Leck Murman

(WA: 081225243227) (FB: Leck Murman) Pak Leck menghabiskan masa kecil di Desa Sidokumpul, Kecamatan Guntur. Sebuah desa kecil di wilayah Kabupaten Dem...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengatasi Hambatan Menulis

Ketika asyik-asyiknya menulis, tiba-tiba pikiran buntu. Hilang semua ide yang tersimpan. Bingung? So pasti. Kalau terjadi situasi seperti itu, apa yang harus dilakukan?

Bagi penulis pemula, kehilangan ide ketika sedang menulis memang sering terjadi. Bahkan tanpa ada halangan apapun, tiba-tiba ide lenyap seketika. Yang terjadi adalah pikiran kosong. Menerawang. Menulis pun sulit untuk dilanjutkan.

Bila mengalami kehilangan ide ketika sedang menulis, cara terbaik adalah menghentikan aktivitas terlebih dahulu. Ambil sikap rileks. Duduk dengan posisi yang nyaman. Hirup napas dalam-dalam dan keluarkan secara teratur. Ulangi beberapa kali.

Bila dengan duduk masih belum mendapatkan kenyamanan, bisa dicoba dengan berdiri sebentar dan menggerakkan tubuh sambil mengayunkan tangan. Atau bisa juga dengan berdiri lalu jalan-jalan di sekitarnya. Usahakan untuk mencari situasi yang nyaman dan membuat pikiran menjadi segar dan fresh.

Apabila dengan cara di atas belum bisa membuat pikiran kembali fokus, cobalah ambil buku dan membaca. Dengan membaca, pikiran akan terbantu mengembalikan kepingan-kepingan ide yang sempat menghilang. Jangan lupa, sediakan pula minuman hangat sebagai penghantar membaca buku.

Namun demikian, cara terbaik agar ide tidak mudah hilang adalah menyusun kerangka tulisan. Kerangka yang sudah dibuat sangat membantu dalam menuangkan gagasan dan ide. Jika di tengah kegiatan menulis terjadi kemandegan, melihat kerangka menjadi solusi utama. Untuk itu, jangan pernah remehkan penyusunan kerangka karangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang luar biasa keren. Terima kasih

21 Mar
Balas



search

New Post