Mulyana, S.Pd.

Guru Seni Budaya di SMPN 1 Haurgeulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Midang
dokumen pribadi

Midang

Senja itu dihiasi semburat jingga,

seperti pada sore-sore sebelumnya kami menikmati suasana senja dengan duduk-duduk berkumpul diteras rumah sambil menikmati teh hangat dan sepiring kue. ya di desa kami tepatnya blok Sukajadi desa Sukajati Kecamatan Haurgeuis kabupaten Indramayu, penduduknya sudah terbiasa jika sore hari mereka duduk-duduk santai diteras rumah masing-masing atau menyebrang bergabung dengan tetangganya. Sekedar hanya untuk ngobrol -ngobrol ringan atau guyonan-guyonan ringan lainnya, melepas kepenatan setelah seharian bekerja. sesederhana itu, cuma ngumpul, ngobrol atau bercanda, sambil menikmati minuman dan kue (itupun kalau ada) diteras rumah atau halaman. di daerah kami kegiatan itu disebut "midang". mungkin daerah lain menamakannya dengan istilah yang berbeda.

Kelihatannya sepele ya? hanya sekedar ngumpul bareng, tapi sebetulnya sarat makna loh, dari midang tersebut kita bisa mengambil hikmah akan arti kebersamaan, kebersahajaan dan menjalin kedekatan serta jalinan silaturahim antar sesama, bahkan dengan midang kita juga bisa bertukar pengalaman atau medapatkan saran dan solusi dari suatu permasalahan, dan lainnya. Ada sensasi sendiri yang dirasakan pada momen tersebut, sensasi kehangatan dan kebahagiaan. Ini menunjukan bahwa sejatinya manusia itu memang mahkluk sosial.

Semoga tradisi midang ini tetap ada tidak lekang oleh jaman.

hayu mari sini midang bersama kami sambil menikmati teh hangat dan pisang goreng.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

12 Nov
Balas

Terima kasih, mohon bimbingannya pak

12 Nov
Balas



search

New Post