Murni Asih

Ir. Murni Asih, M.H. Pekerja social di PaSMA Kreatif. Pekerja Seni. Penasehat Paud Almira Kudus. Penasehat Teater Tiga Koma (Anak kampus UMK), Wayang Gojek. Tin...

Selengkapnya
Navigasi Web
KARTINI KARTONO
Halo....anak muda. Lakukanlah yang terbaik untuk bangsa. Salam merdeka 💪

KARTINI KARTONO

111/365

21,04,2022

#kolom

#renungandiri

 

 

KARTINI KARTONO

 

 

"Nduk...Nang."

Simbok menyebut kedua putranya dengan sebutan Nduk dan Nang. Nduk itu gendhuk yang berarti wedok alias cewek atau perempuan. Nang, yang berarti lanang atau laki-laki. Sebutan tersebut bisa berbeda di berbagai wilayah nusantara. Tergantung daerah masing-masing. Semua miliki makna yang sama.

Begitu juga dengan Kartini dan Kartono. Kartini, yang sampai saat ini dikenal sebagai pembawa emansipasi perempuan. Kartono, kakak laki-laki dari Kartini, yang miliki nama panjang Sosrokartono. Dua-duanya mempunyai kharisma.

Di era sekarang wujud perjuangan Kartini sangat terasa. Bahkan terus berkembang. Kartini, yang cerdas dengan situasi dan kondisi saat itu. Menerima pinangan Bupati Rembang, meski harus menjadi istri kedua. Demi cita-citanya mengangkat harkat dan martabat perempuan tanah air tercinta. Kartini harus memupus keinginannya, untuk sekolah tinggi.

Kartono,  kakaknya adalah laki-laki cerdas dan sempat belajar di luar negeri. Ada apa dengan kakak beradik? Dua-duanya sama berjuang untuk bangsa.

Nduk... Nang,

Renungkanlah apa yang sudah dilakukan mereka. Saat ini isilah kemerdekaan bangsa ini dengan belajar, belajar, dan belajar. Berbuat, berbuat, dan berbuat.

Jadilah Kartini-Kartini kecil, yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Bangunlah dari mimpi panjangmu.

 

*******

Yuk, ikut membaca surat Al Baqarah ini:

121. Alladziina aatainaa humul kitaaba yat-luunahuu haqqa tilaawatihii ulaa-ika yu'minuuna bihii wa may yakfur bihii fa-ulaa-ika humul khaasiruun.

Orang-orang yang telah Kami berikan Alkitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya; mereka beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang mengingkarinya maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

Aku doakan yang ikut membaca surat Al Baqarah ini, diampuni dosanya, dijauhkan dari api neraka. Diangkat penyakitnya, dan dimuliakan hidupnya. Aamiin ya rabbal'alamim.

 

Salam cinta 🥰

 

Kota Suci,

 

#psmakreatif #kampunganakmerdeka #galangsakanegara #gitabunganegara #mariamagdalenabhoernomo #manggarmaulana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post