Mulfarinon,S.Pd.I

Mengajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Payakumbuh sejak Tahun 2010, Bidang Studi yang diajarkan adalah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Fi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Muharram dan Oil Change, Apa Hubungannya ?
textcolect

Muharram dan Oil Change, Apa Hubungannya ?

Muharram and Oil Change, Apa Hubungannya ?

By: Mulfha

Dua makdud dari kata yang sangat tidak pantas bila disandingkan, Muharram and Oil Change.

Bukannya tak punya alasan, penulis menyandingkan kata-kata ini. Ada beberapa hal yang semestinya menjadi bahan renungan bagi kita semua, terkait judul dari tulisan ini.

Muharram dan Oil Change adalah tiga kata tetapi hanya ada dua poin yang penulis maksudkan, tetapi maksud keduanya tersebut, jelas saja tidak ada hubungannya sama sekali kalau dilihat dari segi arti dan bentuknya.

Muharram adalah salah satu nama bulan dalam kalender Islam. Dimana, bulan ini merupakan bulan pertama dalam penghitungan kalender Hijriah sebagai penanda masuknya tahun baru dalam kalender agama Islam.

Sesuai dengan hakikatnya, 1 Muharram adalah tanggal pertama dari tahun Hijriah. Sebagai tanggal awal, tentulah tanggal-tanggal pada bulan yang telah lewat, hanya akan menjadi tanggal-tanggal kenangan lama yang harus ditinggalkan, mau tidak mau, suka ataupun tidak.

Oil Change terdiri dari dua suku kata, kata benda dan kata kerja. Oil merupakan kata benda yang berarti minyak dan Change adalah merupakan kata kerja yang berarti ganti.

Oil atau oli adalah salah satu benda cair yang digunakan sebagai cairan pelumas pada sebuah mesin, agar mesin itu lebih terawat dan tahan lama.

Jangka waktu penggunaan oli pada mesin inipun telah ditentukan sesuai dengan kualitas oli itu masing-masing, ada yang berdasarkan bulan pemakaian, ada yang berdasarkan jarak tempuh perjalanan.

Seseorang yang mengetahui dan memperhatikan hal ini, pasti dia akan selalu disiplin dalam urusan yang satu ini, sebab jika tidak, maka kerusakan terparah siap-siap untuk dihadapi.

Lhaa, apa sih hubungannya ?

Sebagai manusia yang hidup dari hari ke hari, bulan ke bulan sehingga tahunpun berganti, seyogyanyalah kita selalu berbuat yang lebih baik setiap hari. Karena, barangsiapa yang hari sama dengan dengan kemaren, maka dia adalah termasuk orang yang rugi, dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren, maka dialah orang yang celaka. Dan barangsiapa yang hari lebih baik dari hari kemaren, maka dialah orang yang beruntung.

Begitu juga dengan oli mesin, jika kita secara disiplin menggantinya dengan oli yang baru sesuai dengan ketentuannya, pasti akan membuat peralatan mesin kita tetap awet dan tahan lama.

Jadi, dengan momentum Tahun Baru 1 Muharram ini, marilah kita ganti pola hidup yang kurang baik menjadi lebih baik, agar kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi bahkan celaka. Begitu juga dengan oli sepeda motor sayapun akan saya ganti dengan oli yang baru, karena pada speedometernya telah mengisyaratkan agar mengganti oli dengan sebutan "Oil Change", karena saya tidak ingin merugi apalagi celaka karena kelalaian saya dalam urusan ini.

Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1442 H. Semoga tahun ini senantiasa berlimpah berkah.

Dan selamat juga bagi yang akan memulai hidup baru dengan pasangan barunya, atau yang akan mengulang untuk yang kedua, ketiga dan keempat. Aamiin.

Maju terus, pantang mundur, sekali merdeka tetap merdeka. Merdeka.... Allahuakbar.

Payakumbuh, 20 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ini om Mulfa.... Barakallah..aamiin

21 Aug
Balas

Merdekaaa...selalu semangat

20 Aug
Balas

Curhat ko da, haahaaa

20 Aug
Balas



search

New Post