Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisata Alam Bromo
Dokumentasi penulis

Wisata Alam Bromo

Gunung Bromo dalam bahasa Tengger dieja "Brama", juga disebut Kaldera Tengger. Bromo adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur, yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl (meter di atas permukaan laut). Hamparan pasir nanluas di sekeliling Gunung Bromo menjadi ciri khasnya sebagai akibat dari akumulasi letusan pasir dan abu vulkanik di sekitar kawah aktif Bromo.

Bromo berada pada empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata alam utama di Jawa Timur.

Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini. Sehingga di wilayah tersebut ada lokasi pemantauan aktivitas vulkanik yang selalu memantau informasi status Gunung Bromo. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Wisata di Bromo ada dua yaitu ada wisata budaya dan wisata alam. Sebagai tempat wisata budaya hanya dapat dikunjungi pada perayaan keagamaan Hindu di Pura yang ada di hamparan luas pasir nan luas pada waktu-waktu tertentu. Berbeda dengan wisata alam, Bromo dapat dikunjungi kapan pun. Akan tetapi sebagai gunung berapi tentunya saat sedang aktif tidak dapat dikunjungi karena faktor keselamatan.

Wisata alam di Bromo menawarkan untuk melihat sunrise mentari pagi di ufuk timur. Pengunjung datang ke lokasi menjelang subuh mengunakan mobil Jeep sewaan, kemudian menunaikan ibadah salat subuh di mesjid terdekat dengan lokasi.

Setelah selesai salat kemudian menuju ke lokasi penanjakan yang dapat melihat sunrise dengan latar belakang gunung Bromo diantaranya Puncak Seruni, Bukit Mentigen, Bukit Cinta, Pos Dingklik, dan Pos Kingkong. Jeep akan mengantarkan ke lokasi tersebut tetapi tidak langsung sampai lokasi karena harus berjalan kaki ke spot yang terbaik untuk melihat sunrise. Ada juga jasa ojek menuju ke lokasi tujuan.

Selesai melihat keindahan sunrise Bromo, aktivitas wisata akan dilanjutkan ke lokasi hamparan pasir Bromo. Banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan di hamparan pasir tersebut seperti berfoto, berjalan kaki atau berkuda menuju pura bahkan naik ke kawah Bromo. Di lokasi itu tersedia aneka kuliner untuk pengunjung dan fasilitas MCK.

Hal yang harus diwaspadai suhu udara yang sangat dingin sehingga para pengunjung sejatinya dapat menggunakan baju hangat/jaket dilengkapi dengan sarung tangan dan tutup kepala dan kaos kaki bersepatu. Pada pemberangkatan banyak dijajakan oleh para pejual di lokasi pemberangkatan. Jika secara kesiapan sarana dan prasarana sudah siap di lokasi suhu dingin tidak menjadi kendala berarti. Pastikan saat berkunjung kondisi badan harus vit.

Wisata di Bromo merupakan hal yang menakjubkan dan sangat di rekomendasikan untuk dilakukan. Menikmati keindahan alam ciptaan yang Maha Kuasa. Selamat berwisata.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post