertulis "Menyala Abangku"  Dalam hati saya sangat dongkol dan menganggap siswa tersebut tidak sopan.

Tetapi selama ini saya berusaha mengajar dengan pendekatan yang akrab dengan siswa. Sehingga rasa jengkel itu tidak spontan saya lampiaskan.

Saya langsung membuka google, tentang menyala Abangku. Baru saya tertawa, karena maknanya siswa itu memberikan apresiasi kekaguman/pujian terhadap saya yang masih sempat memberikan tugas dalam keadaan rapat.

Suatu pembelajaran besar kepada kita selaku guru untuk tetap sabar menghadapi siswa yang kadang menggunakan bahasa gaul yang seakan melanggar etika, padahal sesungguhnya, kitalah yang salah kaprah dan harus rajin-rajin Googling bahasa gaul.

 

Kajang, 15 April 2024.

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Abangku. Sukses selalu

16 Apr
Balas

Terima kasih

16 Apr

Setuju, kita harus gaul juga hihi.... Mungkin menurut kita ga sopan, tapi ini zaman mereka dgn bahasa yang berbeda dengan zaman kita.

15 Apr
Balas

Betul sekali,Ibu

15 Apr

Hmmm .. sangat menginspirasi asahabatku pak Sultan

15 Apr
Balas

Terima kasih

16 Apr

Keren..generasi gaul

15 Apr
Balas

Terima kasih

16 Apr

Alhamdulillah sudah update status hari ini

15 Apr
Balas

Tulisannya keren dan inspiratif. Salam Literasi.

15 Apr
Balas

Terima kasih

16 Apr

Harus beradaptasi

16 Apr
Balas

Betul sekali

16 Apr

Setuju sekali Pak. Kita ga boleh ketinggalan zaman. Menyala Abaangku!

15 Apr
Balas

Menyala Abangku . Hahaha

16 Apr



search

New Post