Muklisin

Muklisin, SHI. MH adalah Guru di Sd It Ad-Dhuha Bungo yang didirikannya pada tahun 2014 di bawah Yayasan Anak Kita Bungo. Lahir di Sarko tgl 24 April 1983. Sela...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGARUH ORANGTUA PADA ANAK

PENGARUH ORANGTUA PADA ANAK

PARENTING (4)

PENGARUH ORANGTUA PADA ANAK

#TANTANGAN MENULIS GURUSIANA

#HARI KE 7

Di dalam peribahasa, sering kita mendengar istilah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Begitu juga seorang anak merupakan cerminan dari kedua orangtuanya. Ketika orangtua rajin beribadah dan shaleh maka anak juga akan sama dengan orangtuanya. Ada benarnya juga istilah tersebut. Tetapi kenyataan di lapangan ada juga justru sebaliknya.

Keshalehan kedua orangtua yang memberikan teladan dan contoh yang baik akan memberikan dampak terhadap perilaku anaknya. Si anak pastinya akan dididik dan dibimbing oleh kedua orangtuanya dalam hal ibadah dan akhlaknya. Mengapa demikian?. Karena bagi orangtua yang paham akan ilmu agama, tentu tidak akan membiarkan anaknya tumbuh menjadi anak yang tidak terdidik dan “nakal”.

Oleh karena itu ketaqwaan kedua orangtuanya (ayah dan ibu) kepada Allah Swt, kemudian disertai dengan usaha dan saling membantu keduanya. Maka si anak akan tumbuh berkembang dalam lingkungan yang agamis. Si anak akan senantiasa taat dan tunduk kepada Allah SWt. Sebagaimana kisah Lukmanul Hakim.

Apabila anak keturunan kita tumbuh dan taat kepada Allah SWT dan mengikuti ajaran agama dengan benar, maka kita semua akan bertemu dan dikumpulkan di Surga yang kekal. Seperti yang disebutkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran Surat Ath-Thur [52] : ayat 21.

Tentu saja untuk mendapatkan anak yang bergelar sholeh dan sholehah tidaklah mudah. Banyak sekali rintangan dan hambatan. Tetapi yakinlah bahwa ketika kita sudah berniat untuk mendidik anak-anak kita menjadi hamba Allah yang beriman maka jangan lupa kita selalu mendoakannya dalam setiap ibadah sholat kita. Seperti doa yang kita lafalkan “Robbi habli minnas sholihin”.

MUKLISIN/ 21/1/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Memang benar didikan orang tua sejak kecil berpengaruh pada perkembangan karakter di masa depan

21 Jan
Balas

Mantab suratabs, Barokallah Pak

21 Jan
Balas

Siap

21 Jan
Balas

Siap grak buk

21 Jan

Sangat bagus dan menginspirasi.Terima kasih Bapak.Sukses dan salam literasi

21 Jan
Balas

Ahsanta ya Ustad.

21 Jan
Balas

Benar sekali pak . Doa orang tua Insya Allah diijabah oleh Allah SWT. Doakan anakanak berkumpul dengan orangorang saleh. Barakallahu fiikum

21 Jan
Balas

Aamiinn..

21 Jan

Terima kasih

21 Jan
Balas

Makasih pencerahannya pak..

21 Jan
Balas

Luar biasa pemikiran Pak Ustadz,Terima kasih ...Kami tunggu ilmu yang lain, ok

22 Jan
Balas

Setuju pak..orang tua pendidik utama dalam keluarga. Sukses selalu

21 Jan
Balas

Aamiinn..

21 Jan

Mantap

21 Jan
Balas

Terimakasih

21 Jan

Terimakasih

21 Jan

Keren...

21 Jan
Balas

Semoga kita bisa menjadi suri tauladan buat anakanaknya.

21 Jan
Balas

Aamiinn..

21 Jan

Terimskasih ilmunya pak. Semoga sshat selalu

21 Jan
Balas

Aamiinn...

21 Jan



search

New Post