Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Profil Negara Guam
CNN

Profil Negara Guam

Apakah Anda pencinta sepak bola? Saat ini mulai 1 s.d 9 Oktober 2022 sedang dilaksanakan kualifikasi Piala Asia untuk Tim Nasional usia-17. Negara yang menjadi juara di setiap grup yang berjumlah 10 grup dan 5 urutan kedua terbaik akan lolos ke babak final Piala Asia yang akan dilaksanakan di Bahrain 2023.

Indonesia sebagai tuan rumah penyisihan grup B tergabung bersama negara Uni Emirat Arab, Palestina, Malaysia, dan Guam. Pertandingan di grup ini telah dilaksanakan dimana sebagai juara grup yaitu Uni Emirat Arab yang telah mengemas dua kemenangan melawan Guam dan Palestina dengan jumlah poin 6. Sedangkan Indonesia menjadi runner-up setelah unggul selisih gol dengan Malaysia yang berhasil mengalahkan Palestina walaupun sama-sama memiliki poin sama yaitu 3. Ada nama negara yang tergabung di grup B terasa asing. Negara tersebut adalah Guam.

Lalu seperti apakah profil Negara Guam? Guam sebuah negara dalam bahasa Chamorro yaitu Guahan. Negara ini berbentuk pulau terletak di bagian barat Samudera Pasifik dan juga sebuah organizad unincorporated territory Amerika Serikat akan tetapi bukan bagian dari negara Amerika Serikat. Negara ini yang berada di kawasan Samudera Pasifik atau wilayah Oceania.

Guam memiliki ibukota negara Hagatna, dulunya Agana. Bahasa resminya Inggris dan Chamorro Mayoritas ekonomi Guam berasal dari sektor pariwisata (90% turis berasal dari Jepang) dan pangkalan Tentara Amerika Serikat. Sekitar 6000 tentara militer AS ada di pangkalan militer Guam. Guam sebagai salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tanggal Internasional 0 derajat bujur barat dan bujur timur di Samudera Pasifik.

Guam dijuluki sebagai "tempat di mana Amerika dimulai", sehingga frasa itu menjadi semboyan teritorial negara pulau ini.

Guam memiliki luas wilayah sebesar 541 Km persegi yang merupakan wilayah vulkanik dan karang.

Penduduk asli Guam adalah Chamorro, Melayu-Indonesia dengan banyak campuran keturunan Spanyol, Filipina, dan Meksiko.

Guam termasuk ke dalam wilayah Amerika Serikat (AS) walau bukan bagian dari AS sehingga memiliki mata uang yaitu Dollar AS menjadi mata uang resminya.

Mayoritas penduduk Guam beragama Kristen dengan jumlah populasi penduduk sekitar 163.000 jiwa.

Guam merupakan negara yang sangat spesial, tergabung ke wilayah AS namun tak tergabung secara administratif. Artinya, orang-orang yang lahir di Guam merupakan bagian dari warga negara AS.

Meski memiliki gubernur dan dewan perwakilan rakyat yang terpilih, namun penduduk Guam tidak memiliki hak dalam pemilu AS seperti memilih Presiden, Kongres, hingga Senat.

Mari kita nantikan kiprah negara Guam dalam kualifikasi sepakbola piala Asia U-17. Sampai saat ini sebagai anggota grup B, Guam sudah kebololan 23 gol. 9 gol oleh Uni Emirat Arab dan 14 Gol oleh timnas Indonesia (Senin, 3/10/2022).

Semoga saja timnas Indonesia U-17 walaupun dalam kondisi berduka atas tragedi Stadiun Kanjuruhan, Malang Jawa Timur yang telah merengut 125 nyawa para suporter, timnas U-17 tetap dapat memberikan hasil terbaik bagi dunia sepakbola Indonesia di dunia internasional. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren...terimkasih atas ulasannya,pak

06 Oct
Balas

Terimakasih sudah share pengetahuan Pak, ulasan yang keren

06 Oct
Balas



search

New Post