Muklisin

Muklisin, SHI. MH adalah Guru di Sd It Ad-Dhuha Bungo yang didirikannya pada tahun 2014 di bawah Yayasan Anak Kita Bungo. Lahir di Sarko tgl 24 April 1983. Sela...

Selengkapnya
Navigasi Web
PARENTING 3

PARENTING 3

PARENTING 3

#TANTANGAN GURUSIANA

#HARI KE 6

Pernah saya bertanya di sebuah forum Media Guru Indonesia ?. Sebuah pertanyaan saya buat seperti statement bahwa tanggung jawab mendidik anak adalah tugas ibu, sedangkan ayah bertanggungjawab mencari nafah. Muncul berbagai komentar dan tanggapan dari para netizen. Dari komentar yang paling banyak adalah mendukung bahwa tugas mendidik anak bukan tugas ibu saja, melainkan tugas bersama. Hampir semua komentar menjawab tugas mendidik anak adalah tugas bersama ibu dan ayah.

Jadi siapa sebenarnya yang bertanggung jawab mendidik ?.

Imam Al-Ghazali mengatakan, “anak adalah amanat di tangan kedua orangtuanya”. Hatinya yang suci adalah mutiara yang masih mentah, belum dipahat maupun belum dibentuk. Mutiara itu dapat dipahat dan dibentuk apapun, dan mudah condong kepada segala sesuatu. Apabila dibiasakan dan diajari kebaikan, maka dia akan tumbuh dalam kebaikan itu. Mutiara itu adalah anak-anak kita.

Ketika mutiara itu kita arahkan kepada kebaikan maka, kita para orangtua akan beruntung mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan juga di akhirat. Semua orangtua akan menjadi guru dan pendidik bagi anak-anaknya. Sebaliknya ketika anak dibiasakan dengan hal keburukan dan kelalaian maka kita orangtua akan mendapatkan celaka.

Oleh karenanya bapak dan ibu adalah dua unsur penting. Mereka mendapatkan amanah berupa anak, agar dididik dan di arahkan kepada kebaikan dan manfaat.

Wahai para orangtua dan para guru, marilah kita bekerjasama untuk menyelamatkan para mutiara bangsa. Melalui program Parenting yang ada di sekolah-sekolah adalah salah satu cara untuk mendidik anak-anak kita menjadi lebih baik dan menjadi generasi yang sholeh dan sholehah. Tapi tidak semua sekolah memiliki program parenting. Itulah kendalanya saat ini.

Muklisin / 20/1/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siap Pak Ustadz...

20 Jan
Balas

Harus bersamasama, ya Ustaz?

20 Jan
Balas

Setuju pak.. Sekali kali bapak bapak ikut parenting...

20 Jan
Balas

Sip

20 Jan
Balas

Terimakasih bunda, mohon masukkannya

20 Jan

Mendidik anak adalah tanggung jawab bersama orang tua, guru, dan masyarakat.Perlu terjalin komunikasi dan kerja sama dalam upaya mendidik mutiara bangsa agar terbentuk generasi tangguh, baik imtaq maupun iptek.

20 Jan
Balas

Benar sekali buk

20 Jan

Setuju Pak Ustadz, mendidik anak dj dlm keluarga adalah tanggung jawab berdua Ibu dan ayah

20 Jan
Balas

Terimakasih buk

20 Jan

Suai pak doktor. Sesuatu pekerjaan selesai kalau bekerja sama. Untuk mencapai kesuksesan sesuatu berjalan bersama.

20 Jan
Balas

Betul pak doktor...ke dua orgtua tapi yg lebih utama ibu..pan ibu yg mengandung hiks...sejak dlm kandungan udah dididik. Maaf ya..

20 Jan
Balas

Terima kasih. Mendidik anak kewajiban bersama antara suami dan istri.

21 Jan
Balas

Setuju.Pak..tugas mendidik anak bukan hanya ibu tapi keduanya sama punya tanggung jawab yang besar

20 Jan
Balas

Terimakasih buk

20 Jan

Iya jangan bikin anak rajin. Ngurusnya nggk. Kualat nantinya. Maaf?

20 Jan
Balas

Iya jangan bikin anak rajin. Ngurusnya nggk. Kualat nantinya. Maaf?

20 Jan
Balas

Hehee... betul itu pak

20 Jan

Iya jangan bikin anak rajin. Ngurusnya nggk. Kualat nantinya. Maaf?

20 Jan
Balas

Parenting...yes....

21 Jan
Balas



search

New Post