Muhammad Sultan, S.Pd

Muhammad Sultan lahir di Kajang kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan pada tanggal 1 Agustus 1969 Pendidikan jenjang SD SMP dan SMA ditempuh di daerah kelah...

Selengkapnya
Navigasi Web

RESEP COTO MAKASSAR (Tagur-H 903)394

RESEP COTO MAKASSAR

Coto Makassar adalah makanan khas asal Makassar. Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke kota Daeng dan tak mencicil Coto Makassar.

Karena di luar Makassar makanan tradisional yang hampir sama namanya bukan Coto, tetapi soto. Misalnya di pulau Jawa nama makanan ini disebut Soto. Tentu bahan dan cara pengolahannya berbeda juga.

Di bawah ini cara membuat Coto Makassar sebagai berikut:

Bahan-bahan .

1. Daging sapi

2. 1 lbr daun jeruk

3. 2 lbr daun salam

4. 1 ruas serai (geprek)

5. 5 cm kayu manis

6. Air cucian beras ke 2-3 kali

.

Bumbu halus :

. 5 siung bawang merah

. 3 siung bawang putih

. 1/2 sdt jinten (sangrai)

. 3 btr kemiri (sangrai)

. 1 sdm tumbar (sangrai

. Seuprit pala

. 2 buah cabe merah besar

. 1 ruas serai

. 2 ruas lengkuas iris tipis

. Secukupnya kacang tanah sangrai dgn sdkit minyak goreng

.

Langkah

• Cuci daging kemudian rebus dengan air cucian beras masukkan daun jeruk, serai,daun salam dan kayu manis tunggu daging empuk

• Tumis bumbu halus kemudian masukkan ke dalam air rebusan daging, kemudian masukkan blenderan kacang tanah, lanjutkan rebus tunggu hingga bumbu meresap..

* Setelah itu tinggal kita hidangkan.

Demikian pembuat Coto Makassar, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Kajang, 22 Januari 2023.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah sudah update hari ini

22 Jan
Balas

ada air cucian beras, pak? di Jombang namnya air leri. Terima kasih resepnya, pak. Salam sukses selalu!

22 Jan
Balas

Sama-sama

23 Jan



search

New Post