Mulyati Bustamir

Bertugas di SDN Lebak Bulus 04, Cilandak, Jakarta Selatan. Hamba Allah yang masih sering khilaf. Lahir di Kerinci, merantau ke Jakarta untuk kuliah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kegiatan Kelas IVB di Perpustakaan

Kegiatan Kelas IVB di Perpustakaan

Kegiatan Kelas IVB di Perpustakaan

Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 04 mempunyai perpustakaan yang cukup luas dan nyaman, diberi nama perpustakaan Sabda Pustaka di dalamnya ada satu gudang kecil. Perpustakaan ini dilengkapi dengan AC dan dua kipas angin supaya udara tetap sejuk saat satu kelas sebanyak 30 orang peserta didik mengunjungi perpustakaan.

Penataan ruang perpustakaan dibuat senyaman mungkin, semua rak buku rapat ke dinding, cuma ada satu rak yang ditengah. Di dalam perpustakaan tidak ada kursi atau bangku. Pengunjung perpustakaan duduk lantai dengan karpet yang nyaman. Jika pengunjung ingin duduk dikursi dan membutuhkan meja, disediakan di teras perpustakaan. Harapannya ruang baca yang luas dan sejuk, pilihan buku yang banyak serta penerangan yang memadai, membuat peserta didik betah berlama-lama membaca buku. Namun harapan tidak selalu sesuai kenyataan, pada kenyataannya minat membaca memang masih rendah.

Koleksi yang ada di perpustakaan Sabda Pustaka sebanyak 9.136 buku yang terdiri dari:

1. Karya Umum, 368 buku

2. Fisafat, 15 buku

3. Agama, 53 buku

4. Ilmu Sosial, 309 buku

5. Bahasa, 203 buku

6. Ilmu Nurani, 1.176 buku

7. Ilmu Terapan, 955 buku

8. Kesenian dan Olah Raga, 496 buku

9. Kesusastraan, 54 buku

10. Sejarah dan Geografi, 370 buku

11. Fiksi, 944 buku

12. Majalah, 74

13. Pelajaran, 4119

Pada tahun 2019 perpustakaan ini pernah mendapatkan hibah buku dan dua rak dari CSR BRI, ini menambah koleksi buku fiksi yang dimiliki. Untuk mengunjungi perpustakaan ada yang dibuat jadwal perkelas. Peserta didik satu kelas mendapatkan kesempatan mengunjungi perpustakaan selama satu jam pelajaran.

Untuk membangkitkan minat baca setiap guru kelas punya strategi sendiri. Saya sebagai wali kelas 4B menemani peserta didik ke perpustakaan dengan ketentuan berikut:

1. Setiap peserta didik memilih satu buku yang diminatinya

2. Buku tersebut harus dibaca sampai selesai

3. Membaca bukunya silakan berulang kali

4. Secara berpasangan mereka saling menceritakan isi buku yang dibacanya

5. Kemudian buku diletakkan kembali pada posisi semula di rak buku

6. Peserta didik kembali ke kelas

7. Setiap peserta didik menuliskan kembali isi buku yang mereka baca dengan tulisan tegak bersambung.

8. Kemudian menceritakan kembali apa yang telah mereka tulis di depan kelas secara bergantian

Terkadang mereka juga menjawab pertanyaan yang saya berikan tentang buku yang mereka baca. Kegiatan seperti ini diharapkan memunculnya minat membaca. Kemudian mampu menyerap isi buku yang mereka baca, menceritakan apa yang mereka baca kepada satu orang teman secara berpasangan. Menuliskan kembali apa yang telah mereka baca, dengan menulis tegak bersambung target yang ingin dicapai adalah memperbaiki tulisannya masing-masing sehingga sesuai kaidah penulisan tiap hurufnya. Selanjutnya mereka menceritakan kembali apa yang mereka tulis, tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri bercerita di depan kelas atau di depan orang banyak, serta meningkatkan kemampuan mereka mengingat dan mengomunikasikan apa yang telah mereka ingat.

Banyak sekali kebiasaan baik yang bisa dibangun saat mereka mengunjungi perpustakaan. Kebiasaan baik yang diharapkan bisa membawa perubahan pada minat membaca yang bertambah. Tulisan yang sesuai kaidah penulisan setiap hurufnya. Meningkatnya kemampuan mengingat isi buku yang dibaca. Memunculkan kemampuan menuliskan kembali apa yang telah mereka baca. Meningkatkan rasa percaya diri saat menceritakan kembali yang yang telah mereka baca di depan teman satu kelasnya. Peradaban manusia bisa dibangun melalui perpustakaan.

PROFIL PENULIS

Penulis bernama Mulyati, S. Pd. Tempat lahir di Kerinci. Merupakan anak keenam dari delapan bersaudara. Alumnus Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Jakarta yang sekarang menjadi UNJ. Fakaultas Ilmu Pendidikan Sosial, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, Program Studi Akuntansi. Juga lulusan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Progam linear, suatu keharusan setelah diangkat Calon Pegawai Negeri Sipil di Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 04.

Semenak kecil memang hobi membaca buku. Mulai menulis ketika masa pandemi, ikut tantangan di media sosial. Kemudian ikut program Satu Peserta Satu Buku kerjasama antara Leads Institut dan Media Guru Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post