Muh Nabil Syarifullah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MANFAAT BUAH SIWALAN KHAS TUBAN

Buah siwalan merupakan buah khas Tuban, buah siwalan tumbuh berkelompok di atas pohon lontar yang tinggi. Kandungan dari buah siwalan ini menjadi buah yang sangat baik di konsumsi untuk kesehatan. Karena buah siwalan memiliki kalori yang rendah dengan banyak kandungan manfaat didalamnya. Buah ini juga mengandung serat, protein, zat besi, serta vitamin C, A, E, K, dan B7.

Siwalan juga dikenal dengan nama pohon lontar (nama tersebut di ambil dari bahasa jawa yang berarti daun pohon siwalan) atau tal. Pohon ental adalah jenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pohon lontar juga memiliki banyak sebutan di banyak daerah seperti lonta, ental, ta’al, juntal, lontar dan masih banyak sebutan buah siwalan di daerah masing-masing.

Tanaman siwalan merupakan tanaman multifungsi, semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan. Selain buah dan air nira untuk dikonsumsi, daunya bisa digunakan untuk kerajinan tangan. Dulu, daun lontar juga dijadikan media penulisan naskah lontar. Sedangkan kayunya juga berserat, memiliki kualitas baik.

Kandungan vitamin dan mineral buah siwalan sering menjadi salah satu pilihan obat tradisional penderita diabetes atau seseorang yang sedang menjalankan program diet. Manfaat lain dari buah siwalan ialah untuk meringankan masalah pencernaan, meringankan masalah kulit, memberi efek sejuk untuk tubuh dan masih banyak manfaat lainnya.

Buah siwalan bisa menjadi alternatif pilihan buah tangan. Buah siwalan menjadi primadona pemudik untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Selain rasanya yang segar, harga buah siwalan terbilang murah. Untuk satu kemasan buah siwalan dijual antara Rp10 ribu per kantong.

Buah siwalan memilik tekstur yang kenyal ini biasanya cocok dimakan dengan air dari pohon lontar ‘legen’. Untuk menikmatinya, buah siwalan harus dikupas hingga tersisa daging lembut transparan siap lahap. Banyak diantara pemudik yang sengaja mampir kesini untuk membeli buah siwalan. Selain segar, oleh-oleh buah siwalan juga sehat.

Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Arfida BR., Dra., M.S. atas motivasi terbitnya artikel ini.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post