Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dilema Minyak Goreng
Inews.cirebon

Dilema Minyak Goreng

Awalnya tidak ada masalah dengan minyak goreng. Sampai pada akhirnya kelangkaan terjadi. Minyak goreng sulit ditemukan. Seandainya ada, harganya menjadi sangat mahal. Sampai pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk penjualan 1 liter dan 2 liter. Ternyata hal itu tidak juga dapat mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng. Kemudian muncul fenomena penjualan minyak goreng mengatasnamakan lembaga dengan harga sesuai HET. Apakah itu pencitraan? Mungkin ingin menjadi pahlawan yang memberikan solusi mengatasi kesulitan akan minyak goreng.

Masalah minyak goreng ternyata belum akan berakhir. Para pihak terkait mengungkapkan beragam alasan mengapa kondisi tersebut terjadi? Berharap pemerintah dapat turun tangan mengatasi problematika minyak goreng. Miris rasanya melihat antrian dimana-mana terkait dengan kelangkaan minyak goreng. Berbagai kasus penimbunan terungkap, tetap saja tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Lalu apakah tidak cara lain memasak selain menggunakan minyak goreng? Banyak cara, seperti mengukus, merebus, membakar, memanggang, memepes, bahkan ada bahan makanan bisa di makan langsung tanpa harus menggunakan minyak goreng.

Lalu bagaimana jika merubah budaya memasak tidak lagi menggunakan minyak goreng? Apakah bisa? Menjadi sangat relatif. Kembali ke setiap orang, saat mengolah bahan makanan harus menggunakan minyak goreng atau tidak? Jika ditelisik memasak menggunakan minyak goreng itu bisa berdampak buruk terhadap kesehatan makanan, terutama minyak goreng yang digunakan lebih dari 3 kali penggunaan. Minyak tersebut mengandung kolesterol yang tinggi. Jika di para pedagang yang menggunakan minyak goreng apakah hanya 3 kali penggunaan kemudian minyak dibuang atau minyak terus ditambah dan terus digunakan. Pastinya pilihan kedua yang banyak digunakan.

Sejatinya memasak yang lebih sehat itu direbus atau dikukus. Jika memasak dengan cara membakar upayakan jangan gosong. Makanan yang gosong saat dibakar kemudian dimakan kurang baik dengan kesehatan karena menjadi pemicu kanker. Ada metode memasak dengan cara membakar tetapi tidak gosong dengan menggunakan alas daun pisang. Banyak cara memasak yang tidak harus menggunakan minyak goreng. Semuanya pada akhirnya kembali kepada setiap orang yang akan memasak. Apakah akan menggunakan minyak goreng atau tidak.

Jika Anda fanatik memasak selalu mengunakan minyak goreng, silahkan. Tetapi bersiap membeli minyak goreng dengan harga yang lebih mahal dan kesulitan dalam mencari minyak goreng saat sedang butuh. Kemudian menggantungkan harapan bahwa harga minyak goreng akan turun kembali dan mudah ditemukan. Semoga minyak goreng tidak lagi menjadi dilema.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post