Modul 1.2 REFLEKSI dan NILAI PERAN GURU PENGGERAK PASTI LOLOS
Modul 1.2 REFLEKSI dan NILAI PERAN GURU PENGGERAKS
MULAI DARI DIRI CALON GURU PENGGERAK
MULYADI.A, S.Pd.M.Pd
TRAPESIUM USIA
1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
Ketika saya masih bersekolah di SMK, Saat catur wulan ketiga. Biaya SPP saya belum dibayar selama 4 bulan, sementara pelaksanaan ujian akhir nasional sudah didepan mata. Sesuai dengan kesepakatan bersama ibu kandung saya, kemungkinanan besar saya tidak akan bisa menamatkan pendidikan di SMK. Akhirnya bulat tekatku untuk tidak melanjutkan, karena saya sadar akan ekonomi orangtuaku yang cukup untuk makan sehari-hari. Setelah sebulan berlalu saya dimotivasi oleh guru TIK untuk kembali kesekolah untuk mengapai cita-cita, seluruh biaya sudah beliau bayarkan.
Peristiwa positif yang saya rasakan ketika di SMK adalah adanya rasa kekeluargaan dan rasa sosial antara guru dengan muridnya.
Peristiwa negative, Saya rasakan ketika sekolah adalah factor ekonomi untuk melanjutkan pendidikan
2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
Dalam peristiwa tersebut saya merasa guru, keluarga sangat mempengaruhi motivasi saya dalam belajar
3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
Dampak dari sering menjadi bahan perbandingan, tercipta pribadi kurang percaya diri saat belajar di sekolah, sehingga saya menjadi pasif dan tidak bisa menungkapkan pendapat dengan jelas kepada orang lain.
Didalam roda emosi Plutchik lebih ke Emosi Kecewa dan Sedih
Saya masih merasakan moment tersebut, dimana tidak enaknya menjadi bahan perbandingan, sehingga tercipta pribadi yang kurang percaya diri
4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
Sebagai guru, saya menyadari sekali. Betapa lingkungan keluarga sangat berpengaruh dengan semangat belajar anak-anak di sekolah, dan bagaimana dampak dari anak-anak yang dibandingkan kepada kepribadian anak
5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
Dari pengalaman saya pribadi, maka sesuai dengan kurikulum sekarang kurikulum Merdeka, maka sangat penting bagi saya untuk melakukan assesmen awal kepada peserta didik baik assesmen akademik maupun akademik non akademik. Hal ini bertujuan. Agar kita tahu factor-faktor dari keluarga yang bisa mempengaruhi pembelajaran di sekolah dan sejauh mana tingkat pengetahuan anak kita…sehingga pembelajaran yg kita ajarkan sesuai dan hasil yang diinginkan tercapai.
6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?
Guru harus dapat menuntun murid dalam proses belajar di sekolah agar memberikan makna yang paling dalam terhadap peran seorang guru
Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya
1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Murid: Saya akan melakukan assesmen awal, dan memberikan motivasi belajar kepada murid
Rekan Guru : Berdiskusi dengan rekan sejawat tentang perkembangan murid dikelas
Komunitas : selalu aktif dalam kegiatan disekolah
2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Peran yang saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru dan komunitas sekolah saya yaitu menjadi peran sebagai rekan, teman, sahabat dan keluarga yang memiliki arah tujuan pendidikan yang sama guna memberikan yang terbaik untuk memajukan sekolah.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar