Mumun muningsih

Guru SMAN 1 SUMBERJAYA KAB.MAJALENGKA,tinggal di desa Garawangi Kec Sumberjaya- Mjl-JABAR...

Selengkapnya
Navigasi Web
RPP ABCD

RPP ABCD

#TagurKe-16#

RPP ABCD

Oleh: Mumun Muningsih, S.Pd.

Meskipun pembelajaran dimasa pandemik covid-19, semua guru di Indonesia bahkan seluruh dunia, tetap semangat dan masih serta akan terus mencerdaskan generasi masa depan bangsanya. Proses belajar dan mengajar dilaksanakan dengan berbagai cara, baik onlene, daring, maupun luring.

Salah satu yang harus dipersiapkan guru dalam pembelajaran apapun modanya, maka tetap harus membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Meskipun saat pandemi dan sebelumnya sudah ada kebebasan merdeka belajar dan mengajar, termasuk dalam menyusun RPP. RPP satu lembar merupakan RPP yang simple sebagai bukti guru bebas merancangnya.

Namun demikian dalam RPP satu lembar tetap harus memuat judul RPP, yang meliputi, Nama satuan Pendidikan, mata pelajaran, kelas dan semester, Pokok bahasan serta alokasi waktu. Hal berikutnya hendaknya memuat Kompetensi dasar, Tujuan Pembelajaran, langkah pembelajaran serta penilaian. Adapun dalam menentukan tujuan pembelajaran harus memenuhi unsur ABCD. A yaitu audien artinya siswa, menempatkan siswa sebagai obyek dan subyek pembelajaran. B yaitu behaviour artinya perilaku yang dapat diamati sebagai hasil belajar siswa. C yaitu condition yang artinya kondisi yang menjadi prasyarat siswa dalam proses pembelajaran, sehingga dicapai perubahan tingkah laku. D yaitu degree yang artinya penampilan, sebelum dan setelah proses pembelajaran, yaitu tingkat penampilan siswa yang diharapkan setelah selesai proses pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali Bu tidak ada RPP itu ibarat petani kalau mau mencangkul tidak bawa cangkul.semangat..

10 Sep
Balas

Terima kasih Bu

10 Sep



search

New Post